#SEBUAH LANGKAH DAN HARAPAN

in #garuda5 years ago

Salam sehat bahagia teman-teman.
Semoga kebaikan menyertai dan terus bersemangat.

Tangan ini masih menulis dan berlatih meski belum bisa aktif lagi di platform keren ini. Kegiatan di komunitas menulis membuat jadwal odop tertunda setengah tahun. Wah, lama juga, ya?

Lewat wall Fb yang bernama Naimnabilkembar, beberapa event dirangkum dalam grup Fb juga. Salah satu event yang berdurasi lama dan baru pertama kali saya ikuti adalah 30DNS (Days Novel Sprint), sebuah tantangan menulis selama 30 hari dengan tata tertib yang berlaku.

Seleksi pertama membuat sinopsis dan outline. Tahap kedua menulis novel dalam 30 hari. Dari sekian puluh peserta diambil 16 orang. Ditengah jalan beberapa berguguran hingga tinggal 9 peserta yang menyelesaikan tantangan. Event ini diselenggarakan tim penerbit indie @Elfamediatama.

Alhamdulillah, meski saat itu dukungan moral yang tidak begitu kuat yang rada down (ada teman dekat penulis yang pamitan tidak aktif juga tugas negara di rumah yang terus bergulir), saya tetap bertekad untuk menyelesaikan.

20190622_221112.png

Pict : Geogle

Begadang tiap malam hingga larut bahkan sampai menjelang subuh. Atau menulis di ponsel saat memasak dan menemani si kembar bermain saya lakukan. Rasanya ada dorongan kuat untuk terus menulis.

Tidak lupa dalam rangka menambah isi cerita bernyawa, saya mencari data lewat beberapa teman yang pernah mondok di pesantren. Mengingat setting berlatar pesantren. Mendengar dan mengamati cerita anak-anak saya yang menuntut ilmu di pondok juga. Pengalaman pribadi yang mendukung saya masukkan ke cerita.

20190401_102606_0001.png

Pict : Geogle

Tema yang berangkat dari sebuah kisah nyata ini berkembang sesuai genre yang saya pilih, romance religi. Seorang teman peserta tampak penasaran dam bertanya, apa kah, saya pernah belajar di pondok.

Proses penulisan yang waktunya ditentukan ini membuat ngos-ngosan juga. Berkejaran dengan waktu, ide, dan dunia nyata. Bersyukur tidak sampai migrain atau sejenisnya. Kalau proses yang satu ini, pernah dan sering mengalami, yakni macet ketika separoh naskah diketik. Nyaris setor di zona tidak aman alias deadhline karena berbagai urusan hingga belum sempat pegang Hp.

Rasa lelah, keringat, tenaga, dan pikiran yang tercurah membuahkan hasil. Tulisan saya yang berjudul CALON NYAI berhasil terpilih duduk di posisi ke-3. Senang, kah? Tentu saja lah. Ucap syukur atas berkah itu. Penulis pemula dengan modal niat dan kemauan pas-pasan mendapat rezeki yang tidak diduga. Berhasil menuntaskan tantangan saja sudah luat biasa rasanya.

20190621_064215.png

Sebuah kesimpulan, ternyata saya bisa merampungkan tulisan, berupa novel dalam satu bulan. Bukan tidak mungkin, saya juga bisa menakhlukkan meski tanpa sebuah event. Begitu doanya. Kalau menunggu waktu luang jelas tidak ada yang luang.

Reward dari penerbit bikin hati melonjak yaitu gratis terbit novel dan royalti yang sudah disepakati. Disela-sela itu saya mulai promo ke teman dan saudara. Sampai saat ini sudah ada beberapa orang yang memesan. Berita terakhir dari penerbit novel saya bisa masuk pesantren dan ada yang siap memasarkan. Wah, ‘sesuatu’ rasanya kalau mendengar yang seperti ini.

Harapan ke depan bisa eksis lagi bikin tulisan di sini. Entau berbentuk karya sastra, cerpen atau puisi juga kisa-kisah yang menginspirasi.
Terima kasih dan terus berkarya. 😊😊


Sort:  

Calon novelis, nih,,,,Bu Wahyu, amin.

Aamiin. Terima kasih doanya Kak.
Gimana kabarnya?

Posted using Partiko Android

Aamiin. Terima kasih doanya Kak.
Gimana kabarnya?

Posted using Partiko Android

Aamiin. Terima kasih doanya Kak.
Gimana kabarnya?

Posted using Partiko Android

Sae alhamdulillah, sa`konduripun ? mugi sae njih, mat gabung lagi Bu ? lama nian nih alpa.

Sepertinya novel Ibu nyinggung kehidupan saya, karna saya juga dapat putri keyai, sedang saya adalah pelajar.......baru baca judul sudah nebak...

Alhamdulillah....barokallah

Posted using Partiko Android

Order bisa Bu ? tp gratis...

Itu mah bukan order kak😊

Posted using Partiko Android

Congratulations @wahyulestari08! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 1 year!

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking

Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.13
JST 0.033
BTC 63035.00
ETH 3022.97
USDT 1.00
SBD 3.82