5 Tips Hidup Sehat Agar Selalu Bahagia dan Jauh dari Penyakit

in #healthyblogger5 years ago



Penting enggak sih hidup sehat itu? Jawabannya adalah penting banget. Karena dengan menerapkan pola hidup sehat kita telah menginvestasikan tubuh kita agar tetap bugar dan jauh dari berbagai penyakit.

Jujur, dalam penerapannya, saya masih sering melanggar teori-teori hidup sehat yang saya pelajari di bangku kuliah. Terkadang apa yang saya sosialisasikan ke masyarakat atau ke pasien belum tentu saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari saya. Namun, meskipun demikian saya tetap berusaha untuk menjalani hidup yang sehat.

Lantas bagaimanakah pola hidup sehat yang saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Berikut adalah 5 Tips Hidup Sehat ala SAYA agar jauh dari penyakit

1. Konsumsi makanan bergizi


Bagaimanakah makanan bergizi itu? Makanan yang bergizi adalah yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin secara seimbang. Terus dalam mengonsumsi makanan, janganlah berlebihan. Ingat, makanlah sebelum lapar, dan berhenti sebelum kenyang

2. Cek Kondisi Kesehatan Secara Rutin


Nah, untuk memastikan diri tetap sehat, kita harus memeriksa kondisi tubuh kita secara rutin dan teratur. Enggak perlu jauh-jauh ke rumah sakit, di Puskesmas juga bisa. Pemeriksaannya yang standar saja seperti mengukur berat badan, periksa tekanan darah. Kalau ada keluhan, kita juga bisa memeriksa kadar gula darah, kolestrol, dan asam urat.

3. Hindari asap rokok


Bisa dikatakan, saya termasuk orang yang langsung bermuka masam kalau ada yang merokok dekat dengan saya. Dan langsung saya menegur untuk segera mematikan rokoknya. Perokok pasif itu lebih berbahaya dari perokok aktif. Dan, saya juga memiliki alergi asap. Bisa-bisa kumat alergi saya kalau ada asap

4. Rutin melakukan aktifitas fisik


Kadang, kita sering berdalih kalau kita enggak sanggup atau enggak sempat berolah raga. Padahal, aktivitas fisik itu enggak mesti melakukan olah raga, tapi bisa juga dengan melakukan aktivitas sehari-hari seperti menyapu, ngepel, dan aktivitas lainnya yang menggerakkan anggota tubuh. Tidak perlu lama-lama, 30 menit sehari sudah cukup dan harus rutin dilakukan.

5. Kelola Stress


Nah, kesehatan mental juga memiliki peran andil dalam mewujudkan pola hidup sehat. Oleh karena itu, kita harus mampu mengelola stress dengan selalu berpikir positif. Jika ada masalah, jangan dipendam sendiri tapi ceritakan pada orang yang kita percayai dan bisa memberikan solusi.

Itu dia 5 tips hidup sehat ala saya. Bagaimana dengan teman-teman? Apa tips hidup sehat ala kamu?


Posted from my blog with SteemPress : http://liza-fathia.com/tips-hidup-sehat/

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 66304.34
ETH 2983.64
USDT 1.00
SBD 3.68