Lima Pulau Sehari-Semalam

in #travel5 years ago

Hari ini menjadi hari yang panjang bagi saya dan teman-teman. Setelah sunrise menyingsing, bersama teman-teman kami melakukan sarapan. Pagi tadi, kami dihidangkan nasi goreng ala Pulau Banyak. Setelah melakukan ragam persiapan, kami langsung bergegas.

Sebanyak lima pulau kecil menjadi tujuan destinasi wisata sehari penuh. Dengan kunjungan berurutan dari Pulau Sekandang, Asok, Lambudung, Malelo dan Panjang. Kami beruntung, cuaca begitu bersahabat.

Pulau yang pertama adalah Sekadang. Pulau tersebut merupakan pulau yang konon saat musim dan hari tertentu menjadi destinasi para turis mancanegara. Saat kami tiba tadi, tidak ada satu orang bule pun di sana. Menurut pemandu, sedang sepi.

Kelebihan Sekadang terletak pada tatanya, yang lebih hijau. Maksudnya ditanami rumput khusus, beberapa bunga juga merekah indah. Selebihnya tentu saja pantainya bersih lagi rapih. Setelah beberapa saat di sana, kami menuju ke Pulau Asok. Melihat ada banyak sampah bawaan dari laut, pemandu kami urung mampir.

Yang menari di antara perjalanan Sekadang ke Asok, saat jam siang, kami meuramien (makan) tidak di darat, melainkan di atas perahu. Ini menjadi pengalaman pertama kami makan bersama di atas perahu.

Selain itu, ada satu pengalaman baru, saat mencari spot snorkeling, oleh pemandu membawa kami ke tengah laut. Beberapa teman sempat was-was. Lalu ditenangkan, katanya aman. Gak dalam di area snorkeling tersebut. Lama kami menghabiskan waktu untuk snorkeling dan mendapati pemandangan yang aduhai.

Setelah cukup lama snorkeling di tengah laut, kami bergegas ke Lambudung. Di pulau tersebut lah waktu paling lama dihabiskan. Pasirnya luar biasa indah. Di saat yang sama, dua teman menghabiskan waktu panjang untuk memancing. Keduanya selain hobi, juga bermaksud mengumpulkan ikan untuk dibakar malamnya.

Setelah mendapatkan ikan, mengabadikan momen dan puas di sana, kami bergegas ke Malelo. Pulau ini aneh lagi unik. Daratannya hanya beberapa meter saja. Tepat di tengah laut pula. Ada sensasi tersendiri di sana. Tidak ada rumput, tidak ada apa-apa. Yang ada hanya kelapa itu pun sudah mati.

Setelah tidak begitu lama di Malelo, barulah kami ke Pulau Panjang. Pulau ini, konon merupakan pulau terfavorit untuk saat ini. Saya menyaksikan betapa rapinya tempat duduk yang ada penjualnya. Di sana, untuk cemilan tergolong lengkap. Di samping itu, di depannya area terumbu karang dirawat.

Bahkan ada pancangan tanda area terumbu karang. Di bawahnya terumbu karang indah sekali, pun banyak ikan nemonya. Kami lagi-lagi memutuskan snorkeling kembali di pulau tersebut. Setelah lelah, kami ke darat dan mempersiapkan perapian untuk bakar-bakaran (ikan) hasil pancingan.

Malam pekat. Api menyala. Ikan-ikan dibakar. Selesai, kami makan bersama. Bahkan pedangan dan pemandu ikut bergabung. Betapa indahnya malam pekat di tengah pulau. Kebersamaan yang hangat begitu terasa. Sejenak saya mendapatkan pengalaman seharian penuh di lautan. Pun, saat pulang kembali ke Pulau Banyak, di tengah gelap gulita, hujan. Alhamdulillah kami tiba selamat.

keren journey nya,,kapan² diajakin ding😉😎

Haha. Kalau ada kesempatan insya Allah diajak kok. Ini juga diajak orang, ketimban peruntungan.

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!