Belajar bahasa jerman untuk pemula

in #belajar6 years ago (edited)

Sebelum saya pindah ke Jerman, dulu saya pikir bahwa setiap 'bule' bisa berbahasa inggris, tapi ternyata saya salah 😁. Sama seperti orang2 indonesia pada umumnya, masyarakat Jerman menggunakan bahasa ibu mereka dan Rata2 negara2 eropa lain juga demikian.

Saya pergi ke Jerman dengan visa Nasional, lebih tepatnya Visa kumpul keluarga. Nah salah satu syarat pengajuannya adalah menyertakan sertifikat bahasa Jerman level A1.
Level A1 ini level yang paling dasar dan tidak terlalu susah menurut saya.

Untuk pelafalannya bahasa Jerman sangat mirip dengan bahasa Indonesia. Hanya ada beberapa huruf yang di baca sedikit berbeda seperti ä, ö ,ü.
Kalian bisa lihat2 di youtube untuk itu hehe.

apasih yang diajarkan ketika pertama kali belajar bahasa Jerman?

Perkenalan dan sapaan

sepertinya ini sedikit umum ya. Sama seperti kalau kita belajar bahasa inggris. Kita harus tahu sapaan seperti halo, apa kabar, selamat pagi, dst.

Kalian belajar menyebutkan nama dan menyapa dalam bahasa jerman.

Contohnya:

Hallo, Wie geht es dir (hallo, apa kabar?)
Mein Name ist .... (nama saya .....)
Ich bin .... jahre alt ( saya berumur ... tahun)

Selain itu kalian juga harus menghafal kata sapaan seperti;

Selamat pagi (guten Morgen)
Selamat siang (guten Tag)
Selamat malam (guten abend) dsb.

artikel

Setiap Nomen (kata benda) di bahasa Jerman mempunyai Nomen yang kalian harus hafal. Heh? Iya hehehe. Kalau kalian pernah belajar bahasa arab mungkin sedikit mengerti apa yang dimaksud walaupun beda ciri2nya. Kalau dalam bahasa inggris itu "the",cuman kalau bahasa inggris semuanya pakai "the" kalau bahasa jerman beda-beda. Widiwww 😥

image
*source: google *

Ada 3 artikel yaitu maskulin (der) , feminim (die) dan netral (das).

Contohnya :

Der Vater = ayah
Die Mutter = ibu
Das Haus = rumah

Walaupun ada nomen yang sudah pasti punya ciri bergenre maskulin, feminim atau neutral, tetapi ada beberapa yang gak bisa di lihat cirinya begitu saja. Nah disini kalian harus menghafal.
Dan yang perlu kalian ketahui bahwa setiap Nomen pasti diawali dengan huruf kapital walaupun posisinya di tengah2 kalimat.

Contohnya : der Tee (the tea) / teh.

konjugasi

Dalam bahasa jerman ada yang namanya konjugasi (thdp kata kerja). Konjugasi kata kerja tersebut di pengaruhi subjeknya

Contohnya:

S +verb (kata kerja). Lesen = membaca
Ich (saya) + lesen = ich lese (saya membaca)
Du (kamu) + lesen = du liest (kamu membaca)
Sie/ er/ es (dia) + lesen = sie liest/er liest (dia membaca)
Wir (kami) + lesen = wir lesen (kami membaca)
Ihr (kamu jamak) + lesen = ihr liest (kamu membaca)
Sie (mereka/ kamu formal) + lesen = Sie lesen (mereka membaca)

Seperti itu kira2.
Gimana? Masih tertarik belajar bahasa jerman?

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 67066.21
ETH 3093.89
USDT 1.00
SBD 3.75