AWUG KETAN makanan kesukaan keluargaku

in #food6 years ago

Halo semuanya!!!
Semoga selalu diberi kesehatan ya...
Biar kita semua bisa ngerasain makanan atau minuman yang enak-enak.. aamiin.

Oke nih, bicara mengenai makanan enak yaaa... Saya punya nih makanan tapi entah khas mana ya,,, yang jelas makanan yang satu ini selalu dibawa oleh kerabatku dari Jawa Tengah kalau dia berkunjung ke Bandung namanya "AWUG KETAN"

image

Nah kebetulan,,, dari sesudah Lebaran kemarin sampai sekarang aku lagi dirumah kerabatku itu di JAWA TENGAH ya biasalah acara silahturahmi,,,
Kelamaan kayaknya tinggal disini.. 😂😂😂
kalau udah kerasan tinggal disini Males balik Bandung saya.hihihi...
Ibunya mau bikin AWUG ketan tersebut untuk dijadikan buah tangan karna ayahnya mau pergi ke Bandung kerumah anak yang lainnya.

Saya hampir lupa, tidak mengambil foto dari bahan-bahan pembuatan makanan tersebut, namun...
Alhamdulillah masih sempat mengambil foto untuk bahan menulis ♨,,, lumayaaaannnn ada sisa sedikit bahan yang belum dimasak, so... Jepret.📱📱📱aja

Yuk mulai aja yach.. saya menulis tentang cara membuat Awug ketan...
Bahannya:
-Daun pisang secukupnya
-Tepung ketan putih 1kg(kalau mau bikin sedikit tinggal kurangin saja ya bahannya)
-Gula pasir 3/4kg atau sesuai selera aja(kalau saya sich suka manis)
-kelapa 2butir diparut yaaa...
-pewarna makanan(bebas mau warna apa juga... Namun saya kasih saran untuk pake warna Pink katanya sich WARNA ROMANTIS... hhihihi...
Biar enak jadinya coz pake Cinta bikinnya... 😄😄😄😄
Cara buatnya mudah aja ko...
_panaskan terdahulu panci / wadah untuk kukusan.. Mau di kompor boleh,,, kalau kerabatku pilihnya di tungku kayu, biar irit katanya sama lebih tanak gt...
Sampai terdengar bunyi air mendidih ya... Kalau bahasa sundanya mah Saheng😂😂😂

_sambil menunggu panas tuch, satuin aja tepung ketan, gula pasir+kelapa patutnya, jangan pake air yaaaa emak" , abang" ... Cukup basah dari air kelapanya aja.... Hingga merata ya..
_kalau sudah merata tinggal pisahin jadi 2 wadah, yang 1 diberi pewarna makanan ya, aduk hingga merata.
imagel
_gunting daun seperti wadah yang mau dipakai kukusan.
_tinggal kukus dech sampai matang...
image

_kalau sudah matang, lalu di angkat dan didinginkan dulu ya... Tapi jangan langsung dimakan entar malah bertamu ke Rumah sakit lagi.. hihihi


Dan taraam.... !!!
AWUG KETAN nya udah jadi hehehe...


Hmmmm... enak banget temen-temen, yuk dicobain ya...

image
Saya jadi model dulu nggak apa-apa dong... Hihi... Fokus sama awugnya aja yaaa.... 😃

Ya cukup segitu dulu dech tulisan dari saya...
Semoga bermanfaat menjadi menu makanan ringan dan bisa jadi buah tangan untuk sanak saudara...

Terima kasiiiih...

Sort:  

Nice sharing Dear...I followed and up votes you. please followback @huanmv

thank you so much, have a nice day sist.

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 65999.51
ETH 3019.75
USDT 1.00
SBD 3.71