Sarapan Anak Kos 🍴Breakfast D'Kos

in #food6 years ago (edited)

Menu "Kerang air tawar"

imageMasakan Ala Kos

Hai steemians, apakah anda dalam keadaan sehat, Mudah-mudahan selalu sehat wa'afiat, Amin...

Salam Komunitas Steemit @ksi dan @nsc

Pada hari libur saya dirumah sendiri dan tidak kemana-mana. Kebiasaan sering mikir, masak apa ya hari ini.

Kepasar tanpa memikirkan menu masak apa untuk siang ini. Namun ketika sampai dipasar, saya melihat kerang dan terbayang di benak saya jika masakan macam-macam takut tidak termakan karena sendirian, ya beli saya nanti sampai rumah pasti tau masak apa hati berbicara.

Sampai rumah teringat, jika saya buat goreng menggunakan tepung enak mungkin ya dan buat asam sunti kemudian tambah sayur bening whah mantap itu selera saya.

langsung saya buatkan sesuai apa yang saya pikirkan tadi. Siap selesai masak, saya berfikir jika saya bagi cara buat kawan steemians siap tau lagi ke pengen.

Nah, Kali ini saya ingin berbagi cara mengolah kerang air tawar menjadikan makan ringan dan sehat untuk dikonsumsi siapa saja.

Mengambil daging dari kulit kerang

image

Cara yang mudah menurut saya untuk mengambil daging kerang yaitu siapkan banci atau kuali masukan kerang air tawar serta air bersih setingkat dengan kerang dalam kuali, kemudian masak dan didihkah sampai kerang terbuka. Angkat dan buang air panas tersebut ganti dengan air bersih lainnya. Dibagian kerang ada kotoran kerang, bersihkan dan buang kotoran tersebut cuci hingga bersih. Biar seperti dibawah ini
image

Niat orang yang suka kerang, mau dibuat apa aja enak dan lezat kelihatannya beda dengan orang yang tidak suka.
Disini saya akan mengolah kerang menjadi dua bahan masakan.

  1. Kerang Goreng
  2. Kerang Asam sunti

Persiapan bumbu

Sebelum saya bagi dua, kerang ini saya kasih garam dan jeruk nipis sedikit biar hilang bau amisnya.

Kerang goreng
image

Kerang yang sudah bersih saya tusuk menggunakan Lidi yang sudah bersih, sekira 3-4 Cm.

image

Masukan tepung sajiku, aduk hingga rata kemudian goreng pada minyak yang sudah dipanaskan.

image

Jika warna kerang goreng sudah kuning dan matang angkat, sajika ketempatnya.

image

Satu bagian sudah siap di sajikan tinggal katu bagian lagi. Nah, bagian ini berbeda prosehnya karena dan dapat anda lihat dibawah ini.

Kerang Asam Sunti

Goreng langsung bagian daging kerang pada minyak yang sudah panas, sambil menunggu masak siapkan bubu seperti:

  • 1 seung bawang merah
  • 10 buah cabe rawit
  • Asam sunti satu gempal
  • kunyit 1/2 cm (kira-dapat mewarnai sedikit asam sunti)
  • garam
  • 1 sendok teh gula pasir.

Semua bahan di haluskan kecuali bawang dan gula pasir.

Kerang yang digoreng di angkat dulu.
Tambahkan terong pipit jika anda suka, prosehnya juga goreng terlebih dahulu.

image

Kemudian tumisan bawang dan masukan bahan yang telah di haluskan ke minyak yang panas.

image

Kira-kira Asam sunti sudah matang, ambil kerang dan terong pipit tambahkan ke Asam sunti tadi dengan kelin api sedikit dan aduk hingga rata.

image

Kerang asam sunti siap disajikan.

perlu di perhatikan

Daging Kerang air tawar menurut beberapa situs website banyak juga manfaatnya, seperti:

  • Mencegah Osteroporosis
  • Menjaga Kesehatan Kulit
  • Sumber Protein
  • Meningkatkan Kesehatan Jantung
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  • Mencegah Terjadinya Infeksi

inilah sarapan Ala Kos yang serba mudah saya juga sangat menyukai masakan saya jika menggunakan Asam sunti.

imageMasakan Ala Kos

Terima kasih dan salam hormat @nurm

Sort:  

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by nurm from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.031
BTC 62177.56
ETH 2918.14
USDT 1.00
SBD 3.66