Secuil Pengalaman Pahit dari "Bluek"

in #aceh6 years ago (edited)

image

SAAT pertama sekali saya masuk sekolah dasar; SD N2 Bluek Grong-Grong. Nama Bluek ketika saya sebutkan, tidaklah mengandung gejolak tawa dari teman-teman sekelas. (Mungkin secara geografis karena lokasi SD itu masih dalam kemukiman yang sama dengan kampung saya yaitu mukim Bluek. Saya pun masih merasa baik-baik saja)

Akan tetapi, ketika saya mulai beranjak keluar kemukiman Bluek, tepatnya saat saya masuk sekolah jenjang menengah pertama; SMP N 2 INDRAJAYA. Saya memperkenalkan diri dan menyebut alamat saya di Bluek, sontak saja semua teman sekelas saya tertawa.

Kata mereka sambil tertawa besar; "Na awak Bluek rupajih". Saya masih ingat betul akan pengalaman unik yang terjadi saat itu. Karena memang sudah menjadi semacam tradisi saat sesi perkenalan di kelas itu yang ditunggu-tunggu adalah sesuatu yang “aneh” dalam persepsi warga kelas tersebut. Meskipun “aneh” itu sifatnya subjektif.

Berlanjut ke jenjang sekolah berikutnya; MAN 1 SIGLI. Seperti biasa, kegiatan pembelajaran pertama bagi siswa baru adalah perkenalan diri. Disini terjadi lagi kisah lama itu yang terulang kembali. Saya dengan berani menyebutkan alamat saya adalah Bluek saat melakukan perkenalan itu. Lalu, semua teman kelas saya yang saya perhatikan, mereka juga tertawa.

Saya tidak tahu apa yang menyebabkan semua teman-teman saya mulai dari SMP sampai dengan teman SMA, saat mendengar diksi “Bluek” semacam ada sesuatu yang lain dalam pemahaman dan pikiran mereka. Saat itu saya juga mulai menyadari dan merasa ada sesuatu yang salah dalam pemahaman orang luar dengan nama Bluek.

Kondisi seperti ini ternyata tidak hanya saya yang mengalaminya, ada juga teman-teman saya lainnya yang saat memperkenalkan diri menyebut tempat asalnya Bluek juga mendapat kejadian yang sama; ditertawakan.

Nasib saya tentunya masih mending, karena hanya mendapat tertawaan dari teman sekelas. Teman sekampung saya yang sekolahnya dia bertetanggaan dengan sekolah saya, nasibnya lebih miris lagi. Seluruh temannya memanggil dia “si Bluek” selama 3 tahun berturut-turut. Padahal nama beliau ini bagus sekali. Itu semua terjadi karena saat perkenalannya, teman-teman beliau ini menjadi tahu bahwa beliau dari Bluek.

Bagi orang luar --luar teritorial Bluek maksudnya, nama Bluek memang agak tidak nyaman saat didengarkan. Rasa-rasanya (mungkin) agak aneh dan kuno. Meskipun dari Bluek banyak lahir orang-orang yang hebat. Sebut saja mantan sekretaris daerah kabupaten Pidie, bapak Amiruddin. Beliau berasal dan bermastautin di Bluek. Belum lagi tokoh-tokoh hebat lain yang terkenal di bidang bisnis atau usahanya, juga banyak dari Bluek. #nyanban

IMG-20180425-WA0008.jpeg

image


Rabu, 09 Mei 2018 || @emsyawall

Sort:  

Oh nyan ban rupanya lagoe... Hehe good post rakan @emsyawall, sukses terus dan terus menulis ya..

Di vote back ya... Tks

Haha terimakasih wareh

Sipp @halim08

Maaf td gak bs vote rakan@emsyawall, krn steem power lg sekarat, barusan udah sy vote ya. Jika rakan suka dgn postingan sy silahkan di vote, tp jika postingannya kurang menarik, ya jgn di vote ya hehhe tks

Bandum ta vote bg, sb tiep postingannyan bandum get, peulom dituleh le urg get hehe

Long bek tuwe.

Hehe get bg 😀

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by emsyawall from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Saya bangga jadi bagian dari Bluek itu Pak syawal,this is a different story sehingga Melekat di hati Para teman teman 😁😁

Sy juga bangga bang @rachmadirfaneste, makanya untuk kekeliruan org luar ini,kita harus berikan citra positif dan membantah semua stigma yg mengarah kepd tanah air kita Bluek heheh

You r welcome @alwihidayatilyas, let us to help together hehe

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 63475.77
ETH 3117.23
USDT 1.00
SBD 3.94