Berguru itu lebih baik

in #esteem6 years ago

image


Image Source

Saya mulai bergabung di steemit sejak sejak tahun 2017 tepatnya di bulan july, tapi saya sempat lama berhenti juga dan memulainya lagi pada awal tahun 2018. Dari awal mendaftar di steemit tidak ada tempat untuk saya belajar tentang steemit, karena saya masih pemula belum mengenal banyak orang di steemit.

Di saat mau belajar sama kawan yang saya kenal merekapun belum banyak tau tentang steemit dan masih pemula juga seperti saya. Karena saya tidak tau mau belajar berguru dari mana, akhirnya saya putuskan untuk belajar sendiri dari postingan postingan orang lain. Semua itu berawal dari suka, makanya saya masih ingin melanjutkannya walaupun belum ada tempat untuk saya belajar. Saya memang bukan seorang penulis yang hebat, tapi saya suka menulis dan itulah yang membuat saya masih bertahan di steemit.

Tepatnya kemarin pada hari kamis saya mendapatkan pesan dari salah satu teman saya yang aktif di steemit juga, dia ajak saya untuk daftar di kelas efa. Saya pun tidak menyia - nyiakan kesempatan ini dan langsung saya daftar pada saat itu juga. Setelah melewati beberapa proses tentang pendaftaran, dan akhirnya saya terdaftar jadi peserta efa. Ketika saya melihat nama dari grup efa rupanya ini sudah kelas yang ke lima, berarti saya sudah ketinggalan info dari kelas satu sampai empat. Walaupun baru bisa bergabung di kelas lima itu tidak masalah bagi saya, yang penting saya merasa sangat senang bisa jadi peserta efa.


image


Image Source

pada malam yang pertama

  • perkenalan efa

Kelas malam di buka dari jam 20.00 wib sd selesai.
Sebelum materi di mulai, semua pemateri memperkenalkan diri mereka sehingga kami kenal dengan semua mentor walaupun tidak bisa melihat karena kami belajar online di group. Selanjutnya baru para pemateri menjelaskan dengan detail apa itu efa, dan bila ada yang belum mengerti langsung bisa ajukan pertanyaan kepada pemateri nya. Dengan belajar pada kelas efa di malam yang pertama akhirnya saya bisa tau apa itu efa, yang sebelumnya saya ca dengar nama efa dari orang orang.

pada malam kedua

  • cara membuat postingan yang berkualitas.

Pada malam yang kedua kelas di buka pada jam yang sama juga dengan malam yang pertama dan sampai selesai acara. Pada malam yang ke dua kami belajar di discord, yaitu pada room efa voice dan efa teks. Banyak juga pelajaran yang saya dapatkan di malam yang ke dua, seperti cara membuat tabel, cara membuat ukuran gambar, dan banyak yang lainnya juga. Pokoknya kalau kita ikuti semua arahan dari pada mentor malam yang kedua, saya yakin postingan yang kita buat akan semakin enak untuk di lihat dan tentunya sangat berkualitas.

pada malam yang ketiga

  • review postingan

Kelas tetap dibuka dari jam 20.00 wib sampai dengan selesai. Pada malam yang ke tiga ini merupakan malam yang sangat deg degan karena malam ini penentuan siapa yang akan lulus dan siapa yang tidak lulus. Penilaian di nilai melalui postingan yang kami buat, di sinilah saya mulai membuat postingan maksimal dua jam harus siap.

kesimpulan

Bergurulah jangan meniru, kata kata itu mungkin sangat cocok kita terapkan di saat kita mau belajar. Perbedaan antata belajar tanpa guru dengan belajar pada guru sangatlah jauh berbeda akan hasil yang akan kita dapatkan. Kalau belajar tanpa guru pasti tidak beraturan, tapi kalau belajar ada guru yang mengajarkan kita pasti akan ada aturan dan yang di ajarpun oleh guru beraturan dari a sampai z.

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca postingan saya @adien705.

Sort:  

Ssbagai seorang Mentor dalam hal ini, walaupun saya kurang aktif dalam kelas belajar ke 5 ini, namun Postingan anda @adien705 hari ini adalah dalam merangkum apa yang sudah di dapat dalam kelas singkat selama 3 hari, dan bagi saya tulisan @andien705 sudah cukup menjelaskan tentang sebuah Karakter yang tetap mau belajar, selamat.
Setelah membaca Tulisan yang singkat dan padat, serta penuh dengan Penjelasan ini.
Saya yakin keberhasilan anda di depan Mata..

Keep On Steem

Keep On eSteem

Keep On EFA

Sukses selalu untuk anda

Terima kasih bg @helmibireuen..
Di mana ada kemauan di situ ada jalan, itulah yang terinspirasi saya kemauan untuk belajar supaya terbuka jalan untuk kita menuju keberhasilan.

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by adien705 from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Luar biasa semangat belajarnya. Sukses terus bersama EFA

Dalam belajar kita harus semangat dan serius untuk mendapatkan hasil yang maksimal @sittishabir

Saya salut dengan semangat mu yang pantang menyerah @adien705,, semoga sukses

Terima kasih @yeni
Semangat dan pantang menyerah merupakan dalah satu modal untuk sukses.

Benar bgt @andien705 selamat bergabung di efa

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, saya juga sama seperti @adien705, sudah mendaftar di steemit sejak Januari 2017 tetapi baru aktif tujuh bulan kemudian, dan perjalanan saya juga lambat, tapi ya enjoy aja dan tetap semangat

Benar sekali @rayfa tidak ada kata terlambat untuk belajar, yang penting kemauan dan keyakinan itu merupakan modal utama yang harus kita terapkan.

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 63866.68
ETH 3129.16
USDT 1.00
SBD 3.87