Hal Unik Pun Terjadi Saat Pembelajaran Seni Tari Rapai Geleng Untuk Siswa Tunarungu

in #aceh6 years ago

hai sahabat Steemian semua yang masih setia dan aktif terus di platform steemit ini, kali ini saya ingin berbagi pengalaman Pribadi saya dengan anda semua mengenai alat musik tabuh atau yang sering disebut dengan musik perkusi.

nzgpvy6a5t.jpg
Baiklah sahabat sekalian pada kesempatan perdana ini saya akan berbagi tentang alat musik "RAPA'I " yang merupakan alat musik dari daerah Aceh - Indonesia. adapun asal usul rapa'i tidak akan saya bahas dalam kesempatan ini, insyaAllah di lain kesempatan akan kita kupas, jadi mohon maaf sebelumnya. akan tetapi dalam kisah ini saya akan berbagi pengalaman mengenai proses pembelajaran alat musik ini dalam pemanfaatannya untuk mengiringi seni tari rapai geleng untuk anak berkebutuhan khusus tingkat SMALB yang berada di Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh.

708pqzog0g.jpg
adapun proses pembelajaran seni tari rapai geleng ini merupakan agenda rutin para peserta didik yang terdiri dari siswa berkebutuhan khusus yang berkategori dari jenis ketunaan tunarungu, hambatan emosi, lambat belajar dan termasuk juga peserta didik tunagrahita.

rh5sztwnfv.jpg
adapun proses saya mengajar ini sudah berjalan sejak pertama kali saya mengajar di sekolah tersebut yaitu pada tahun 2008 dan sampai sekarang ini masih mengajar. mengajar anak tunarungu merupakan hal yang unik dan menjadi tantangan terberat bagi saya, sebab mereka selain memiliki hambatan dalam berkomunikasi juga mengalami masalah pada pendengaran yaitu mereka juga tergolong tuli, sehingga pembelajaran seni tari rapai geleng bagi mereka sangatlah rumit pada awal saya mengajar, sebab pada saat itu saya belum bisa memahami bahasa mereka. memang luar biasa keanehan yang terjadi saya lelah dalam menghitung gerakan dan tabuhan rapai, namun mereka hanya bersikap biasa dan tak acuh dengan arahan yang saya berikan, sehingga saya pun heran kenapa lah mereka ini? apa sombong atau tidak mau berkomunikasi dengan orang bar, atau apalah begitu. dan saya pun bertanya pada mereka, eh ternyata teman mereka yang bisa berbicara bilang ke saya " Pak mereka bisu Pak..!" ya MasyaAllah ... saya pun tertawa dan tersipu malu dengan kejadian ini hehe... ada ada saja ya,..

kvht8kidei.jpg

oya sahabat sekalian ini ada video saat saya mengajar dan memantapkan gerakan dan tata cara menabuhkan Rapai untuk mereka yang tunarungu :

dan semoga kalian terhibur dan masih banyak juga video lainya yang bisa kalian tonton di chanel saya berikut ini :


silahkan sahabat mengikutinya dan bilamana menarik silahkan luangkan waktunya untuk men subcribe chanel saya dan saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya. hormat saya @badriadi83 dan terima kasih banyak juga atas kunjungannya ke blog saya ini. wassalam

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 62276.80
ETH 3005.63
USDT 1.00
SBD 3.62