Betterlife - Growyourown : Cara Benar Panen Buah Matoa (Tropical Fruit)

in Steem SEA3 years ago

1.JPG

Hari ini saya mengajak kalian melihat proses panen buah matoa yang ada di rumah saya dan semoga kalian menyukainya, terus simak postingan ini hingga selesai.

Pohon matoa yang ada di tempat saya ini sudah berumur lebih dari 10 tahun dan masih produktif hingga sekarang, sudah beberapa kali di pangkas dan setelah itu keluarlah buah yang banyak seperti yang kalian lihat di foto, banyak buah yang sudah siap dipanen dan itu sangat menyenangkan.

2.JPG

4.JPG

Buah matoa punya ukuran yang lumayan besar dengan daging buah seperti buah rambutan tapi untuk rasa jelas sangat berbeda dengan rambutan karena banyak orang bilang buah matoa ini rasanya nano – nano alias campur, dalam buah ini kadang kita bisa mendapatkan aroma seperti durian, rasa seperti lengkeng dan tekstur daging buah seperti rambutan maka dari itulah dikatakan nano – nano , punya 3 rasa dalam satu buah.

Saya rasa cukup sekilas pandang tentang matoa sekarang mari kita masuk ke tahap panen seperti judul postingan ini.

Untuk memanen buah matoa yang pertama harus kita lihat adalah apakah buah ini sudah matang atau belum karena kalau itu salah maka buahnya pun tidak akan nikmat ketika dimakan, ciri-ciri matoa yang sudah matang dilihat dari warnanya, jika warnanya sudah berubah dari kehijauan menjadi kekuningan maka itu dipastikan buah matoa sudah matang dan buah matoa yang saya punya sudah matang dan siap dipetik.

Karena pohon yang saya punya sudah besar bahkan tingginya mencapai +- 10 meter maka disini saya memerlukan sebuah galah yang panjang dan sebuah tangga untuk naik ke pohon ini, untuk menampung buah ketika dipetik kita siapkan sebuah terpal di buah agar ketika jatuh buahnya tidak pecah karena buah ini sangat mudah pecah, sedikit saja terbentur maka akan pecah dengan sendirinya, alat dan bahan sudah siap dan sakarang mari kita petik.

Galah yang kita punya sudah ada gunting panen yang saya beli di online shop, alat ini sangat berguna untuk ini.

5.JPG

6.JPG

15.JPG

Untuk buah yang bisa dicapai oleh galah maka langsung diarahkan ke buah dan langsung dipetik tapi jika tidak maka seseorang harus naik ke pohon sembari menaikkan galah ke atas dan melakukan pemetikan dari sana dan seseorang di bawah harus stanby untuk menyambut matoa yang jatuh ke bawah agar tidak pecah.

11.JPG

10.JPG

13.JPG

Lambat laun buah matoa sudah hampir semuanya dipetik dan bisa dilihat jumlah matoa yang kita panen kali cukup banyak dan sudah matang semuanya, senang rasanya bisa panen sebanyak ini.

19.JPG

20.JPG

23.JPG

Saya hanya mengambil sebagian untu konsumsi dan sebagiannya lagi dijual karena permintaan untuk buah matoa di tempat saya lumayan banyak jadi ini juga bisa manjadi bisnis, hasilnya juga lumayan.

26.JPG

27.JPG

30.JPG

Bagi yang berminat atau ingin membeli buah ini saya masih buka open order selama persediaan masih ada, saya ada di Discord Steem SEA dengan nama Mada, kalian bisa temukan saya disana.

Itulah tulisan dan foto tentang proses panen Buah Matoa, semoga kalian menyukainya dan terus support setiap postingan saya, Terima Kasih.

Best Regard


@madamuhammad

Sort:  
 3 years ago (edited)

Sedap niyh matoa papeda👍👍👍 dari Papua

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.11
JST 0.030
BTC 67280.14
ETH 3764.45
USDT 1.00
SBD 3.57