Apa itu DAW

in #blomusik6 years ago

Setelah kemarin aku sempat menyinggung sofware DAW crak atau ori, kali aku berniat membahas lebih rinci dengan yang namanya DAW. Sebenarnya apasih sofware DAW itu dan sebanyak apa jenisnya. Oke sebelumnya, daw atau digital audio workstasion adalah sofware pebantu produksi musik. Jadi daw itu hanya istilah untuk sofware produksi musik digital. Nah muaik digital itu apa saja? Banyak, mulai dari remix, dj, dan masih banyak lagi musik-musik digital lainnya yang muncul pada saat ini. image
Kita lanjut dengan sofwarenya. Untuk saat ini, sofware daw jumlahnya sangatlah banyak. Dari yang crak hingga yang pro. Salah satu contoh daw yang sangat populer ialah fl studio dan juga studio one. Lalu musisi yang menggunakannya siapa saja? Siapa sih yang tidak mengenal alan walker. Sebenarnya masih banyak musisi lain yang menggunkannya namun aku tidak terlalu mengenal mereka hehehehe..
nah selain fl studio dan studio one, rupanya masih banyak daw yang menjadi favorit bagi musisi pemula sperti aku. Abltetnton live, hydrogen, melodyne, mixcraft dan masih banyak lainnya.
Cara menggunakannya pun berbeda-beda walaupun masih dalam tujuan yang sama. Intinya daw hanyalah pebantu kita untuk bekarya lebih jauh di musik. Bahakan ada orang yang sudah menghasilkan karya yang sangat kreatif dengan dowsofware . Yop kita mengenal dua youtuber musikal indonesia yang karyanya sudah mendunia yaitu eka guatiwana dan juga heakim. Nah itulah gambaran dari daw sofware, yang aku maksud di postingan sebelumnnya. " ntar dulu kri! Kamu pakek daw apa?" Nah kalo aku pribadi aku sudah pernah coba semuanya namun aku leboh menyukai fl studio dan melodyne sebagai alat bantu nya. Alasannya simpel, karena fl studio memiliki fitur yang gampang dipelajari. Oke ya, ini hanya part pertama di part keduanya aku bakalan membahas detai dari setiap daw yang sering digunakan oleh musisi sekarang. Apalagi untuk para dj remix.hehehw

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 62622.67
ETH 2944.91
USDT 1.00
SBD 3.61