Rindu Masjid Raya Baiturrahman [Jelajah Silampung]

in #travel5 years ago

image

Jika ada yang bertanya ke saya, apa yang di rindukan di Aceh. Saya akan menjawab Masjid Raya Baiturrahman. Meski saat di Banda Aceh tidak selalu pergi ke sana, justru saat jauh saya merindu. Apalagi jika melihat tayangan media yang memperlihatkan masjid ini, rasanya ingin langsung pergi ke sana. Saat ini saya hanya bisa menikmati keindahan masjid raya kebanggaan Aceh ini pada koleksi foto saya. Semoga dalam waktu dekat saya bisa berkunjung kesana. Amiin.

Berikut ulasan tentang Masjid Raya Baiturrahman (MRB) yang saya ambil dari berbagai sumber :

  1. MRB dibangun pada masa kesultanan Aceh. Ada yang mengatakan bahwa di bangun pada tahun 1292 M oleh Sultan Alauddin Johan Mahmudsyah. Ada pula yang mengatak MRB awqlnyavdi bangun pada masa Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 M.

  2. Pada 10 April 1873, MRB pernah diruntuhkan oleh Belanda saat Belanda menyerang Koetaraja (Banda Aceh).

  3. 1869-1881 Belanda membangun ulang MRB atas perintah Jendral Van Der Heijden.

  4. MRB terus mengalami pemugaran dan di perluas. Penambahan 2 buah kubah pada1936. Pada tahun 1958-1965 penambahan lagi 2 kubah dan 2 menara masjid. Hingga saat ini kubahnya berjumlah 5 buah. Pada tahun 1992 kembali di bangun 2 kubah dan 5 menara serta perluasan halaman masjid.

  5. Tsunami Aceh 2004 masjid ini selamat dan mengalami renovasi pasca Tsunami yang selesai tahun 2008.

  6. Sejak 2017 MRB semakin cantik dengan di bangun 12 buah payung cantik seperti di Nabawi Madinah.


image

image

image

Lokasi :

Masjid Raya Baiturrahman
Kp. Baru, Baiturrahman,
Kota Banda Aceh,
Aceh - Indonesia

Medan, Jumat 12 Juli 2019

Lasaklah ... Sebanyak, Sebisa dan Sejauh Mungkin, Karena Hidup Bukan Diam di Satu Tempat"

Kaki Lasak : The Story, Travel, P hoto & Food




Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Husaini Sani
Instagram kaki lasak ucok silampung
Whatsapp +6282166076131

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Coin Marketplace

STEEM 0.24
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 60936.15
ETH 2921.43
USDT 1.00
SBD 3.70