It Took More Precautions When Deposit into Indodax | Butuh Kewaspadaan Lebih ketika Deposit ke Indodax |

in #cryptocurrency6 years ago (edited)



The bad days in the cryptocurrency world for me and some of the Steemians have not passed. Steem and Steem Dollar have fallen to their lowest point in the past year, the proven scamming mining cloud site is too fast (though predictable but surprising), and lastly the deposit system at www.indodax.com is troubling. The latter I am experiencing and now I share my experience so as not to happen to other Steemians who want to transfer the deposit to an Indodax account or other accounts.

Adding deposits in my account has been frequently done since in my account www.vip.bitcoin.co.id for digital asset transactions. So far, there is no problem even though the inclusion of funds into the account sometimes takes longer than mentioned. Waiting for incoming funds is a thrilling moment because a transaction error could risk a floating fund. I always remind myself that the risks in the world of cryptocurrency are very high. The potential for losing money is always there. Hence, I always transact in the number of funds that do not get to shake the finances if there is potential for losing money. In essence, I'm always ready for the worst. Hence never want to transact in large quantities, not up to 10 percent of the total producer per month. The best advice is under 5 percent.

Well, in the days leading up to Idul Fitri holiday yesterday, on June 11 and June 13, 2018, I made a deposit because the price of Bitcoin is down. In the first transaction, the deposit through the virtual account does not have a problem. But on the lower second nominal transaction, problems begin to occur.

First, the funds do not go directly. So a few hours later I immediately sent an email to Indodax. They respond quickly, he said, the new transfer will be processed starting June 19, 2018, because it is the period of leave of Lebaran. But when on June 20 the money has not been signed into my account yet, I again sent an email with proof of transfer. The proof of this transfer has been sent when I complained through the first email.

Having tracked the funds I send on behalf of others. How can? This is what makes me do not understand. I follow the deposit process as outlined in www.indodax.com. No steps are passed because it is usual to transfer. My only fault and it's fatal is, confirm the virtual account number of the account that Indodax sent me, not the virtual number of my account. By the way, is this my fault or their mistake, anyway? Well, this is their fault and me. They were wrong because they sent me another virtual account number (VA). Why did this happen? Does not this prove there is a leak or deficiency in their system? Is this a permanent casuistic or weakness so that there is the potential to recur again in the future? What if someone sends a deposit in the hundreds of millions and goes into someone else's account?

My mistake is no longer checking the name behind the name Indodax when doing the transfer. In VA account number, Indodax specifies the name of the company and the name of the VA owner before making a transfer confirmation. Incidentally, the name behind Indodax, in my opinion, is similar to the names of companies. I just stick with the name Indodax only.

When I complained via email, I was shocked by those who told me to communicate directly with the customer's name. How could I not know that person? And even if I get a contact number and email, not necessarily he believes.

Finally, I chose to call directly to Indodax office in Bali. I often tell other Steemians friends, one of the simplicity of having a digital asset account in Indonesia is being able to communicate directly and visit their office when necessary. Imagine if the headquarters in Canada or the United States!

Finally, they asked me to wait for the wrong transfer. It took a while that I did not know how long. They also did not make sure that the money would return to my account, and that was disappointing. Weakness in their system becomes a risk that must be borne by customers. Supposedly, customer convenience is the top priority.

Well, that's it. Hopefully, Steemians friends do not experience it and always be more careful when transacting.[]






Butuh Kewaspadaan Lebih Saat Deposit di Indodax

Hari-hari kelabu di dunia cryptocurrency bagi saya dan beberapa Steemians belum berlalu. Steem dan Steem Dollar jatuh ke titik terendah dalam setahun terakhir, situs mining cloud yang terbukti scamming terlalu cepat (meski sudah diperkirakan tetapi tetap mengejutkan), dan terakhir sistem deposit di www.indodax.com yang menuai masalah. Yang terakhir ini saya alami dan kini saya berbagi pengalaman agar tidak terjadi pada Steemians lain yang ingin mentransfer deposit ke akun Indodax atau akun-akun lainnya.

Menambah deposit di akun sudah sering saya lakukan sejak di akun www.vip.bitcoin.co.id untuk transaksi aset digital. Sejauh ini, tidak ada masalah meski masuknya dana ke dalam akun terkadang membutuhkan waktu lebih lama daripada yang disebutkan. Menunggu dana masuk adalah saat-saat mendebarkan karena kesalahan transaksi bisa beresiko dana melayang. Saya selalu mengingatkan diri sendiri bahwa risiko di dunia cryptocurrency sangat tinggi. Potensi kehilangan uang selalu ada. Makanya, saya selalu bertransaksi dalam jumlah dana yang tidak sampai mengguncang keuangan kalau ada potensi kehilangan uang. Intinya, saya selalu siap terhadap kemungkinan terburuk. Makanya tidak pernah mau bertransaksi dalam jumlah besar, tidak sampai 10 persen dari total penghasila per bulan. Saran terbaik adalah di bawah 5 persen.

Nah, dalam masa menjelang hari raya Idul Fitri kemarin, pada 11 Juni dan 13 Juni 2018 saya melakukan deposit karena harga Bitcoin sedang turun. Pada transaksi pertama, deposit melalui virtual akun tidak mengalami masalah. Namun pada transaksi kedua yang nominalnya lebih rendah, masalah mulai terjadi.

Pertama, dana tidak langsung masuk. Maka beberapa jam kemudian saya langsung mengirim email ke Indodax. Mereka merespon dengan cepat, katanya, transfer baru akan diproses mulai 19 Juni 2018 karena sedang masa cuti lebaran. Namun ketika pada 20 Juni uangnya belum juga masuk ke akun, saya kembali mengirim email disertai bukti transfer. Bukti transfer ini sudah saya kirimkan ketika melakukan komplain melalui email yang pertama kali.

Ternyata oh, ternyata, setelah ditelusuri dana yang saya kirim atas nama orang lain. Bagaimana bisa? Inilah yang membuat saya tak mengerti. Saya mengikuti proses deposit seperti yang dicantumkan dalam situs www.indodax.com. Tidak ada langkah yang terlewati karena sudah biasa melakukan transfer. Satu-satunya kesalahan saya dan itu fatal adalah, konfirmasi nomor rekening virtual akun yang dikirim Indodax kepada saya, bukan nomor virtual akun milik saya. By the way, ini kesalahan saya atau kesalahan mereka, sih? Baiklah, ini kesalahan mereka dan saya. Mereka salah karena mengirimkan nomor virtual akun (VA) milik orang lain kepada saya. Mengapa ini terjadi? Bukankah ini membuktikan ada kebocoran atau kekurangan dalam sistem mereka? Apakah ini kasuistik atau kelemahan permanen sehingga ada potensi terulang lagi ke depan? Bagaimana kalau ada orang yang mengirim deposit dalam jumlah ratusan juta dan masuk ke rekening orang lain?

Kesalahan saya adalah tidak lagi mengecek nama di belakang nama Indodax saat melakukan transfer. Dalam nomor rekening VA, Indodax menyebutkan nama perusahaan dan nama pemilik VA sebelum melakukan konfirmasi transfer. Kebetulan, nama di belakang Indodax menurut saya mirip dengan nama-nama perusahaan. Saya hanya berpatokan dengan nama Indodax saja.

Ketika komplain melalui email, saya kaget mereka yang menyuruh saya berkomunikasi langsung dengan nama nasabah bersangkutan. Bagaimana bisa, saya tidak mengenal orang itu. Dan kalaupun saya mendapatkan nomor kontak dan email, belum tentu ia percaya.

Akhirnya, saya memilih untuk menelepon langsung ke kantor Indodax di Bali. Saya sering mengatakan kepada sahabat Steemians yang lain, salah satu kemudahan memiliki akun aset digital di Indonesia adalah bisa berkomunikasi langsung dan mendatangi kantornya bila perlu. Bayangkan kalau kantor pusatnya di Kanada atau Amerika Serikat!

Akhirnya, mereka meminta saya menunggu untuk pengembalian dana yang salah transfer tersebut. Butuh waktu yang saya tidak ketahui berapa lama. Mereka juga tidak memastikan bahwa uang tersebut akan kembali ke akun saya, dan itu sungguh mengecewakan. Kelemahan di sistem mereka menjadi risiko yang harus ditanggung nasabah. Seharusnya, kenyamanan nasabah menjadi prioritas utama.

Nah, begitu kejadiannya. Semoga sahabat Steemians tidak mengalaminya dan selalu lebih berhati-hati ketika bertransaksi.[]




Badge_@ayi.png


follow_ayijufridar.gif

Sort:  

Pagi yang indah begitu menggoda, yang dikarenakan cuaca hari ini yang sangat mendukung untuk beraktifitas. hanya satu yang menjadi pertanyaan..kenapa ya setiap iklan itu didominasi oleh wanita dan perempuan cantik (mungkin karena nilai jual yang baik dan menjadi daya tarik tersendiri) (sang suah tapostingan sigoe mengenai wanita yang menjadi daya darik tersendiri). @ayijufridar
Saleum kupi pancong.

Teuma neubayangkan meunyoe Abu @mulawarman jeut keu model iklan....? Hahahahahaha.... Tapi nyoe keu model ija krong sang hana masalah, maken got lagot.

hehe...lon chit kacocok untuk model iklan obat pelangsing (Diet) tapi jelas hana yang menarek, karena han kurus-kurus. chit ka meuho aju pah ateuh gareh. @ayijfridar

Ubat peutumbon badan yang ka beutoi @mulawarman...

Bisa jadi kesalahan sistem atau mungkin juga ada pihak-pihak tertentu yang mencoba meretas akun. Seperti teman saya sekitar 2 bulan lalu dia kehilangan uang di indodax lebih kurang 40jt.

Saya tidak tahu kenapa dan mereka juga tidak menyebutkan penyebab yang jelas @benimardaniat. Hanya berharap uang bisa kembali. Terima kasih. Saleum.

Sama-sama, selamat beraktifitas kembali bang.

dua hari yang lalu, saya melakukan deposit juga di indodaxnamun belum ada trouble seperti bang ayi bilang. Saya lancar transfer ke maybank indodax

Selama ini saya juga tidak mengalami masalah dalam deposit, bahkan sejak masih bernama www.vip.bitcoin.co.id. Tapi memang ini kasuistik. Alhamdulillah, masalahnya sudah selesai. Dananya sudah dikembalikan. Terima kasih.

semoga badai cepat berlalu master

Alhamdulillah, ka bereh @novale. Cukop brat meusyen keu awak droeneuh... Pu haba? Neu pakat lon hai....

Izin resteem kanda

Sebuah peristiwa yang terjadi pada suatu kaum adalah cerminan lain dari sisi kehidupan agar bisa menuju hidup yang lebih baik

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60986.03
ETH 2921.26
USDT 1.00
SBD 3.57