Betterlife - Crafty Content : Cara Membuat Lesung Dari Kayu Jati

in Steem SEA3 years ago (edited)

Pada postingan Crafty Content kali ini saya akan membuat sebuah lesung kayu ukuran kecil yang terbuat dari kayu jati, seperti apa proses nya ,terus simak postingan ini hingga akhir, semoga kalian menyukainya.

29.jpg

Kali ini saya akan membuat sebuah lesung dari kayu sisa dan kebetulan jenis kayu yang saya pakai hari adalah kayu jati, kayu jati punya serat yang halus dan motif kayu yang bagus ketika dilakukan finishing jadi ini sangat tepat untuk dibuat sebuah karya dalam hal ini lesung kayu, satu lagi, kayu jati juga kuat jadi aman jika sering di tumbuk.

Saya menggunakan mesin bubut untuk membuat lesung tersebut dan mesin yang saya pakai disini cukup besar dan bertenaga jadi pengawalan dari para ahli diperlukan dalam menggunakan mesin ini. Alat yang saya gunakan seperti biasa yaitu satu set pahat yang khusus untuk mesin bubut jadi kita bisa membuat sesuai dengan keinginan.

1.jpg

Membelah kayu menjadi dua bagian

2.jpg

Kayu sudah dikunci pada masin bubut dan siap dikerjakan

3.jpg

Sekarang kita masuk ke proses pembuatan, karena kami pemula jadi kami menghabiskan waktu sekitar 3 jam dalam satu produk dan selama proses pembuatan kita di tuntut harus selalu fokus untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Pemilihan Bahan Kayu

Yang pertama kita pilih dulu kayu yang akan dipakai, disini kita bisa menggunakan kayu gelondongan dan apabila kayu tersebut belum berbentuk bulat maka harus kita bulatkan terlebih dahulu dengan mesin ketam, jika terlalu panjang maka dipotong terlebih dahulu agar mudah dalam pengerjaan, seperti yang saya lakukan , saya memotong kayu yang agak panjang menjadi dua bagian dan masing – masing bagian menjadi satu produk.

5.jpg

9.jpg

8.jpg

Pemotongan Kayu

Setelah kayu tersebut dipotong dan selanjutnya diletakkan pada mesin bubut, kita harus memastikan bahwa kayu yang diletakkan di mesin tersebut harus benar – benar kuat dengan cara menguncinya dengan alat yang alat yang sudah disediakan, setelah itu baru masuk proses pahat.

Proses Pahat

Proses pahat adalah proses dimana kita membentuk kayu yang bulat tadi menjadi sebuah produk yang kita inginkan, disini perlu ketelitian dan kelihaian tangan dalam memahat diperlukan tapi tenang, jadi takut , disini ada safety nya dan semakin sering kalian membuat sebuah produk maka semakin lihai dalam membuatnya.

Proses Finishing

Setelah produk tadi sudah jadi maka tahap selanjutnya adalah amplas agar serat kayu halus dan mudah ketika dilakukan finishing.

15.jpg

Sedang proses pengamplasan

17.jpg

Produk sudah jadi dan tinggal di finishing

16.jpg

Proses Finishing

Karena kayu yang saya pakai adalah jenis jati dan saya ingin warna original jati lebih tampak pada lesung maka saya hanya menggunakan clear gloss, itu berfungsi untuk pengkilat dan anti gores jadi sudah cocok untuk sebuah lesung yang saya buat. Setelah itu barangnya sudah jadi dan siap digunakan.

14.jpg

Saya sedang melakukan finishing menggunakan Clear Gloss

29.jpg

Produk sudah selesai 100%

20.jpg

Itulah beberapa proses pembuatan lesung dari kayu jati, semoga kalian menyukainya dan terus support postingan saya agar kembali membuat karya lagi kedepannya.

Best Regard


@madamuhammad

CC.
@stephenkendal
@etainclub
@trafalgar

Sort:  
 3 years ago 


SELAMAT

Postingan anda telah mendapat kurasi secara manual dari akun komunitas @steemseacurator.
Terimakasih telah berpartisipasi dalam komunitas Steem SEA

Kami akan sangat berterimakasih jika anda bersedia mendelegasikan Steem Power (SP) anda untuk kemajuan komunitas Steem SEA ini

Salam hangat
Firyfaiz

Link pintas untuk delegasi:
100SP 200SP 500SP 750SP
1000SP 1500SP 2000SP 2500SP 3000SP

 3 years ago 

This post has been rewarded by @steemcurator08 with support from the Steem Community Curation Project.

Follow @steemitblog to get info about Steemit and the contest.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.25
TRX 0.12
JST 0.030
BTC 69448.90
ETH 3688.66
USDT 1.00
SBD 3.28