Jangan Berikan Suara Anda Kepada Saksi (Witness) Provokator: Pernyataan Sikap

in #witness6 years ago (edited)


Image source

Kawan Steemians..

Hari ini saya selagi membaca sebuah buku berjudul Santo dan Sultan: Kisah Tersembunyi Tentang Juru Damai Perang Salib, sebuah buku yang sangat bagus mengulas misi perdamaian karangan Paul Moses, secara tidak sengaja saya melirik beranda Steemit saya dan membaca postingan sahabat saya @amriadits yang berjudul: Cabut Witness Penghujat Agama.

Saya menanyakan siapa Witness yang ia maksut dan di mana postingan Witness tersebut yang menghujat agama tertentu dengan label sebagai "agama teroris", dan ia memberitahukan bahwa tindakan bernada provokatif itu dilakukan oleh Witnesst tersebut di discord yang bersangkutan.

Saya pribadi sangat menyesalkan masih ada Steemian, apalagi posisinya sebagai saksi (Witness) tapi otaknya belum move on. Padahal di Steemit kita tidak dianjurkan untuk membuat konten atau statement yang menjurus ke SARA atau provokasi yang bisa menyebabkan permusuhan antar-agama.

Ketika semangat persaudaraan dan kebersamaan dibangun di ranah Steemit ini, tapi malah terkotori oleh aksi culas Witness provokator ini, yang menurut saya sebagai tindakan pengecut dan amoral.

Pada awalnya saya ikut memberikan suara untuk Witness provokator ini, tapi entah kenapa beberapa waktu yang lalu, saya membatalkan suara saya untuk dia. Pertama karena saya menganggap ia tidak berkontribusi unuk saya, dan saya pun merasa tidak membutuhkannya untuk saya berikan suara sebagai saksi.

Dan hari ini ketika saya membaca postingan @amriadits, saya bersyukur bahwa apa yang telah saya lakukan dengan membatalkan suara saya untuknya beberapa waktu lalu adalah sebuah pilihat yang tepat.

Kita bisa memberikan suara kita kepada saksi (Witness) yang tepat, yang banyak berkontribusi untuk kita Steemian Indonesia, khususnya Aceh dan tentunya yang menjaga semangat persaudaraan dan perdamaian.


Image source

Kita tidak butuh Witness culas yang menyebarkan permusuhan, provokasi terhadap agama tertentu, dan sikap intoleran yang ditunjukkan sehingga menyebabkan perpecahan atau konflik terhadapa banyak orang, apalagi yang berhubungan dengan agama tertentu.

Kita tidak butuh Witness yang berkepribadian ganda seperti Smeagol dalam film The Lord of The Rings. Jika ada Witness yang berkepribadian seperti itu, sudah sepatutnya kita campakkan ke tong sampah! Maka bijaklah memilih saksi (Witness), dan jangan kasih angin untuk Witness yang berprilaku kampret seperti Smeagol!

Tembusan: @rismanrachman @tinmiswary @el-nailul @cicisaja @arafatnur @tuwanku-raja @iqbaladan @bookrak @apayek @ijas.jaswar @rahmanovic @ihansunrise @yoesrizalrusli @abuarkan @abughaisan83 @aneukpineung78 @dislexicmom @misbahjuli @lontuanisme @pieasant. Kurator Indonesia @levycore dan @aiqabrago.

Salam,
@akukamaruzzaman

Sort:  

Idrou kuh, meubacut pih hantom kumita nan jih bak witness, na kubaca padum2 drou ureung promo, han chit kujak vote, got ku vote steemitboard, na chit ji vote Adak 1%, 0.00😂 singoih loen resteem

@cicisaja lon kalon meunan chit, kadang-kadang postingan hana nyamboung ka terimakasih for "n" hahaha

Hahahaha.. Kiban ta peugot teuma, iloeng ku terima kasih miseu na kuteumeung bacut, miseu han... Preih ilee beuh.

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70753.86
ETH 3589.34
USDT 1.00
SBD 4.75