Penasaran dengan Passion-mu? Ayo Ikuti Kuis Ini

in #garudakita6 years ago

Good day, good people

Setelah sekian lama bersemadi, saya pun kembali. Pada tulisan kali ini, saya ingin membagikan sebuah kuis yang mungkin akan berfaedah bagi para steemian untuk dijadikan acuan dalam menemukan passion mereka masing-masing.

Passion atau renjana tidak sama dengan hobi atau mimpi. Passion memiliki makna tersendiri. Pada sebuah penelitian di Harvard disebutkan bahwa passion merupakan hasrat atau antusiasme yang kuat terhadap sesuatu, sebuah pengejaran yang giat demi mencapai suatu tujuan. Sekilas passion tampak mirip dengan obsesi namun pada nada yang lebih positif. Letak perbedaan antara keduanya sangat tipis, hanya sebatas pengontrolan diri.

Passion sendiri kerap dijadikan acuan kebahagiaan. Seorang penulis di Hongkiat, Singyin Lee, menjelaskan bahwa ketika seseorang sangat senang melakukan sesuatu, hingga gairah itu melekat di jiwa dan raganya, maka itu merupakan pertanda bahwa ia telah menemukan renjananya.

Dari segala deskripsi mengenai renjana di atas, sebuah masalah lain muncul. Masalahnya adalah tidak semua orang dengan mudah mampu untuk menemukan passion-nya masing-masing. Oleh karena itu, melalui pertanyaan-pertanyaan tes yang menggunakan acuan dari duo penulis, Janet Bray Attwood dan Chris Attwood, dalam buku mereka berjudul The Passion Test: The Effortless Path to Discovering Your Life Purpose, diharapkan setiap orang dapat terbantu untuk menemukan renjananya masing-masing. Nah, mari kita mulai kuisnya.


Quiz
~Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan spontan tanpa berpikir~
(siapkan pula alat tulis dan catat jawabanmu di selembar kertas, notepad boleh juga)

1). Saat kecil saya bermimpi menjadi ...

2). Saya tidak akan melewatkan buku atau film tentang ...

3). Jika saya memiliki waktu kosong untuk melakukan hal apa pun, maka saya akan menghabiskan waktu untuk ...

4). Banyak orang tidak tahu bahwa sebenarnya saya sangat suka (melakukan) ...

5). Saya tak mampu menolak ketika teman saya meminta bantuan untuk ...

6). Jika saya berkesempatan untuk membuat sebuah program TV, maka itu tentang ...

7). Jika saya membuat hadiah dari kreasi saya sendiri (hand made gift), maka hadiah itu berupa ...

8). Saya hanya pernah melakukan satu-dua kali hal ini, tapi saya sangat menikmati ...

9). Prestasi/pencapaian yang paling sering/mudah saya peroleh berupa ...

10). Jika saya keluar sebagai juara pertama sebuah ajang pencarian bakat, maka bakat itu berupa ...

Nah, silakan jawab dan catat jawabanmu di selebar kertas/buku/catatan digital. Setelah itu, tuliskan pula 10 potensi (boleh berupa skill, bakat atau sifat) terbaik yang kamu miliki. Lalu coba analisa dan koneksikan kesemua jawaban tersebut untuk menjawab pertanyaan penting terakhir di bawah ini.


Bagaimana caranya saya bisa bertahan hidup dengan passion yang saya miliki?
Bagaimana caranya saya dapat menggunakan passion tersebut untuk membuat diri saya dan dunia ini menjadi lebih baik?

Demikianlah sekilas kuis tentang passion (renjana) yang dapat kamu ikuti. Selamat bersenang-senang. Oh ya, untuk meramaikan, bagikan jawaban quiz atau passionmu yang sudah ketahuan di kolom komentar ya. Terima kasih sudah meluangkan waktu.


For the @betterperson
See you next time~

Sort:  

alhamdulillah aku sudah menemukan renjanaku, tak perlu mreaba-raba lagi, tinggal diasah saja supaya makin tajam dan bermanfaat bagi orang lain...thanks Ayu sudah mengingatkan lagi melalui tulisan ini.

Sama-sama, Kak.
Terima kasih kembali telah meluangkan waktu untuk bertandang di mari.

Congratulations @betterperson! You received a personal award!

1 Year on Steemit

Click here to view your Board

Support SteemitBoard's project! Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @betterperson! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 2 years!

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking

Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.12
JST 0.031
BTC 61757.83
ETH 2905.75
USDT 1.00
SBD 3.62