Menonton tak Hanya Haru dan 'Biru'

in #film5 years ago

image

Ada banyak instrumen pembelajaran yang mampu menjadi wadah dalam mengisi pengetahuan. Selain yang paling formal, amsal buku, film juga merupakan pilihan yang tak kaku untuk meraih itu. Bahkan film, selain mendapatkan pengetahuan, tak jarang terselip imajinasi, drama, humor, dan segala yang tak ada di wadah lainnya.

Saya terbilang bukan maniak film. Seingat saya, hanya beberapa film hits yang pernah saya nonton. Seorang penyuka film, belum tinggi maqamnya bila ia hanya menyukai film bergenre action semata. Begitu, kata teman saya, Khalil suatu waktu.

Seingat saya, hanya ada satu film yang paling saya nanti, yaitu Sherlock Holmes series. Selain itu, ada. Tapi terbatas. Sebut saja 3 Idiot atau film yang dimainkan Amir Khan. Di antara banyak teman yang suka menghabiskan waktunya dengan film, atau game. Sesuatu yang sangat membuat saya iri, saya justru belum bisa seperti mereka.

image

Semalam, saat menginap di kos sahabat karib, saya menyaksikan ia sedang menonton film via laptopnya. Dari penuturannya, ia menonton film lama yang kebetulan belum dihapus. Dari situ saya tahu, bahwa selain belajar, film nyatanya juga pilihan 'yang ada' untuk mewadahi kesuntukan. Apalagi saat kuota internet di smartphone sama sekali nihil.

Lantas saya dengan iseng membidik beberapa gaya sahabat saya menonton. Maksud hati, membuat foto story seminimalis mungkin. Sayang, hasilnya ala kadar. Smartphone saya terbilang amat biasa saja. Mungkin tak salah smartphone semata, tapi kebelum-mahiran diri dalam membidik gambar.

Bila setiap lembar buku memuat pelajaran, maka setiap percakapan atau gerak dari film, bahkan permenitnya, sangat boleh jadi adalah sebentuk pengetahuan. Jadi, menonton lah. Karena menonton tak hanya soal yang harus dan 'biru', namun juga soal kemauan belajar dari medium lain, apalagi baru. Katanya, seni yang paling lengkap adalah perfilman.

image

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 63799.64
ETH 3130.40
USDT 1.00
SBD 3.97