Ori atau crak

in #blog6 years ago

Akhir-akhir ini aku dan beberapa teman aku lagi asik-asiknya belajar memproduksi musik dengan sofware DAW yang bernama fl studio12. Kenapa harus fl studio? Jawabanya panjang. Nah setelah beberapa musik kami jadi dan didengarkan teman-teman lainnya, ada beberpa yang bertanya "eh...iti sofware kalian crak(bajakan) atau yang ori?. Nah....itu dia yang bakalan kami bahas saat ini
Sofware kami maaih berbentuk crak atau bajakan. Alasannya, kami hanya hobi di bidang musik, belum punya keinginan produksi masal. Namun tidakenutup kemungkinan kami bakal menggunakan yang aslinya. Sedikit aku bahas bedanya sofware bajakan dan yang ori menurut pemahaman aku pribadi
Sofware crak umumnya tidak jauh beda dengan yang ori. Namun jangan pernah mengeluh jika efek dan plaginnya kurang banyak. Kalo saya simpulkan, jika kalian pemula dan ingin belajar sebuah sofware, gak ada salahnya jika menggunakan sofware crak, namun jika kalian sudah pro apalagi sudah bisa menghasilkan uang dengan karya yang kalian buat disebuah sofware, alangkah lebih baiknya kalian menggunakan yang ori. Karena bagi saya itu adalah moral kita yang mengiginkan orang lain membayar karya kita namun kita sendiri masih menggunakan alat bantu bajakan.
Nah...intinya sofware yang ori, efek dan palginnya lebih banyak dari yang bajakan. Satu hal lagi yang perlu kalian ingat jika kalian memproduksi karya musik dengan sofware, usahakan semaksimal mungkin menggunakan satu sofware alias jangan terlalu banyak pindah ke sofware lainnya jika kalian belum menguasianya. Karena hal itulah yang membuat kalian kebingungan untuk memproduksinya. Jadi tetap bekarya dengan baik dan benar. Jangan lupa untul membuat karya yang kreatif hehhe...salam image

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 61763.08
ETH 2899.43
USDT 1.00
SBD 3.49