Bisnis tambak udang Vannamei yang menjanjikan.

in #esteem5 years ago

Ada berbagai jenis bisnis yang bisa di tekuni, kali ini saya akan membahas tentang bisnis budidaya udang vannamei yang sangat banyak di gandrungi oleh pengusaha muda yang ada di Aceh.

Banyak tahapan yang harus di lalui dalam budidaya udang Vannamei, mulai dari persiapan lahan, persiapan air sampai dengan proses pembesaran udang.

IMG_20180807_073131.jpg

Seperti tampak pada gambar di atas, itu adalah salah satu proses penebaran benur yang berkualitas baik dan tentunya sudah terbebas dari segala jenis virus.

received_205039663371353.jpeg

Gambar di atas adalah kondisi saat sudah selesai penebaran kemudian berlanjut ke masa pembesaran udang, udang vannamei sangat membutuhkan oksigen yang sangat banyak, selain bisa meningkatkan tinggkat kehidupan oksigen juga dibutuhkan udang untuk bernafas.

IMG-20180728-WA0003.jpg

Gambar di atas adalah gambar pada saat pengecekan ancho yang bertujuan untuk mengontrol kondisi kesehatan udang dan untuk mengontrol nafsu makan udang.

IMG-20181202-WA0000.jpg

Gambar di atas adalah proses sampling saat udang sudah berumur 45 hari, tujuan dilakukan sampling adalah untuk mengetahui pertumbuhan udang setiap hari, sampling dilakukan seminggu sekali dengan menjala udang dan di ambil beberapa ekor kemudian di timbang. Sampling dilakukan seminggu sekali sampai udang siap untuk di panen. Pertumbuhan udang yang bagus berkisar antara 0.30-0.35 gr/hari.

![IMG_20170924_221616.jpg](

Gambar di atas adalah pada saat proses panen, panen udang kebiasaan dilakukan setelah udang berumur 120 hari, ada juga udang di panen selama 90 hari atau tergantung pertumbuhan udang itu sendiri.

Selama saya berkecimpung dalam dunia bisnis udang vannamei saya berkesimpulan bisnis ini sangat bagus untuk di lakukan di samping keuntungan yang sangat besar udang vannamei juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk budidaya. Sekarang ini saya sedang membuat kolam beton yang berukuran 10x15M2 untuk saya memelihara udang vannamei. Sudah pasti setiap usaha ada untung dan ada rugi, dalam usaha budidaya udang vannamei tidak selamanya bisa mendapat keuntungan besar dikarenakan oleh serangan virus yang sangat mematikan apabila kita tidak menjaga kondisi lahan dan kualitas air yang baik.

Demikian sedikit ulasan saya tentang bisnis budidaya udang vannamei, semoga bisa bermanfaat.
Postingan ini sudah pernah saya muat di akun media sosial saya :
https://whaleshares.io/indonesia/@hery1983/bisnis-tambak-udang-vannamei-yang-menjanjikan

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.031
BTC 61745.50
ETH 2898.66
USDT 1.00
SBD 3.61