Berlatih Berjualan (Cerdas Finansial Tantangan Hari ke-5)

in #esteem6 years ago (edited)

Kira-kira dua tahun lalu, saat awal tinggal di kontrakan baru, aku aktif berjualan buku-buku dan mukena. Pertama, karena aku sering belanja buku sampai kalap. Kedua, karena ada kesempatan menjadi agen setelah belanja satu paket buku. Kalau mukena kebetulan karena yang memproduksinya adalah teman dekat sendiri dan kualitasnya bagus.

Dari sana sebenarnya aku juga mulai belajar membuat pembukuan yang lebih rapi, memutar modal dan menyisihkan untung. Aku bisa kembali membeli paket buku untuk anak-anak dari untung berjualan dan begitu juga aku membeli mukena couple dengan putriku dari hasil berjualan tersebut.

Berjualan itu mengasyikkan tapi membuat pembukuan memusingkan. Maka aku sempat berhenti beberapa waktu berjualan dan fokus bermain bersama anak-anak dan menulis lagi. Dari menulis aku tidak perlu repot membuat pembukuan rutin dan jadilah aku lalai kembali mengamati cash flow karena berpikir, ah... yang ada pemasukan dengan jumlah yang sama, sementara hasil dari menulis tidak dicatat dengan baik. Mungkin sebenarnya ada, tapi karena belum insaf finansial saja.

Nah, hari ini aku kembali berjualan biar bisa nanti menyambi merapikan pembukuan rumah dan dagangan. Saat berjualan daring, jadi banyak ilmu terutama marketing yang aku pelajari. Misal mengenai teknik AIDDA dalam menarik minat pelanggan. AIDDA itu sendiri singkatan dari A :Attention (Perhatian), I : Interest (Minat), D : Disire (Hasrat/Keinginan), D : Decision (Keputusan), A : Action (Tindakan).

Lalu dari beberapa obrolan yang ada, kami juga berdiskusi tantang peluang usaha. Kalau sudah begini lagi-lagi terpikir betapa mengasyikkan kalau dulu mengambil jurusan bisnis. Hahaha...

Aku ngobrol dengan Mbak Nahar, seniorku di organisasi yang satu periode--mungkin lebih--menjabat sebagai bendahara umum. Tugas-tugas Bendum di organisasi bukan hanya mengurus pembukuan dan laporan keuangan, tapi juga sebagai fundraiser di sebuah organisasi. Aku sendiri juga cukup sering mendapatkan amanah ini di organisasi atau sebuah event.

Jadi banyak ilmu kalau berjualan. Mana saat mencari spesifikasi mengenai barang jadi banyak tahu juga hal-hal baru. Suamiku sangat suka berwirausaha, bermimpi memiliki bisnis yang menyebabkan ia tak pernah mencoba mengajukan lamaran ke sebuah instansi kalau tidak terpaksa. Berwirausaha juga membuat waktunya cukup fleksibel dan bisa lebih banyak bersama kami, katanya. Tapi beberapa bisnis yang dirintis belum membuahkan hasil yang memuaskan. Memang segalanya butuh konsistensi tinggi, fokus, dan kesabaran.

Jadi, sekarang aku coba berjualan Korean Mat Quilting yang unik ini. Sempat membahasnya juga dengan Mbak Ahang, sekiranya bahan dan produksinya dalam negri, barangkali harga bisa lebih miring. Bahan dan pembuatannya cukup halus, detail, dan unik. Aku mencoba melihat produk-produk quilting dalam negri tapi tak ada yang sehalus ini motif dan bahannya. Harga yang dibandrol untuk saat ini Rp750.000 dan motif anak-anak yang cute ini Rp.950.000.

image

Image source: Dari WA supplier dan akan diapload di laman FB-ku

image

image

Bagi pencinta home decoration dan mencoba mendekorasi ala shabby chick, karpet ini sangat mendukung gayanya. Bisa menjadi karpet atau pun alas sofa. Menggemaskan menurutku. Bagaimana dengan kawan-kawan?

Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Sort:  

wao very nice captain. upload more

Hai, apa kabar @dyslexicmom? Ini postingnya bagus.. sudah kami upvote dan resteem ke 7571 follower yah.. (Ini bagian dari kontribusi kami sebagai witness di komunitas Steemit Indonesia.)

Thank you yaak

Yeeeeey! Semangat... kami menyusul insyaallah

Menyusul ke mana kakak? Jualannya? Hihihi..makasih sudah singgah di lapak kami.

Cantik-cantik ya motifnya...

Jangan segan wapri untuk motif lainnya ya. Ahahaha

Cantik kayak harganya kak 😁

Itulah, kata orang ada harga, ada kualitas. Gitu2 deh @zulfa0109

Iya tu aakak

Yang motif kartun itu kiyut sekaliiii 😍😍😍

Masih banyak yang lainnya...mau lihat? Haha 😆😆

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 64513.75
ETH 3146.11
USDT 1.00
SBD 3.95