Mangga Busuk Karena Dimakan Pakai Garam!, Mitoskah?

in #blog6 years ago

Hay Stemian selamat malam...
Sebulan terakhir ini bisa dikatakan musimnya 'Mangga'. Hampir di setiap sudut pemukiman masyarakat tumbuhan asam manis ini berbuah lebat kendati sebagian jenis mangga lainnya ada yg sedikit buahnya.

Di suatu tempat biasa saya bergabung dengan teman - teman ada tiga sampai empat batang pohon mangga yang sedang berbuah lebat. Jenis mangganya yakni mangga Apel, mangga madu, mangga golek dan mangga tepung.

IMG20180429155148.jpg

Mangga apel sangat lebat buahnya. Saking lebatnya membuat saya betah nongkrong dilokasi itu sambil menunggu buah masak jatuh, ya!, bila sudah masak buahnya jatuh sendiri kayaq durian heheh.

Terkadang yang jatuh tidak serta merta masak ada juga buahnya retak dan tampak busuk, sangat sia - sia sekali, kadang juga yang jatuh bekas gigitan separuh. Tidak pasti entah gigitan burung atau kelelawar, kemungkinan juga kelelawar karena setiap malam buah lebat mangga di hinggapinya.

IMG20180429155203.jpg

Di sisi lain mangga ini hampir 99 persen buahnya busuk. Setiap kali saya kupas pakai pisau Cutter(pemotong), kebanyakan setiap masak sebelahnya busuk dan sebelahnya bagus. Jadi yang puas dimakan sebelahnya saja.

Si pemilik buah Mus Banang, kepada saya mengujarkan, setahun yang lalu ketika musim berbuah, mangga ini jarang sekali busuk. Menurutnya buah ini busuk karena mangga mudanya disantap pakai bumbu dapur garam dan kecap, sehingga, ketika tiba kembali musim mangga, buahnya dominan busuk semua.

Sebagian teman lagi juga mengatakan benar pohon mangga ini busuk karena buah mentahnya dikonsumsi pakai garam, mitos sekali bukan teman - teman Stemian...?, namun itulah faktanya yang terjadi saat ini.

Kadang saya berfikir, itu akibat penyakit dari hama tanaman, bila perlu ketika berbuah lagi pohon mangganya di asapi buat perapian yang tidak mengganggu batang dan akarnya, logis bukan?

Hal itu juga saya serukan kepada si pemilik mangga, sesaat di terima akal sehatnya, kemudian membantah lagi.

"mangga busuk akibat di campur garam, pernah suatu waktu wanita hamil meminta mangga muda, saya langsung kasih, itu pasti salah satu penyebabnya," ujarnya.

Waduhh... lagi -lagi yang salah orang hamil. Oh iya saya teringat katanya hal itu memang benar kata orang - orang tua zaman dulu mangga muda bila di campur garam, bila berbuah lagi akan busuk.

Nah, teman - teman Stemian terutama yang ahli tanaman terutama soal buah, mohon pencerahannya, atas solusi, mangga busuk karena du campur garam mitoskah?

Coin Marketplace

STEEM 0.32
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 67344.10
ETH 3749.25
USDT 1.00
SBD 3.69