Makanan Tradisional Khas Pulau Jawa

in #food6 years ago (edited)

Hello teman" steemit , postingan kali ini saya akan memperkenalkan salah satu makanan tradisional yang sudah saya kenal sejak saya kecil. Kira" apa hayo ?? hahahaha ..


IMG_5089.JPG

BOTOK


Yak ini dia , orang" sering menyebut nama makanan ini dengan "Botok". Botok sendiri merupakan makanan khas dari pulau Jawa , makanan ini banyak sekali dijumpai dipasar" di kota saya Semarang. Makanan ini terbuat dari parutan kelapa yang dibumbui dengan garam, cabai, merica serta daun salam yang kemudian di bungkus dengan daun pisang dan dikukus dalam uap panas, namun biasanya Botok tidak hanya terdiri dari parutan kelapa tapi juga dicampur oleh mlanding ( petai cina berukuran kecil ), ikan teri, tempe, tahu. Ada juga yang menggunakan telor atau udang sebagai campurannya.
Saya sudah mengenal makanan ini sejak saya kecil, jadi kenapa saya menyebutnya sebagai makanan tradisional karena sudah cukup lama juga makanan ini ada. Makanan ini cukup " nglawuhi " klo orang Jawa bilang, yang artinya sangat enak dijadikan sebagai lauk apalagi disandingkan dengan nasi putih yang baru masak. Untuk rasa saya tidak bisa menjelaskannya secara detail yang pasti rasanya gurih pedas. Namun untuk pedasnya tidak selalu, tergantung komposisi cabe yang dipakai. Ibu saya sudah sejak lama sangat menyukai makanan ini hingga saat ini, namun saya belum pernah melihat dan merasakan Botok masakan ibu saya sendiri. Mungkin karena dia tidak bisa memasaknya, padahal ibu saya cukup handal dalam memasak.
Saya terinspirasi memperkenalkan makanan ini kepada teman" steemit sekalian terlintas begitu saja karena hari ini saya dibekali oleh ibu saya dengan Botok dan dibawakan krupuk serta tahu bacem. Rasanya sungguh nikmat sekali, karena selain rasa makanan itu sendiri saya juga tidak perlu keluar kantor panas"an untuk membeli makan dan pastinya menghemat pengeluaran saya.


IMG_5090.JPG


Kiranya itu saja yang ingin saya perkenalkan kepada teman" stemians sekalian. Tetap tunggu cerita" menarik dari saya ya dan jangan bosan untuk membaca cerita saya. Oya abaikan warna tempat bekal saya ya , itu punya kakak perempuan saya kok jangan berpikiran ya enggak" , wkwkwkwk ..
Dan saya sampaikan salam juga buat teman" steemit yang juga bekalovers di kantornya masing" , see you next post :)

Sort:  

Kalau di sini namanya pelas

Didaerah mana klo boleh tau @imammugi ?? ternyata sebutannya beda" ya , jangan" cuma di Semarang yang nyebut Botok , hahahaha

wenak kui mas
aku yo seneng, opo meneh botok teri. ntaps banget

wkwkwkwkwk mantap soul :D

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 66256.11
ETH 3036.39
USDT 1.00
SBD 3.73