"The Diary Game" Proses Pencairan BPJS (JHT) - Selasa, 09 Maret 2021.

in Steem SEA3 years ago

"The Diary Game" Proses Pencairan BPJS (JHT) - Selasa, 09 Maret 2021.

Selamat pagi dan selamat menikmati akhir libur panjangnya.. Semoga liburan kali ini menyenangkan. Dan tak bosan aku mengingatkan bagi para sahabat steemian di manapun berada, agar selalu menjaga kebersihan jangan lupa pakailah masker 😷 saat keluar rumah semoga Allah SWT, senantiasa menjaga kita dan wabah ini segera berakhir.. Aamiin yrb 🤲 😊

Pada The Diary Game Contest kali ini, aku ingin sedikit berbagi pengalaman saat proses pencairan BPJS ketenagakerjaan, yang kebetulan pada tanggal 09 Maret 2021 kemarin, aku baru saja melakukan pendaftaran pencairan BPJS Ketenagakerjaan ku secara langsung, dengan mendatangi kantor BPJS terdekat dari tempat tinggalku. Semogga pengalaman ini, bermanfaat bagi para steemian semua..

Sebelumnya aku pernah mencoba mendaftarkan pencairan secara online dan aku berhasil mendapatkan jadwal verifikasi data yang di tentukan oleh pihak BPJS, Namun setelah menunggu 14 hari bahkan telah melewati tanggal, yang telah di tentukan untuk jadwal Verifikasi data, aku tak juga di hubungi oleh pihak BPJS. Sampai akhirnya, aku mendapatkan pemberitahuan via Email, kalau status Proses Pencairan BPJS ku, DITOLAK.

IMG_20210309_100005.jpg

🕡 Jam 05 : 30 wib.

Kota Bogor Selasa, 09 Maret 2021.

Pagi-pagi sekali aku sudah bersiap untuk mendatangi kantor BPJS terdekat dari tempat tinggalku, tujuanku adalah kantor BPJS Cabang Kota Bogor jaraknya memang tidak terlalu jauh dari rumahku hanya sekitar 20 menit dari rumah, tapi aku harus berangkat pagi-pagi sekali karena menurut informasi yang aku dapat dari temanku, katanya semenjak pandemic di berlakukan pembatasan pengunjung, dalam satu hari hanya melayani 25 orang saja. Makanya hari ini aku putuskan untuk berangkat pagi-pagi sekali, agar mendapatkan nomor antrian setelah menyiapkan semua berkas data kerja, sebagai syarat yang di minta saat ingin melakukan pencairan BPJS, setelah aku rasa semua data telah lengkap aku pun berangkat, dengan mengendarai motor.
Setelah sampai ke kantor BPJS yang aku tuju, ternyata untuk mendapatkan nomor antriannya pun ternyata harus secara online, walaupun kita sudah datang secara langsung, dengan cara menscan kode barcode yang terpasang di bagian luar pagar kantor BPJS.

IMG_20210308_064434.jpg
Code barcode yang harus aku scan untuk mendapatkan nomor antrian

Walaupun saat itu hari masih pagi pintu gerbang kantor BPJS pun masih terlihat terkunci, dari luar pagar aku perhatikan kedalam kantor masih sepi, belum terlihat aktivitas hanya terlihat cleaning service yang sedang menyapu dan mengelap kaca kantor. Sangat kontras dengan ke adaan diluar kantor saat itu, orang-orang sudah banyak berkumpul, sama seperti aku menunggu kantor BPJS buka.

IMG_20210308_064532.jpg
Kerumunan orang yang menunggu kantor BPJS buka

Kalau menurut perkiraanku, lebih dari 60 orang saat itu yang sudah datang mengantri, dan kalau benar di batasi hanya menerima 25 orang saja, berarti aku sudah terlambat, pikirku..
Tapi aku tidak pedulikan pikiran ku itu, setelah memarkirkan motor, aku langsung bergegas menuju ke tempat barcode itu di tempel, aku coba scan dengan smartphone ku, dan setelah itu di arahkan ke link LAPAK ASIK BPJS (Layanan Tanpa Kontak Fisik BPJS) setelah aku scan barcode lalu di arahkan ke link Lapak Asik BPJS tapi aku tak bisa masuk ke link pendaftaran online, berkali-kali aku coba dan hasilnya selalu GAGAL awalnya aku mengira, mungkin karena aku sudah terlambat jadi kuota pengunjung hari ini sudah terpenuhi, makanya aku tidak dapat melanjutkan ke pendaftaran online.

Screenshot_2021-03-08-07-07-00-673_com.android.chrome.jpg
Tidak dapat akses masuk ke pengambilan nomor antrian online

Akhirnya aku hampiri scurity kantor BPJS yang sedang berjaga di pos dekat pintu gerbang mengenai hal tersebut, dan aku pun mendapatkan penjelasan kalau memang link BPJS belum di buka, jadi belum bisa di akses.
Menurut penjelasan scurity tersebut, nanti jam 7:30wib, link BPJS baru dibukan dan baru bisa di akses..
Jadi, nanti pada saat jam 7:30wib dan link BPJS sudah di buka, kami semua yang menunggu di luar berlomba-lomba dengan smartphonenya masing masuk ke jaringan link BPJS tersebut.. 🤔😲
Sepertinya seru juga nih, mengandalkan kekuatan jaringan internet dari provider di smartphone masing-masing. Tapi kasian bagi peserta BPJS yang gaptek atau mungkin saat itu tidak memiliki smartphone, atau mungkin punya smartphone tapi tidak mempunyai kuota internet. Karena pastinya tidak akan pernah bisa untuk mencairkan saldo BPJSnya.. 😔😢
Akhirnya aku putuskan untuk menunggu sampai link BPJSnya di buka, ke betulan ada warung kopi di sebelah kantor BPJS tersebut, jadi tidak terlalu jenuh menunggu kalau sambil menikmati secangkir kopi 🍵 dan sebatang rokok..

Jam 🕢 07:30 wib

Kota Bogor Selasa, 09 Maret 2021

Waktu pertempuran pun tiba, dari warung tempat aku duduk tadi, aku perhatikan hampir semua orang yang berada di luar itu, memainkan smartphonenya masing-masing, dari warung tempat aku menunggu, aku juga berusaha untuk bisa masuk ke jaringan server BPJS dan akhirnya, aku pun bisa masuk ke link BPJS, aku di minta mengisi data-data via link tersebut setelah itu selesai dan menunggu balasan email.

Screenshot_2021-03-09-09-02-33-183_com.google.android.gm.jpg
Balasan email yang aku terima, bertanda aku lolos untuk mendapatkan nomor antrian hari ini

Setelah menerima email, lalu aku tunjukan email tersebut ke scurity yang berjaga di depan lalu scurity tersebut mengambilkan secarik kertas nomor antrian lalu dia berikan pada ku sambil mempersilahkan aku untuk menunggu di tempat yang telah di sediakan.

IMG_20210309_085825.jpg
Setelah melalui perjuangan yang cukup ketat akhirnya aku dapatkan juga Nomor Antriannya

IMG_20210309_093106.jpg
Ruang tunggu di kantor BPJS cabang Bogor

Lebih kurang 1 jam aku menunggu, akhirnya nomor antrian ku pun di panggil melalui pengeras 📢 suara dan di tampilkan juga di layar monitor yang berada di depan pintu masuk, kemudian aku pun bergegas masuk, tadinya aku pikir setelah masuk langsung menuju meja costumer service ternyata TIDAK aku di arahkan scurity yang sedang bertugas saat itu untuk menuju ke meja nomor 5, di atas meja terlihat layar monitor dan headset dengan microphone. Jadi benar-benar tidak ada kontak fisik sama sekali. Dari layar monitor yang berada di hadapan ku aku bisa melihat costumer service yang melayani saat itu, dan dengan camera yang berada di atas monitor itu, pastinya costumer service pun bisa melihat aku.

IMG_20210309_100002_1.jpg
Meja tempat verifikasi data di kantor BPJS

Dari headset yang aku pakai terdengar cukup jelas setiap pertanyaan yang di ajukan oleh petugas BPJS tersebut, dan petugas tersebut memintaku untuk menunjukkan berkas data-data kerja yang memang sudah aku persiapkan, menunjukannya dengan cara berkas yang di minta, di hadapkan ke arah camera yang berada tepat di atas monitor.
Karena berkas yang aku persiapkan lengkap, jadi tidak ada kendala dan tidak butuh waktu lama verifikasi data pun selesai.
Lalu aku berjalan keluar dan menyerahkan seluruh berkas photo copy ke scurity yang bertugas di depan tadi, Setelah itu aku pun pulang.

Jam 🕚 11:00 wib.

Kota Bogor Selasa, 09 Maret 2021.

Namun dalam perjalan pulang aku pun menyempatkan diri untuk mampir ke pusat kuliner yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Lanud Atang Sanjaya. Pusat Kuliner Semplak Bogor

IMG_20210309_105743.jpg
Aku berbincang dengan Abah, pengelola tempat kuliner tersebut

Rencananya setelah uang BPJS ku cair nanti aku mau membuka usaha kuliner di sini.

IMG_20210309_105543.jpg
Beberapa lokasi yang di tunjukan Abah

Cukup banyak yang di jelaskan Abah saat itu, dari mulai harga sewa sampai dengan menunjukan beberapa tempat yang menurutku cukup bagus, sangat cocok jika ingin membuka Cafe atau stand kuliner saja.
Dari mulai harga sewa 500rb /bulan sampai dengan yang harga sewanya 3jt / bulan.
Sepengetahuan ku, sebelum pandemic virus corona melanda, setiap harinya tempat ini cukup ramai pengunjung namun saat ini pengunjungnya menurun drastis bahkan terlihat ada beberapa lapak kios yang terlihat kosong, hanya sebagian pedagang yang masih terlihat bertahan walau dengan modal seadanya.

Harapan ku, dan pastinya menjadi Harapan kita semua, semoga wabah dan musibah ini segera berakhir dari dunia ini, agar keadaan bisa kembali normal seperti dulu lagi.. Aamiin yrb 🤲

Mudah-mudahan dengan uang hasil pencairan BPJS ku nanti, aku masih bisa usaha setidaknya masih bisa memberikan nafkah bagi keluarga. Mohon do'anya ya.. 🤲☺️

Setelah aku rasa cukup, aku pun pamit pada Abah dan segera melanjutkan perjalanan ku pulang ke rumah.

Jam 12 : 00 wib.

Kota Bogor Selasa, 09 Maret 2021.

Akhirnya aku pun sampai di rumah beberapa menit sebelum masuk waktu dzuhur, tak beberapa lama suara adzan dzuhur pun berkumandang.
Selepas sholat dan makan siang, seperti biasa aku melanjutkan pekerjaan ku, membuat design kuliner pesanan teman ku yang masih belum selesai aku kerjakan.

Screenshot_2021-03-13-18-17-17-746_com.google.android.gm.jpg
Email dari Kantor BPJS yang aku terima

Saat sedang membuat design, terdengar suara notifikasi dari smartphone ku, ternyata email dari BPJS yang menjelaskan kalau proses verifikasi telah selesai tinggal menunggu uang pencairan di transfer. Alhamdulillah.. 🤲 😇

Screenshot_2021-03-10-11-20-24-474_com.android.chrome.jpg
Alhamdulillah akhirnya selesai juga, tapi masih menunggu 3 hari untuk transferan uang pencairan

Demikianlah sedikit kisah kegiatan ku hari ini, semoga pengalaman ku kali ini ada manfaatnya bagi sahabat steemian terutama yang saat ini ingin mencairkan BPJSnya..
Salam hangat dari aku @muhamad.dhoank steemian Kota Bogor..

NO📸 PICTURESMARTPHONE
1ModelXIAOMI NOTE-7
2AndroidMIUI Global 12.0.1
3Camera ApkDSLR CAMERA
4EditPhotoshop Express
5Edit 2Adobe Lightroom
6Original Picture@muhamad.dhoank
7LocationKota Bogor

PSX_20210119_010538.jpg

signbot (1).gif

Sort:  

Alhamdulillah.. 🤲

Tetap semangat ya pak.. 💪✊😊

K @rohmayati94 besok aku mau kerumah ya.. 🤗🙏 Jangan lupa masakin yang enak ya.. 🤢🤤

Thank you brother.. Nuhun pisan👍🙏

Siap,.. Btw, Akun sudah pada aktif @puspita @niaajja koq blom pada buat artikel sich?!? 🤔 Hayu atuh.. 🤗

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 66214.90
ETH 2997.95
USDT 1.00
SBD 3.73