pompa air rusak

in #tragedy6 years ago

2013-11-29 10.24.03.jpg

tragedi
sebuah kejadian mendadak terjadi kemaren, sebuah kejadian diluar prediksi, saat kami akan mengisi bak mandi.
seperti biasa biasa, saya menghidupkan stop kontak, menunggu beberapa menit air tidak kunjung keluar, saya mengecek listrik (mungkin listrik padam), listrik tidak padam.saya mulai bertanya-tanya apa yang terjadi,,,
kemudian saya keluar mengecek mesin pompa air kami, ternyata hidup (kebetulan jarak pompa dengan rumah sekitar 100 meter).saya tahu sekarang, ada sesuatu masalah dengan pompa air kami

mencari sumber masalah
mau tidak mau saya harus memperbaiki ini saat itu juga, kalau tidak kami tidak ada air buat mandi ataupun berwuduk, semoga rencana lain ditunda atau ditiadakan sama sekali.ini prioritas, ada keinginan untuk memanggil tukang servis, tapi kondisi keuangan menyuruh kami untuk sangat berhemat.
saya mulai mengeluarkan perkakas saya, saya mulai melihat kondisi mesin, membuka pipa, memeriksa sumber masalah, pertama saya memeriksa roda putaran mesin, membersihkan kotoran-kotoran yang menyangkut pada roda-roda dalam mesin.
setelah satu jam membersihkan mesin saya mulai memeriksa pipa penghisap yang terhubun ke sumur, saya mulai mengecek apakah apa kebocoran sehingga daya hisap berkurang sehingga air tidak mau keluar.ternyata masalah utama ada pada pipa hisap.

proses perbaikan
saya mulai membongkar pipa, karena sudah terlama lama sambungan pada pipa mulai longgar sehingga ada kebocoran, setelah saya bongkar, ternyata pipa ini mesti diganti, saya segera menuju ketoko terdekat membeli sebatang pipa, sebuah lem pipa, dan bebarapa buah sambungan pipa.
saya mulai bekerja, suasana panas dan puasa smakin menguras konsentrasi saya.lebih 2 jam saya mulai melakukan proses penyambungan, akhirnya pipa selesai tersambung, sekarang saatnya untuk mengetes.setelah mesin saya hidupkan saya menunggu beberapa saat sebelum air mulai keluar, sekarang saatnya menyambungkan pipa yang menghubungkan kedalam rumah, setelah pipa tersambung masalah datang lagi, ternyata air tidak lancar keluar kedalam bak penampungan, pasti ada masalah dengan pipa-pipa ini (pikiran saya).
saya mulai mengecek pipa dan membersihkan kotoran-kotoran yang ada pada pipa, satu jam saya membongkar dan menyambun kembali, akhirnya selesai juga.
tes kedua saya lakukan, hasilnya sudah agak lumayan, saya puas, saya kembali mengumpulkan perkakas saya dan segera membersihkan.
sebuah pekerjaan kecil yang tak terduga.

Sort:  

Resteemed your article. This article was resteemed because you are part of the New Steemians project. You can learn more about it here: https://steemit.com/introduceyourself/@gaman/new-steemians-project-launch

Semua ada hikmahnya dan semoga cepat teratasi ya.

iya, semua ada hikmahnya

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by aira from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Coin Marketplace

STEEM 0.36
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70846.59
ETH 3567.69
USDT 1.00
SBD 4.79