#burnsteem25 : Edisi ke #3 Kontes : Pameran Seni | Karya Seni Hasil Buatan Saya, By @ozzarm

in Steem SEA2 years ago (edited)

Assalamualaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuhu

Note : 10% of Rewards Donated To Account : @steem.amal and 25% to @null

Hiasan Kaligrafi Tanah Liat


8C1C4E21-7774-4B0A-BD4B-67CFFF30DFFC.jpeg

Artikel kali ini saya persembahkan sebagai partisipasi saya dalam kontes ketiga mengenai Art Exhibition yang diselenggarakan oleh Bapak @waterjoe di komunitas Steem Sea. Minggu kemarin saya berbagi pelajaran kesenian menarik, yaitu bagaimana membuat pot Gerabah. Kali ini saya ingin membuat hiasan kaligrafi yang dibuat dari tanah liat.

Semasa saya duduk di bangku Sekolah Menengah Atas, saya belajar cara menulis kaligrafi dalam bahasa arab atau bisa juga disebut dengan khat. Sejak lulus SMA, saya belum pernah menulis khat lagi. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk melatih kembali skill yang sudah terpendam selama bertahun tahun. Hehe.

Untuk membuat hiasan kaligrafi dari tanah liat, kita harus menyiapkan beberapa alat dan bahan. Di antara nya adalah:

  1. Tanah liat
  2. Kertas karton
  3. Kapur
  4. Gunting
  5. Baskom
  6. Pisau (lebih baik pakai pisau kecil)
  7. Papan rata
  8. Roll kue atau stick kayu bulat (opsional)
  9. Kuas
  10. Air secukupnya

Selain alat dan bahan, tentu saja kita juga harus membuat desain kaligrafi nya. Di sini, saya membuat nama saya sendiri dalam Bahasa Arab yang dibentuk lingkaran. Seperti ini kira kira sketch nya:


E0D0AF13-4E82-4B76-B9F2-F1D331FD277D.jpeg

Kemudian kita akan membahas tahap pembuatan nya.

Tahap Pembuatan

  • Pertama tama, gambar lingkaran menggunakan baskom di atas kertas karton. Lalu buat sketch khat di dalam lingkaran tadi menggunakan kapur. Jika sudah, beri highlight dengan pulpen di tiap pinggir tulisan khat. Seperti gambar di bawah:


E7B8F36D-1473-4062-A21A-E5BD985C11F6.jpeg

  • Selanjutnya, gunting sketsa khat mengikuti garis pulpen dan sisihkan.


90E66E54-F57F-4389-BE39-BC9A1C954ED0.jpeg

  • Tahap berikutnya adalah membuat alas hiasan dari tanah liat. Ambil bongkahan tanah liat di atas papan yang rata. Lalu pipihkan menggunakan roll kue atau stick kayu yang bulat. Jika tidak ada pipihkan dengan telapak tangan saja. Lalu potong membentuk lingkaran menggunakan pisau.


3D65AB86-12FA-4D71-A720-265B18A2189C.jpeg

  • Setelah alas hiasan sudah siap, pipihkan lagi tanah liat. Letak sketsa khat yang sudah digunting di atas pipihan tanah liat dan potong sesuai sketsa.


C15DE760-3877-404E-9EE6-00803BBE1A8F.jpeg

  • Lalu, susun tanah liat khat di atas alas hiasan. Tempel tiap huruf menggunakan tanah liat yang sudah dicairkan dengan air. Rapikan huruf dengan kuas. Jika huruf huruf sulit menempel, pastikan bubuhkan banyak tanah liat yang cair.


17B87977-4CD9-4388-ABA1-2C76E7151F6B.jpeg

  • Terakhir, biarkan hiasan kaligrafi tanah liat semalaman hingga airnya mengering. Jemur hiasan di bawah matahari seharian sebelum pembakaran.


2BB27E5B-14B8-4BB9-BD3C-CA3923CA9725.jpeg

Memang tidak bagus, tapi saya yakin dengan banyak latihan skill kaligrafi saya bisa ditingkatkan lagi. 😁


Terimakasih sudah membaca blog saya!

Instagram: @ozzarm
YouTube: Goore Oja

Thanks to:
@waterjoe
@anroja
@radjasalman
@steemseacurator


Regards,

@ozzarm

About me

Sort:  
 2 years ago 

Lumayan banyak persiapannya ya....
Seni itu emang harus sabar beeproses

 2 years ago 

Betul pak👍🏽

 2 years ago 

Seni Kaligrafi yang indah. Semoga sukses dalam mengikuti Kontes ini👍😊

 2 years ago 

Makasih Om! Aamiin 🌻

 2 years ago 
DescriptionActionScore
#club5050✅️1
Plagiarism-Free✅️1
Bot-Free✅️1
Verified User✅️1
Beneficiary Rewards✅️1
Support burnsteem25✅️1
#steemexlusive✅️1
Markdown on writing✅️1
Quality Content1,6
Total Score9,6
Terimakasih telah berbagi bersama disini.

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.11
JST 0.030
BTC 71227.76
ETH 3816.97
USDT 1.00
SBD 3.43