"Markdown Style: Review Your Favorite Place Week I - Community Center, Pamulang"

in Steem SEA โ€ข 3 years ago (edited)


Salam sTEeMiANs ๐ŸŒท ๐ŸŒผ ๐ŸŒž


Salah satu lokasi favorit yang paling asyik didatangi saat berolahraga pagi atau sore di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan adalah Community Center. Iya, cuma ada satu ini saja Community Center di Pamulang, terutama bagi warga Kecamatan Pamulang di Kelurahan Pamulang Barat dan Timur, Tangerang Selatan, Banten. Community Center yang diresmikan oleh Mantan Walikota Tangsel, Airin Rachmy Diany pada 23 Februari 2020 ini masih cukup terawat , bisa jadi karena pandemi merebak tepat setelah fasilitas publik ini dibuka untuk umum. Meski dibuka sepanjang hari, namun biasanya warga ramai mendatangi tempat ini di sore hari terutama saat akhir pekan.


Meski disebut Community Center atau Pusat Komunitas, tempat ini lebih tepat disebut Pusat Olahraga atau Sport Center. Tapi Pamulang punya banyak sekali sport center yang khusus untuk olahraga bulu tangkis, futsal dan basket. Lapangan Sepak Bola? selama saya tinggal di Pamulang sejak 2017, jarang benar bertemu lapangan sepak bola yang terawat seperti di Community Center ini. Menurut berita yang saya baca, Community Center ini adalah kompensasi bagi warga Pamulang yang kehilangan lapangan sepak bola karena lapangan itu dijadikan lokasi pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah. Kenapa kok lebih mirip Pusat Olahraga?. Memang Community Center ini diperuntukkan untuk kegiatan masyarakat khususnya Olah Raga. Ada 5 Lapangan Olahraga yang tersedia, namun nantinya juga akan dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat lainnya. Mari ikut saya jalan-jalan ke Community Center! boleh naik sepeda, boleh naik motor, tapi nanti parkir yang teratur dan saya rekomendasikan kita jalan kaki saja.

cicisaja-pink.png

Kita berada di Jalan Surya Kencana, Pamulang Barat. Mari menyeberang dan lihat kiri-kanan dulu. karena kita datangnya di pagi hari senin, kondisi jalanan tidak begitu ramai, tapi juga tidak memungkinkan kita main engklek di jalanan seperti pada hari Jum'at di Aceh.


Kita Foto dulu mumpung sepi, sebaiknya bawa kamera yang bagus biar puas! kalau ini sih cuma sekedar formalitas saja, fotografernya kurang serius, modelnya bergerak terus. Disarankan, kalau mau foto-foto saja, datanglah pada pagi hari saat masih sepi begini. Saya dan Maslakoe niatnya mau olahraga sambil ngecek lokasi saja, hehehehe.
Tidak ada penjaga dan tidak ada prosedur masuk seperti bayar iuran keamanan apalagi kebersihan. Portal yang setengah terbuka memudahkan kita masuk dan langsung mencari tempat untuk berolahraga yang kita inginkan. Saya ajak anda ke sebelah kanan dari pintu masuk, ada alat olahraga untuk mengayuh, berlari dan berayun.

20201002_054756.jpg
ini fasilitas pertama yang bisa kita nikmati, termasuk dinding panjat yang memenuhi standar, karena pernah digunakan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia alias FPTI untuk menggelar kompetisi lokal, 90o tanpa overhang atau jalur lintasan pemanjatan pada posisi pemanjat seperti bergantung. Jalur pada dinding ini sepertinya lebih diutamakan untuk speed climbing, maka rata sampai puncak. Dinding keren ini bisa berfungsi untuk bouldering ke samping, banyak pegangan besar (hand hold)dan cukup bersahabat bagi anak-anak juga. Kalau menurut saya niyh, paling asyik kita rapelling (turun pake tali bisa sambil nendang dinding, bisa meluncur saja seperti tentara turun tali dari helikopter) manjatnya dari belakang dinding ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ . Eh tapi kalau mau manjat, bawa perlengkapan sendiri.



Ayo lah kita jalan lagi, eh tapi tunggu dulu. Saya lupa kasih tahu kalau kantinnya belum beroperasi, jadi minuman bawa sendiri ya ๐Ÿ˜… Ini adalah lapangan bola yang dianggap paling keren se-Pamulang. Pintu masuknya dikunci kalau dari luar sini, tetapi kita bisa masuk lewat gedung yang diperuntukkan untuk kantor, kantin, toilet dan ruang ganti



Fasilitas olahraga kedua. Ini lapangan bola standar, ukuran 90x60 meter, ada tribun untuk menonton yang bisa diisi sekitar 200 penonton saja (tanpa jaga jarak). Kalau pertandingan pagi, nontonnya nggak asyik dari dalam lapangan karena silau kena cahaya matahari sedangkan kalau sore adem. Jika yang main Timnas Garuda Nusantara, saya rela duduk dimana saja ๐Ÿ˜

Bila kita sudah melewati lapangan bola, berjalan terus ke arah kiri pintu masuk tadi, maka kita akan menemukan 2 jalur lintasan. Yang utama menurun seperti terowongan (asyik buat seluncuran kalau berani), sedangkan yang satunya mengarah ke jembatan yang ujungnya di tandon air sedalam 3 meter yang dikelilingi jogging trek. Sebelum sampai ke Jembatan, di sebelah kiri ada Theme Park atau arena bermain anak dan arena untuk olahraga Skate Board.


Awalnya untuk masuk ke playground, anak-anak tidak diizinkan mengenakan alas kaki, namun sekarang sudah bebas.

Saya belum pernah menjumpai remaja yang bermain skate board atau sepedaan disini, hanya anak-anak yang turun naik seluncuran dibawah pengawasan orang tua masing-masing.


Berdiri di Jembatan, kita bisa melihat secara keseluruhan Community Center, dan tampaklah Ampi Teater yang melengkapi sebuah sarana olahraga, dengan arena yang juga cocok nian untuk kegiatan seni yang tidak merepotkan saat hujan turun tiba-tiba. Tempat ini juga bisa dijadikan lokasi untuk senam bersama, flash mob atau latihan tungkai lari turun naik turun naik.

cc-open stage.jpg

Dari Jembatan pula kita bisa melihat Fasilitas Olahaga keempat yaitu Lapangan Basket yang kelihatan cantik, lantainya dicat dengan mural berwarna terang. Tapi bingung, nontonnya dari mana? kan tepi lapangannya sempit. apakah menonton dari jembatan? mana kelihatan siapa yang slam dunk and three point shooting. Akses ke Lapangan Basket dari gedung dibawahnya.

image.png

Turun dari Jembatan, kita bisa langsung mengitari tandon atau danau buatan yang juga sebagai penampung air sambil menikmati jogging trek yang tidak licin apalagi becek. Silakan kalau mau jogging atau foto-foto juga, Saya mau berjemur sebentar.

image.png
Meskipun didalam tandon ini ada ikannya, tapi kita nggak boleh dong mancing di situ๐Ÿ˜Š

Setelah lelah ๐Ÿƒ, jadi ingin nyari toilet pastinya? Ada 2 lokasi yang bisa kita datangi. Gedung dibawah Lapangan Basket atau Mushola dekat Lapangan Futsal yang berada dibagian paling belakang dari Community Center setelah gedung yang direncanakan jadi pusat kegiatan masyarakat disebelah Teater Terbuka.

image.png
Mushola yang asri dan enak dilihat, tidak ada aktifitas pengajian disini, tidak juga ada orang yang memanggil untuk adzan bila tiba saatnya shalat juga. Saya belum pernah menggunakan fasilitas toilet yang di Mushola karena lebih nyaman menerobos masuk ke Gedung Kantor saja ๐Ÿ˜‰

cicisaja-right-grey.png

Meskipun saya tidak pernah main futsal atau menemui anak-anak yang bermain futsal setiap kali ke sana, saya paling suka nih memutari lapangan melalui jalan setapaknya. Tidak ada pagar pengaman khusus yang membatasi lapangan ini dengan rumah penduduk sekitar. Kadang-kadang saya menjumpai Dinosaurus sedang tiduran.
๐Ÿ’“ ๐Ÿ’– ๐Ÿ’™ oohh.. maaf, saya keasyikan main sendiri ya? ๐Ÿ˜‚ hehehe, itu sebabnya saya selalu ada yang mengawal.

cicisaja-yellow.png


sumber tangsel.tv, video ini diambil beberapa hari setelah peresmian dan belum selengkap sekarang kondisinya

Hampir seluruh bagian dari Community Center sudah kita jelajahi. Tentu saja tidak akan kita temui kran atau air dan sabun untuk cuci tangan. Pernah ada tetapi tampaknya tidak berfungsi dengan baik sehingga diharapkan para pengunjung bawa cairan pembersih tangan sendiri. Lapangan parkir yang merangkap track untuk bersepeda, piknik, jogging tersedia ada disini. Tetapi bisa dipastikan tidak terlihat pada pagi hari kerja. Oh iya, saya belum pernah ke sini pada sore atau malam hari, jadi kurang tahu apakah pencahayaannya cukup baik untuk menepuk nyamuk ๐Ÿ˜ mungkin nanti kalau sudah tidak ada pandemi Covid-19 ada kompetisi sepak bola lokal yang berlangsung malam hari atau ada pertunjukan debus, saya akan datang.

Bagaimana kalau mau sarapan pagi setelah lelah berolahraga? itu sih perkara kecil kalau di Pamulang! keluar dari Community Center, kiri kanan, menyeberang sedikit, segala yang anda ingin makan ada. Nasi Uduk, Gorengan, Kopi, Teh, Jus, Kerupuk, Bubur Ayam, Bubur Bayi, Kupat, Lontong Padang, sampai sayur mayur juga ada tuh yang jual disekitaran situ. Saya pulang dulu yaa, cuma 2000 langkah saja sampai sudah. Oh iya, ada Angkot juga yang lewat di depan Community Center Pamulang, D14 jurusan Ciputat-Reni.


Bagaimana kalau kita hendak menyewa lapangan atau venue lain di sana? datang saja langsung ke kantornya yang dibawah lapangan๐Ÿ€ itu. Beberapa lapangan memang dikelola langsung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga KotaTangerang Selatan, tapi bisa dihubungi lewat pengelola tempat. Jujur saja, saya belum pernah bertemu pengelola, cuma ada satpam saja. Mungkin karena saya selalu datang terlalu pagi. Sampai Jumpa Lain kali!

cicisaja-right-green.png

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Kontes Markdown Style: Review Your Favorite Place Week I oleh @klen.civil. 25% payout untuk @steem.amal dan 25% payout untuk @steemseacurator.

emojikode
๐Ÿ‘‰& # 128073 ;
๐ŸŒท& # 127799 ;
๐ŸŒผ& # 127804 ;
๐ŸŒž& # 127774 ;
๐Ÿ˜„& # 128516 ;
๐Ÿ˜‰& # 128521 ;
๐Ÿƒ& # 127939 ;
๐Ÿ’“& # 128147 ;
๐Ÿ’–& # 128150 ;
๐Ÿ’™& # 128153 ;
๐Ÿ€& # 127936 ;

source

2zbs8km08v.gif

Berikut adalah Urutan Markdown Style yang saya gunakan dalam postingan ini berurutan berdasarkan paragraf


1. https://steemitimages.com/0x0 /link foto ๐Ÿ‘‰
mengecilkan ukuran pixel foto

2. < div class="text-justify" > text < /div > ๐Ÿ‘‰
bikin paragraf rata kiri kanan

3. < p > < br > < /p > ๐Ÿ‘‰
bikin spasi lebar 1-1,5

4. < div class = "pull-left" > +kode1 / foto < /div > text ๐Ÿ‘‰
tarik foto ke kiri

5. pasang kode 3
6. < div class = "pull-right" > +kode 1 / foto < /div > text ๐Ÿ‘‰
tarik foto kanan disertai dengan text, tricky karena kita harus menulis secukupnya

7. < hr > ๐Ÿ‘‰
bikin garis, biasanya saya pasang divider dan bila kebanyakan pake tanda kurung besar kecil, itu asteriks atau garis putus ngga mempan disini

8. < sub > < i > text ttg wall climbing < /i > < /sub > ๐Ÿ‘‰
ini bikin text kecil miring

9. < sup > o < /sup > ๐Ÿ‘‰
bikin derajat alias superscript

10. kalau mau pasang gif, ya edit dulu fotonya jadi gif. saya bikinnya di google photo, ambil animasi simpan unduh lalu unggah pasang kiri kanan pake kode 4 dan 6
11. kode 2 < div class = "phishy" > < b > text < /b > < /div > ๐Ÿ‘‰
bikin tulisan merah dan tebal sekaligus rata kiri kanan

12. pasang kode 2 dan gunakan kode 8 untuk menulis textnya
13. Nulis biar itu text nyatu dengan foto dan kalau perlu ngurung fotonya?
pakai kode 4 setelah foto dan bikin < /div > tambahkan < p >
begitu juga hal yang sama dengan foto kanan, pakai kode 6 tutup dengan < /div > < p > biar ada jeda paragraf pasang kode 3 lalu tutup dengan kode 7
14. ketinggalan hehehe < del > text < /del > ๐Ÿ‘‰ bikin tulisan coret/typo
15. < center > text < /center > bikin tulisan nengah campur sama kode 8
16. Jangan tanya gimana bikin paragraf tentang dinosaurus, 5 jam dia aja, utak atik aja kode no 13, karena saya masih penasaran pada kode tertentu yang belum saya kuasai.
17. Emoji yang saya pakai dalam tulisan ini lihat dalam daftar di atas, cara bikin tabel udah tahu kan? hehehehe... biar dihapal nggak tinggal copas buat yang belom Achievement 4 ini, hahahahahaha. cara paling gampang belajar MDS adalah dengan menghapal dan praktik berulang.

cicisaja-blue.png

OKMK, KB! jangan bilang sengaja nunggu deadline, anak muda sibuk sikit sekarang, makanya baru bikin buru-buru asaikana, wassalamu ๐Ÿ‰

Sort: ย 
ย 3 years agoย (edited)

Thank you atas partisipasinya kakak

;))

tempelkan link dibawah postingan kontes kami

ย 3 years agoย 

kaleuh hai... malas kali ngecek adek niy :P kami peserta terakhir

ย 3 years agoย 

Patut dan sangat cocok di teladani, terima kasih banyak saran dan petunjuk untuk kami ya kakak @cicisaja mudah mudahan sehat selalu ya kakak.

ย 3 years agoย 

aamiin, terima kasih bang buh @bustamam21.
kalau abang sempat buka postingan peserta lainnya, semuanya bagus2 benar dan sangat enak dibaca, semua ada kode yang lebih mudah disalin dan tempel juga. saya punya ini belum sempurna benar karena tidak mudah diamalkan..hahahha

ย 3 years agoย 

huehuehuehu, markdown campo html maknyos ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

aku gajadi ikutan kontes, buat resume ajalah nanti xixi

ย 3 years agoย 

sial aku.. gegara banyak pake html, mental-mental markdown, kek mana lah, nggak mempan markdown utk dapat layout cantek macam yg aku suka

ย 3 years agoย 

๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

kehapus satu tanda pusing nyari errornya dimana. enak pake notepad++ langsung ketahuan dimana salahnya

ย 3 years agoย (edited)

aku belum nyoba ngulik di notepad selama ini... kek nya itu ide bagus

ย 3 years agoย 

Lumayan pening setelah saya plototi setiap kode emoji dan Markdown style....๐Ÿ˜Ÿ

ย 3 years agoย (edited)

ambil yang paling mudah, tanya aja biar kukasih kode.. kee tinggal copy paste dan hilangkan spasinya.

ehh aku nonton bola dulu

ย 3 years agoย 

Hasil nonton bola tlng cerita di steemit ya...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

ย 3 years agoย 

aku cuma tengok Nadeo.. kek mana lah? dah ketinggalan 1

ย 3 years agoย 

Kak Cici, selamat ya kakak menang! Kakak emang pantas untuk menang. Soalnya gudang ilmu ada di kakak he..he..muda2han kedepannya saya bisa menang juga..๐Ÿ˜

ย 3 years agoย 

Aamiin, terima kasih @pinabuloh
Itu pulak untungnya umur akun Tua seperti aku, Kan.

ย 3 years agoย 

Bukan masalah akun tua saja kak @cicisaja walau tak bisa dipungkiri mungkin akun tua jadi salah satu pertimbangan kak Cici menang, tapi emang partisipasi kak Cici gak bisa dianggap sebelah mata mengingat kak Cici sudah dianggap guree yg selalu berbagi ilmu dan perhatian untuk stemian lain termasuk saya...

ย 3 years agoย 

Hahaha . Orang tu sengaja kasih menang aku duluan, biar nggak mengganggu peserta lain๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ aku usil kali soalnya

ย 3 years agoย 

๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ kak Cici benar! Eh..apa iya benar...๐Ÿค” iya kan ajalah...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

ย 3 years agoย 

Tapi ada satu yg mengganjal dihati saya kak Cini, muda2han ada pencerahan, dalam peraturan kontes katanya semakin banyak markdown yg digunakan semakin besar peluang menang. Kak Cici bisa cek markdown dipostingan saya, saya rasa lebih banyak dari peserta lain. Jadi saya rasa layak juga untuk mndapatkan hadiah walau hiburan. Tapi kalau saya salah dan terlalu kepedean, ma'aaf...๐Ÿ˜”

ย 3 years agoย (edited)

Kalau yang saya pahami, banyak kode tapi postingannya nggak indah dilihat, atau menarik dibaca, ya nggak asyik juga Kan?

Sudah baca tulisan kontestan lain yang terpilih jadi hiburan? Coba lihat yang juara 3๐Ÿ˜‰ simple saja, tapi enak dan indah dibaca.

Bila dikatakan yg paling banyak markdown yg menang, utk apa ada judul : review my favorite place? Belajar saja dari pengalaman minggu ini, minggu depan ikut lagi. Yg diperhatikan dlm kontes ini tampaknya "layout" atau tata letak dan gaya penyampaian, tata bahasa serta hal2 positif yg bisa diambil.

Tulisanku, informatif ttg sarana olahraga dan detail kecil olahraga
Juara 2, komunikatif dan beda meskipun bercerita ttg kebun sendiri, plus foto yang indah
Juara 3, foto indah, letaknya keren, menyorot abrasi pantai yg beremosi.

Beda Kan? Tapi it menurut penilaianku saja lhoo... Aku suka semua tulisan yg kubaca. Tulisanmu bagus, terlalu penuh jadi tata letaknya kurang rapi. Padahal bisa dibikin lebih efektif.

Jangan Patah semangat, nggak menang pun, jadi bisa nyusun tata letak tulisan jadi lbh indah Kan?

ย 3 years agoย 

Iya kak Cici terimakasih banyak..Saya tidak akan patah semangat, apalagi setelah dapat pencerahan dari kak Cici...Berkat ikut kontes ini saya memang udah pandai sekarang dalam menyusun tata letak tulisan dan gambar. Padahal sebelumnya nol banget ttg kode2 markdown. Siang malam saya pelajari terus sebelum ikut kontes sampek kerjaan rumah dan tidur terbengkalai he..he...karena awalnya memang nampak rumit dan mata berkunang-kunang setiap merhatiin kode2 itu, tapi semakin saya pelototin semakin mengalah itu kode dan semakin mudah...walau tak menangpun sebenarnya saya sudah senang krn telah menaklukkannya..

ย 3 years agoย 

siiippp... mantap, makin sering praktik makin lancar

ย 3 years agoย 

Thanks kk ilmunya, semoga dengan kk berbagi ilmunya, makin bertambah lagi ilmu yang kakak dapatkan.. Have you nice day..betul nggak ya..hehe

ย 3 years agoย 

hehe ..makasih bu @ellia ๐Ÿ˜‰ you have a wonderful weekend yaa

ย 3 years agoย 

izin resteem ya kanda

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60805.28
ETH 2912.27
USDT 1.00
SBD 3.59