Kuliner Semarang : Soto Ayam Pak Kadir Gajah

in #food6 years ago


Kuliner Semarang : Soto Ayam Pak Kadir Gajah



Hai-hai para pecinta kuliner Indonesia, tak terasa sudah Hampir mendekati hari Raya Idul Fitri ya guys. Bagi para pemudik semoga dilancarkan dan pastikan keselamatan kalian, karena keluarga sudah menunggu dirumah ya. Oke dalam kesempatan kali ini aku akan berbagi informasi mengenai Kuliner Semarang : Soto Ayam Pak Kadir Gajah. Setelah pada kesempatan sebelumnya aku telah membahas mengenai Kuliner Jogjakarta : Soto Bathok Mbah Karto Suasana Dan Rasa Nikmatnya.

Pasti kalian bertanya-tanya kenapa soto lagi soto lagi, jadi ceritanya begini, pada seuatu ketika. halah, jadi saya sendiri merupakan salah satu yang memiliki ketertarikan pada makanan ini. Selain kuah yang membuat badan terasa segar insian dan lauk pelengkapnya merupakan salah satu yang akan menarik perhatian siapapun yang mampir ke sebuah warung toko. Padahal waktu kecil aku memiliki sedikit pengalaman yang membuatku tidak suka bahkan benci terhadap makanan tersebut. Jadi memang benar kata orang, jangan terlalu membenci nanti akhirnya benar-benar cinta eyah, waktu kecil tepatnya waktu smp aku tidak suka dengan soto ini dari mulai soto ayam, soto daging yang mahal maupun yang murah itu menurutku sama saja tidak enak.

Soto Ayam Pak Kadir Gajah - Semarang

Karena pernah pada suatu saat aku berkunjung ke tempat saudara dan di belikan satu mangkok soto akan tetapi waktu itu mungkin penjual sudah menuangkan kecap. Kacaunya lagi kecap yang aku tuangkan ke dalam mangkok tersebut kebanyakan yang pastinya membuat kuah soto berwarna sangat coklat kehitaman seperti minuman bersoda dan bisa dibayangkan rasanya bukan gilanya lagi saya mencoba menghabiskannya guys. Mulai dari situlah aku tidak suka dengan soto hingga masa SMA.

Sudah ya ceritanya nanti aku gak cerita soal soto ayam pak kadir. Jadi soto ayam pak kadir ini berada cukup dekat dengan daerah kota Semarang, tepatnya di dekat pom bensin gajah daerah Jl. Gajah semarang. Soto pak kadir beroperasi pada 2 waktu yaitu di pagi hari dan malam hari, saat itu aku kesana kurang lebih pukul 18.30 karena memang menuju soto tersebut untuk buka puasa. Untuk porsi sendiri sebenarnya soto ayam pak kadir menyiapkan 2 varian porsi yaitu 1 porsi yang menggunakan mangkok besar seperti mangkok mie ayam dan 1/2 porsi dengan mangkok kecil seperti soto-soto biasanya.

Sate di soto ayam pak kadir gajah - semarang

Kalau aku sendiri memilih untuk memakan 1/2 porsi 2 kali, karena menurutku dengan mangkuk kecil menjaga kuah soto tersebut tetap hangat meskipun sudah dibumbui dengan sambal, jeruk dan kecap serta kuah sate. Untuk varian lauknya juga bermacam-macam mulai dari sate ayam, sate usus, sate telur puyuh serta sate jeroan bahkan ada juga gorengan seperti tempe goreng dan perkedel kentang yang mantap pastinya.

Terkadang ada juga potongan kepala, sayap, kerupuk serta kripik yang disajikan untuk menemani pembeli menyantap soto. Untuk varian minum hampi sama dengan penjual soto-soto lain yaitu es teh, es jeruk, teh hangat maupun jeruk hangat. Meskipun merupakan warung pinggir jalan akan tetapi rasa soto serta hangat kuah sotonya cukup untuk membuat menggoyangkan lidah. Dalam segi harga juga tidak mahal yaitu 8.000 untuk mangkok ukuran besar dan 5.000 untuk mangkok ukuran kecil. Untuk harga lauknya yaitu 3.000 rupiah untuk semua sate, untuk gorengan sendiri berkisar antara 1.000 - 2.000 rupiah dan untuk harga minuman berkisar antara 2.000 - 3.000 rupiah.

kuliner Semarang - Soto ayam pak kadir gajah

Bagi yang ingin mencoba merasan soto ini bisa langsung menuju TKP ya, tapi saran saya jangan terlalu malam karena biasanya lauknya sudah tidak komplit lagi. Jadi disarankan datang pukul 18.00 atau lebih sedikit dari jam tersebut. Pak Kadir sendiri biasanya berjualan ditemani oleh istri dan anak perempuannya yang membantuk mengantarkan pesanan pembeli. Jadi bagaimana sudah siap untuk mencoba soto pak Kadir?.




Posted from my blog with SteemPress : http://agungpriambodo.com/kuliner-semarang-soto-ayam-pak-kadir-gajah/

Sort:  

Go here https://steemit.com/@a-a-a to get your post resteemed to over 72,000 followers.

you have a great blog

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60837.81
ETH 2874.77
USDT 1.00
SBD 3.62