Assalamu’alaikum, Saya Sayed Muhammad Husen

in #filantropi6 years ago (edited)

SMH di Pijay.jpg

Saya, Sayed Muhammad Husen (53 th). Setelah mengikuti pelatihan dan magang BMT (Baitul Mal Wattamwil) di Jakarta tahun 1995, saya memberi perhatian yang agak besar terhadap perkembangan BAZIS (Badan Amil Zakat Infak dan Sedekah) di Aceh. Dua teman, Rusydi dan Juniazi cukup membantu saya memasok informasi tentang gerakan zakat di Aceh, karena mereka “orang dalam” di BAZIS, yang tau banyak tentang itu.

Selama pelatihan dan magang BMT, kami belajar tentang pengelolaan dana ummat Islam yang bersumber dari ZIS dan dana titipan komersial. Yang kemudian prakteknya saya wujudkan bersama kawan-kawan melalui pembentukan Baitul Qiradh Baiturrahman (BQB), yang berlamat di lingkungan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. BQB mulai beroperasi 2 Oktober 1995.

Tiga tahun BQB beroperasi, saya mulai membandingkan idealitas konsep BQ atau BMT dengan BAZIS. Saya menyimpulkan BAZIS lebih ideal, karena dapat meminjamjam dana kepada pengusaha mikro tanpa bunga, sementara BMT harus menentukan margin setiap pinjaman, untuk menutupi biaya operasional. Mamang biaya operasional BAZIS ditanggung pemerintah di Aceh.

Dari kesimpulan itu, saya mulai tertarik untuk dapat bekerja di BAZIS. Kebetulan saja tahun-tahun berikutnya terjadi transformasi BAZIS menjadi badan lain. Sekitat tahun 2002 saya mengikuti seminar yang menggagas BAZIS menjadi Baituzzakah. Tahun berikutnya BAZIS benar-benar berubah nama menjadi Baitulmal, atas kebijakan Pemerintah Aceh.

Saya sampaikan pada Juniazi, bahwa saya merasa cocok menjadi Humas Baitulmal, sebab ketika itu saya tidak menjabat lagi sebagai Direktur BQB. Kebetuan saja suatu waktu akhir 2003 saya berjumpa dengan senior Nurdin AR dalam sebuah talk show di Radio Baiturrahman. Ketika itu saya diajak bergabung dengan Baitulmal. “Insya Allah, bang,” saya katakan.

Jumpa berikutnya dengan Pak Nurdin saya diminta datang berkantor di Baitulmal Aceh, jalan Imam Bonjol 18 Banda Aceh (dekat Blang Padang). Saya menjabat sebagai Kabid Pengumpulan ZIS. Pada tahun itu juga (2004) saya dikirim magang dan pelatihan manajemen ZIS di IMZ dan Dompet Dhuafa Jakarta.

Sejak itulah konsentrasi saya full bekerja dan belajar filantropi Islam (ZISWAF). Sejak 2004 hingga sekarang saya merasa bahagia menekuni dunia filantropi dengan segala dinamika, pengalaman dan pembelajaran di Baitul Mal Aceh. Sejak 2018 pula, saya mendapat amanah tambahan sebagai Humas BWI (Badan Wakaf Indonesia) Aceh, yang membuat saya lebih serius lagi belajar tentang filantropi Islam.

Satu yang sangat saya senangi adalah mengoleksi bayak buku tentang filantropi Islam (ZISWAF), mengikuti berbagai informasi dan perubahan terkait fikih, regulasi dan manajemen ZISWAF. Bahagia juga bila dapat berbagi pengalaman di bidang yang masih kurang SDM dan peminat ini.

Semoga pembelajaran ini menjadi inspirasi bagi kaum muda Aceh yang berminat memajukan Aceh melalui jalur keadilan sosial.

Follow me @sayedhusen

Sort:  

Welcome to the platform. Nice to meet you as well. We happy to have you here!

I am very happy with your presence in Steemit. I wish you the best! Hope you gonna have fun with our community and see you soon.

Here are link you might find useful:

http://www.steemapps.info/

This blog is a list of the best web apps interconnected to Steem Blockchain. Moreover, any useful feedback on our blog would get back a shared reward. (COMING SOON)


Kind Regards,
@lytieulong

Puedes conseguir muchos amigos que te sigan en nuestro chat de discord https://discord.gg/6db7y

selamat datang, semoga betah hehe

Waalaikumsalam, selamat datang

Selamat datang di Steemit, Pak. Steemit bisa jadi salah satu ruang untuk kampanye zis... Dengan kehadiran Bapak semakin mengayakan konten di media ini.

Waalaikumussalam Pak Sayed, selamat datang di lautan Steemit. Senang bertemu Bapak di sini. Saya Aini dari Nasyiatul Aisyiyah. Postingan ini akan Aini resteem. Semoga berkenan.

Salam kenal pak, semoga kita sama2 sukses! Amin....

Assalamualaikum kanda, selamat bergabung...ditunggu selalu karya2 tulisan nya kanda @sayedhusen

Selamat bergabung Pak @sayedhusen. Saya senang Pak Sayed bergabung di sini. Dengan demikian semakin terbukti bahwa di Aceh ramai kaum ratih (rambut putih) yang bergiat di Steemit.

semoga bermanfaat

Selamat bergabung. Sama-sama pemula harus saling terhubung..hehehe

semoga tambah sering nulis

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 69995.16
ETH 3735.97
USDT 1.00
SBD 3.74