TYS Writing Contes #1 : Kecepatan Berenang Dalam Kolam Steemit

in #tys-contest16 years ago (edited)

A. Catatan

Ini adalah tulisan yang saya sertakan sebagai entry untuk kontes menulis yang diselenggarakan oleh @ponpase sebagaimana terlihat di tautan ini. Kontes ini terasa memiliki ciri yang berbeda dari kontes-kontes menulis yang selama ini telah saya ikuti. Perbedaannya adalah bahwa kontes ini mengadopsi sebuah rumus fisika sederhana dan mengharuskan kontestan menjelaskan pencapaiannya di Steemit dengan menggunakan nilai filosofis dari teori tersebut.

B. Tentang Kecepatan

Variabel-variabel dalam rumus kecepatan adalah jarak dan waktu: seberapa jauh ditempuh dalam suatu satuan waktu tertentu. Secara ilmiahnya demikian. Tapi saya menangkap pesan bahwa @ponpase melihat sudut filosofis di dalam rumus sederhana itu sebagai "seberapa efektif seseorang memanfaatkan hal-hal yang dimilikinya untuk meningkatkan kecepatannya (dalam hal ini untuk meraih pencapaian-pencapaian di Steemit)". Variabel-variabel dalam rumus kecepatan memang hanya dua saja, tetapi variabel-variabel itu bisa dipengaruhi, terutama waktu dan itu otomatis akan mempengaruhi nilai kecepatan. Dari kesimpulan tersebutlah saya akan menulis artikel kesertaan saya ini.


C. Fitur-fitur Utama Steemit Dalam Pengukuran Pencapaian Seorang Steemian

Berikut adalah di antara fitur-fitur Steemit yang menurut saya penting dan dominan untuk digunakan di dalam menilai pencapaian seseorang secara umum di Steemit:

  1. Reputasi.
  2. Steem Power.
  3. Pangkat.
  4. Total Steem dan Steem Dollar yang berhasil dikumpulkan.
  5. Total reward yang berhasil dikumpulkan.
  6. Jumlah artikel yang sudah diunggah.
  7. Jumlah Follower.

Fitur-fitur tersebut saya atur berdasarkan penilaian saya terhadap tingkat dominannya, makin ke bawah makin tidak dominan. Dan yang paling penting, menurut saya adalah yang berada pada urutan 1 sampai 5.

D. Waktu Saya di Steemit

Koleksi pribadi

Saya bergabung di Steemit pada Juli tahun lalu, tepatnya saya mendaftar pada 16 Juli dan mendapat konfirmasi via surat elektronik pada tanggal 17 Juli, itu artinya sudah lebih dari 9 bulan saya bergabung. Tetapi, saya baru mulai mengunggah artikel pertama pada 9 Desember tahun itu, jadi saya akan membatasi pengukuran-pengukuran antara Desember, sampai akhir April saja. Dan saya akan menggunakan satuan waktu dalam ukuran bulan di dalam menulis artikel ini, artinya 5 bulan.

E. Kecepatan Saya Per Bulan

Nah. Sekarang kita memiliki variabel-variabel yang dibutuhkan untuk mengukur seberapa cepat dan efektifnya saya bekerja di Steemit. Mari kita lihat.

  1. Reputasi saat ini 45,02. Artinya, selama 4 bulan saya berhasil menaikkan reputasi sejumlah 45 - 25 (modal reputasi) = 20 poin.
    🔺 Maka kecepatan pergerakan reputasi saya adalah : 20 / 5 = 4 poin per bulan.
  2. Steem Power. Saat ini, saya memiliki 230,27 SP. Tetapi, 215 diantaranya adalah pinjaman: 15 SP merupakan delegasi dari mentor saya @rayfa sebagai wujud tanggung jawab telah mengajak saya ke Steemit, dan 200 SP dari memenangkan League of Excellence yang diselenggarakan oleh @paulag. SP yang murni hasil kerja saya adalah sebesar 6,75 saja.
    🔺 Artinya rata-rata 1,37 SP rata-rata saya hasilkan setiap bulan.
  3. Pangkat. Sampai saat ini saya masih plankton. Jadi, dalam hal ini saya belum efektif bergerak ke peringkat selanjutnya, tapi saya yakin sekali sedang ke sana.
  4. Total Steem dan Steem Dollar yang berhasil dikumpulkan. Sampai saat ini saya berhasil mengumpulkan sebanyak total 0,565 Steem dan total 14.767 SBD.
    🔺 Jadi, setiap bulan selama ini, rata-rata saya mengumpulkan 0,11 Steem dan 2,95 SBD.
  5. Total reward yang berhasil dikumpulkan. Saya telah menghitung ulang semua reward sejak postingan pertama pada Desember 2017 sampai postingan terakhir di bulan April 2018 saya mendapat angka $34,49. Catatan: yang saya ambil hanya author reward dari artikel-artikel yang saya unggah dan tidak termasuk dari mengkomen atau mengkurasi.
    🔺 Artinya, selama ini saya rata-rata mendapat reward sebesar $6,89 setiap bulan.
  6. Jumlah artikel yang sudah diunggah. Ini menurut saya fitur yang aneh untuk disertakan di dalam mengukur kecepatan, karena bisa saja jumlah artikel membengkak dengan unggahan-unggahan yang tidak berkualitas. Tapi saya akan melakukan ini sebagai bagian dari bersenang-senang saja. Sampai akhir April 2018, saya telah mengunggah 82 artikel.
    🔺 Artinya, rata-rata setiap bulannya saya mengunggah 16 artikel.
  7. Jumlah Follower. Ini juga saya pikir tidak terlalu signifikan untuk mengukur efektifitas seseorang menggunakan waktunya di Steemit, tetapi untuk alasan yang sama dengan fitur sebelumnya, saya tetap akan melakukan ini. Saat ini saya memiliki 431 follower.
    🔺 Artinya, rata-rata sebanyak 86 orang memutuskan menjadi follower saya per bulan.

F. Grafik dan Faktor Penentu

image
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional (CC BY-NC-ND 4.0))

Nilai-nilai yang dihasilkan oleh fitur-fitur tersebut di atas adalah kesimpulan rata-rata selama saya bergabung di Steemit. Artinya, di sana hanya terlihat efektifitas saya melakukan 'pergerakan' rata-rata per bulan. Tentu akan semakin menarik, jika melihat grafik yang menunjukkan pencapaian perbulan, untuk itu saya telah mengumpulkan data-data tertentu sebagaimana terlihat dalam tabel berikut:

Kemudian saya telah mengolah data-data tadi secara sederhana ke dalam bentuk grafik garis, sebagaimana terlihat berikut ini:

Grafik-grafik tersebut menunjukkan gairah menulis tertinggi saya sampai saat ini adalah pada Januari 2018 dengan 39 buah artikel. Tetapi reward terbanyak sejauh ini berhasil saya peroleh pada April 2018 ketika saya mengunggah 20 arttikel, sekitar 50% jumlah artikel yang saya unggah pada Januari 2018. Mengapa ini terjadi? Saya pikir ini erat hubungannya dengan dukungan komunitas. Sebelum April, bisa dibilang saya adalah seorang Steemian lone wolf, alias tidak memiliki komunitas atau teman.

Setelah mengajak saya ke Steemit dan berulang kali membujuk saya agar aktif, @rayfa juga terus menerus menekankan kepada saya pentingnya bergabung dengan komunitas-komunitas dan terlibat di dalam grup-grup Telegram dan Whatsapp juga Discord, dia juga menyebutkan bahwa mengikuti kontes-kontes juga bisa menjadi cara meningkatkan performance di Steemit. Tetapi saya memang memerlukan 3 bulan untuk membuktikan bahwa hal-hal yang dikatakannya memang benar. "Menciptakan konten-konten bagus yang mematuhi aturan-aturan menulis yang baik memang penting, tetapi hal-hal lain seperti dukungan komunitas adalah bagian lain yang tak kalah penting. Itu ibarat mata rantai berbeda yang saling menguatkan," katanya suatu ketika.

Grup pertama yang saya bergabung adalah grup Telegram eSteem yang dikelola salah satunya oleh @horpey, di mana saya mendapat lumayan banyak pelajaran darinya dan anggota-anggota lain. Ada juga grup Telegram Steemit Indonesia di mana saya melihat gairah-gairah para pemula dalam menyelami kolam Steemit dan saling sokong. Kemudian saya mulai merambah ke Discord, saya bergabung dengan SteemitBC di mana saya berjumpa Steemian-steemian yang inspiratif seperti @paulag, @mrday, juga @legendchew @el-nailul, @ziapase, @achieymasrur, @tfq86, dan lain-lain.

Memiliki teman-teman baru di grup-grup, yang siap membantumu menjawab pertanyaan-pertanyaanmu, adalah suntikan gairah baru dalam berenang di kolam Steemit. Ini juga sedikit banyak menyuntik kesadaran untuk siap menolong Steemian-steemian baru yang butuh bimbingan, saran, atau jawaban atas masalah-masalahnya, sejauh yang kita mampu. Jadi, ya, bersosialisasi di Steemit adalah hal yang SANGAT penting. Ibarat salah satu peribahasa Aceh, "Raseuki hamba bak hamba," (Tuhan menitipkan rejeki seseorang melalui orang lain) dan *"Ubat hatéë Allah Allah, ubat sôsah raméë syedara," (Pentingnya membina hubungan baik dengan Tuhan dan kenalan).

G. Hal-hal Lain Yang Selama Ini Saya Lakukan

Saya telah mencoba hal-lain lain dalam meningkatkan visibilitas saya dan artikel saya di Steemit, di antaranya adalah:

  1. Mempelajari dari tulisan-tulisan Steemian lain tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Steemit, misalnya dalam hal mencantumkan gambar juga bagaimana mengkomen yang seharusnya;
  2. Terlibat lebih banyak dalam komen-komen, karena dengan ini kita juga bisa belajar, bukankah itu gunanya bersosialisasi?
  3. Terus membaca artikel-artikel yang bagus yang inspiratif;
  4. Terus bertanya pada yang lebih tahu, jika menemukan masalah, dan rujukan pertama saya adalah mentor saya, @rayfa;
  5. Ikut di dalam kontes-kontes terutama kontes menulis. Hal ini sedikit banyak akan berpengaruh pada visibilitas tulisan kita dan dengannya menarik beberapa perhatian terhadap akun kita, dan memperbesar peluang kita menemukan artikel-artikel yang menarik dan berguna, dan dengannya menambah 'kenalan';
  6. Terus meluangkan waktu membantu Steemian-steemian yang membutuhkan bantuan, berdiskusi baik melalui bilah komentar atau melalui aplikasi perpesanan seumpama Telegram atau Discord.

H. Kesimpulan

Sejauh perjalanan saya di Steemit sampai saat ini yang efektifnya baru berusia kurang lebih 5 bulan, saya bisa mengambil kesimpulan:

  1. benar kata @rayfa, bahwa "berteman" atau bersosialisasi dengan cara bergabung ke dalam komunitas-komunitas baik itu melalui grup-grup Telegram atau Discord, akan sangat membantu seseorang Steemian memiliki waktu-waktu yang lebih menyenangkan di Steemit;
  2. Penting untuk terus bekerja keras dan belajar untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan. Konsistensi dan keseriusan, saya pikir dua kata kunci yang penting sekali, selain dukungan dari komunitas dan teman-teman.

I. Terimakasih

Terimakasih telah singgah. Semoga ini bermanfaat.

From Indonesia With L💜VE


@aneukpineung78 | Telegram Saya

Sort:  

Waduh artikerlnua benar benar perfeksionis banget... Saya gak habis pikir bagaimana rumus suatu kecepatan di fisika bisa di modifikasi dengan aplikasi steemit... Banyak yang bisa saya pelajari dari artikel ini...sebagai pemula dan cuma bisa upload saja...saya tak terlalu mengerti apa itu pentingnya sebuah komunitas... But dengan membaca artikel kami @aneukpineung78 saya jadi memahami sedikit lebih sedikit ... Thanks Yoo...

Terimakasih @yenniyunita telah singgah dan mengomentari. Saya senang sekali jika ini bisa bermanfaat. Saya telah berusaha memberikan yang terbaik, dan walau begitu saya tentu perlu belajar terus, hehe. Dan terimakasih juga telah meresteem artikel saya ini.

Sama sama @aneukpineung78 , yang sudah mahir aja terus belajar.. masak saya yg amatiran gak belajar kwkwk...malu sama kucing deh

Saya menolak dibilang mahir, haha.

Screenshot_2018-05-07-20-04-54-1.png

Bukankah itu cocok sekali dengan segala hal? ;)

Hahahaha kalau itu sudah cocok... Semua butuh proses... Tinggal proses kecepatan dan waktu saja yang masih dipertanyakan..kwkwk

Haha. Iya. Kreatif dan terus belajar. Kondistensi dan keseriusan. 😀

Bener2 penjabaran yang lengkap dan saya yakin artikel ini pasti terpilih.
Sukses selalu @aneukpineung duhh namamu begitu sulit dieja bagi lidah jawa ini.
Salam kenal yaaa

Hai @dwiitavita, saya juga tertarik untuk membaca entry kamu. Semoga kamu mau menempel linkmu di sini, karena koneksi saya lumayan jelek belakangan ini. Terimakasih.

Dan tentang nama, saya juga menyadarinya setelah sekian lama bermain. Seharusnya nama steemit itu singkat aja ya seperti @tfq86, misalnya. Haha. Sorry, bro, mention namamu.

Dan ya, salam kenal juga. Saya telah memfollow kamu. Semoga ini bermanfaat bagi kita.

hahahah...
terimakasih telah menyukai bama steemit saya @aneukpineung. 😀😀😀😀

Bukan hanya nick steemitnya. artikel-artikelnya juga menarik sekali, @dwiitavita. Ini Pak Guru yang menulis bukan hanya alakadarnya. Haha.

hahahah...
saya hanya melakukan sebisa saya @aneukpineung. tapi saya malah merasa ketinggalan jauh dari kualitas seorang @aneukpineung. dari segi isi tulisan dan tampilan penulisannya.

Alah, jago kali merendah, mungkin belajar dari Socrates, ya. Haha.

hahahahah...

Terimakasih @dwiitavita sudah meresteeem artikel saya ini.

Saya suka dan menurut saya bermanfaat dan wajib dibagikan agar dibaca oleh steemian yang lain. Senang berkenalan dengan anda meski namanya susah di eja hehe

Haha. Iya, mau gimana lahi sudah terlanjur, panggil ap78 saja lah,, haha.

Tulisan yang menarik, Ringan dan mudah dimengerti. Gak berat untuk memahami isinya.

Biasanya begitu beratnya ya bang? Aku sendiri juga sering bingung dengan tulisanku. Hahaha. 😂😂

Krna ini tema yg berat, harus dikombinasikan dengan fisika. Makanya Aku bilang ini tulisan ga berat, dan mudah di pahami. Dan tentunya menarik.

Aku aja kali ini ga kuat untuk tema ini.
😂😂

Ayo lah. Ikutan. Kutunggu entrimu. Haha.

Berat @aneukpineung78.
Klo ada fisika, matematika, kimia, Inggris ane nyerah 😂😂😂

Aha! Suatu cara berkelit yang berkelas sekali. Haha.

Hahaha. I know that. 😅😅

Yang penteng olah, meunan kata Keurani Akôb awak gampông lông. Haha.

Salam santun dan salam kenal. Banyak sekali ilmu yang bisa saya serap di artikel anda ini. Terutama tentang penggunaan grafis tersebut. Perlu saya terapkan agar bisa lebih maju.

Semangat! @aneukpineung78

Terimakasih banyak , @bundaumy, dan salam kenal juga. Ssya sangat senang jika ini bisa bermanfaat.

UNtuk art, kalau boleh saya saran follow @anomt dan @marxause (untuk seni lukis komik dan karikatur). Unruk seni menulis saya bisa sarankan @anggreklestari dan @acheiymasrur.

Screenshot_2018-05-09-22-11-39-1.png

Ga tau mau komentar apa, terlebih kalau disangkutpautkan dengan rumus fisika, reuloh aneuek muda.
Komplit dan sangat jelas. Semoga menang di kontes aduen @aneukpineung78

Ya. Semoga saja. Haha.
Oya, apa @lamkote juga ada ikut?
Ayo donk. Siapa tahu, kan.
Hadiahnya lumayan.
Terimakasih ya sudah singgah dan mengkomentari.

Kalau yg berhubungan dengan fisika saya nyerah aja bang.
Hahahaja

Wah haha.

Kemaren terpilih oleh garuda-kita itu kategori puisi ya.

Ya bang. Beda jalur sama fisika, makanya ga ikutan.
Hahahaha

Haha iya juga.
Srmoga bisa terpilih lagi oleh tim garuda-kita.
Semangat ya.

Api Tauhid aku juga masuk kemarin bung @aneukpineung78 haha😂😂😂

Ya? Selamat ya. Kabar bagus itu.
Tetap menciptakan konten-konten yang menarik.

Terima Kasih!!!

Kami sangat mengapresiasi atas keikutsertaan saudara di kontes TYS Writing Contest #1, Total Hadiah 20 SBD 👏. Semoga keberuntungan memihak kepada Saudara. Tim kami telah membaca postingan Saudara.

DQmPrWrehYjhG9mEv2yAubq8XN8Y2zXQj6ycDfx5hPJSr6F.jpeg

Udah siap juga tu.. Cak dilirik, hahahha..

Sukses buat kita semua..

Kirim link ke Telegram yooo??

Yaaap! Sama-sama, bang. Good luck. 😊😊

Goodluck yaaa.. semoga terpilih :)

Mentor enggga usah ikutan, biar ini kali downline aja yang turun bertempur. Haha. Mentor duduk manis aja. 😊😊

Hahahaha... gak ikutan, aku gak pintar fisika

Ya itu, makanya anakbuah saranin duduk manis aja. Tar kalo rejeki pasti ditraktir cendol. Hehe.

Alhamdulillah, juara 3.

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by aneukpineung78 from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 66499.54
ETH 3203.31
USDT 1.00
SBD 4.14