Kreativitas Dari Tali Kur #Part 1 / Motif Bibir

in #art6 years ago (edited)
Hay steemians,,,

Selamat malam, bagaimana kabar kalian malam ini, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan yang maha kuasa, sambil menikmati malam yok intip hasil kreasi saya dengan menggunakan tali kur, siapa tahu para steemians ladies ada yang menyukai hasil dari karya saya.

Tas Rajut Tali Kur


image

Gambar 1


Tas rajut tali kur merupakan tas yang dirajut dengan tangan tanpa memakai alat bantu lainnya, bahan utama yang digunakan adalah tali kur.


image

Tali Kur Gambar 2


Pada kesempatan ini saya akan bercerita sedikit tentang ketertarikan saya untuk merajut tas dari tali kur, awalnya saya melihat kawan saya memakai tas dari tali kur, terus saya bertanya ini tas apa kayaknya seperti rajutan ya ? kawan saya jawab iya ini tas rajut dari tali kur, kemudian saya bertanya lagi, berapa harga nya ? kawan saya jawab empat ratus lima puluh ribu rupiah, ya saya diam saja, tapi dalam hati saya mahal sekali harga nya, kenapa tidak saya coba untuk buat sendiri saja, keesokan hari nya saya kepasar untuk mencari tali kur, sesampai ditempat penjualan tali kur, mata saya langsung tertuju pada satu warna yaitu warna merah, saya beli terus pulang, sampai dirumah saya coba cari tutorialnya diinternet dan saya mulai mencoba untuk membuatnya. Saya mempelajari dasar-dasar proses merajut sampai tiga hari, ternyata lumayan rumit, tapi karena saya terus berusaha akhirnya saya bisa, dan saya berhasil merajut satu tas, seperti pada gambar 1 diatas.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tas ini adalah

  • tali kur 1kg
  • Kain puring 1/2 mtr
  • Resleting meteran 1/2 mtr
  • Gagang kayu
  • Kepala resleting 1
  • Benang
  • Jarum

image

Gambar 3


image

Gambar 4


Langkah-langkah untuk merajut.

  • Potong tali kur berdasarkan ukuran tas yang akan dibuat, seperti pada gambar yang diatas ukuran kecil, menggunakan 30 simpul. Untuk ukuran kecil tali kur dipotong sepanjang 2 meter, sebanyak 60 tali, karena satu simpul menggunakan dua tali.

image

Gambar 5


Ambil dua tali yang sudah dipotong tadi untuk membuat simpul seperti pada gambar 5.


image

Gambar 6


Kemudian dibuat simpul seperti pada gambar 6, simpul ini seperti simpul pramuka, kalau steemians pernah ikut pramuka pasti tahu cara membuat simpul ini.


image

Gambar 7


Setelah semua simpul sudah siap dibuat, kemudian gabungkan simpul yang satu dengan yang lainya, seperti pada gambar 7, gabung terus samapi 30 simpul.


image

Gambar 8


Setelah semua simpul tergabung baru mulai membuat motif sesuai dengan yang diinginkan seperti pada gambar 8, kalau saya memcoba motif bibir untuk pertama belajar, karena menurut saya motif ini yang paling mudah dan simple.

  • Selanjutnya siapkan kain puring yang sudah dipotong sesuai dengan ukuran tas, lalu jahit dan pasang resleting diatas kain tersebut.

  • Kemudian pasang kain puring kedalam tas tali kur dan jahit dengan menggunakan jarum tangan.

Ini adalah tas pertama dari hasil karya saya, walaupun kurang bagus tapi sangat memuaskan untuk saya. Sekian cerita dari saya, kalau mau lihat model-model lainnya ikuti terus post saya selanjutnya.

Kesimpulan dari cerita saya, kalau memang kita memiliki bakat yang bisa kita kembangkan, maka jangan ragu untuk mencobanya, karena dari mencoba kita bisa tahu kalau kita memiliki bakat yang bisa kita mamfaatin dan berguna bagi orang lain.

Salam @yeni

Sort:  

G’day mate! and I Upvoted you :) !
:
“We sometimes try to impress people we just met by not trying to impress them.” ====> Mokokoma Mokhonoana

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64386.10
ETH 3142.17
USDT 1.00
SBD 3.98