Diam Belum Tentu Tidak Tahu

in #esteem6 years ago

image

Diam Lebih Baik

Salam buat semua sahabat eSteemian di seluruh petala dunia. Terkadang dalam tulisan ini ada yang silaf atau pun salah itu semua karena kekurangan ilmu saya. Bila ada kesamaan dan kemiripan pada tulisan sahabat saya mohon maaf sekali lagi. Semua tulisan ini saya perbuat kisah yang memang pernah saya alami.

Awalnya saya bertemu dengan seorang teman baru. Kejadian ini sekitar lebih kurang 13tahun yang lalu.
Setelah beberapa tahun saya berteman, lalu saya bertanya pada teman saya, beliau bernama Marzuki.
Saya: Marzuki, kenapa kamu sering berdiam diri?.
Marzuki: katanya diam itu lebih baik dari pada bicara yang tidak-tidak.
Saya: bukankah pertanyaan sahabat tadi bisa kamu jawab.
Marzuki: ya, memang bisa saya jawab. Tetapi saya tetap diam.
Saya: kenapa?.
Marzuki: dia tidak bertanya pada saya, tetapi bertanya pada orang lain.
Saya: ooo begitu.
Marzuki: lebih baik diam. Diam itu mutiara.

Dari pengalaman ini saya mengambil suatu kesimpulan bahwasanya diam itu akan memelihara diri dari pitnah, iri, mengupat dan lain sebagainya.
Sejak itu saya terus belajar dan selalu bertanya pada orang yang bisa menjawab pertanyaan saya. Walau pun orang tersebut lebih muda dari saya. Untuk saya bisa menambah ilmu dan juga wawasan dalam cara saya berfikir dan berbicara.

Kesimpulan:Diam seseorang belum tentu tidak tahu. Diam lebih baik dari pada berbicara yang bukan bukan. Jangan malu bertanya karena memang tidak bisa. Dan jangan suka menguji orang lain yang saya sudah tahu.

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/9cdhjc7

okay thanks for the information

@teungkulik, I gave you a vote!
If you follow me, I will also follow you in return!

Yes, I have followed

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 63642.15
ETH 3126.93
USDT 1.00
SBD 3.87