#burnsteem25 : Edisi ke #7 Kontes : Pameran Seni | Karya Seni Ukir Hasil Buatan Saya, By @ozzarm

in Steem SEA2 years ago (edited)

Assalamualaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuhu

Note : 10% of Rewards Donated To Account : @steem.amal

Mural dari Tanah Liat(Seni Ukir) Bismillah


2D749DBF-8024-42A2-85B7-F949A67EBCD3.jpeg

Minggu ini saya senang sekali karena dapat berkontribusi lagi di kontes pameran kesenian yang diadakan oleh Bapak @waterjoe di komunitas Steem Sea. Kontes ini sudah memasuki edisi ke tujuh. Luar biasa ya sudah sampai sejauh ini. Kalau teman teman melihat postingan saya yang lain, teman teman semua pasti tahu bahwa kesenian gerabah atau tanah liat adalah kesenian yang saat ini saya tekuni. Hari ini juga saya akan menjabarkan sedikit bagaimana membuat mural atau hiasan dinding dari tanah liat. Ya, seni ini juga mengunggulkan teknik mengukir di atas tanah liat yang dikeraskan.

Langsung saja untuk peralatan yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  1. Tanah liat
  2. Triplek atau papan rata
  3. Penggaris
  4. Pensil
  5. Alat ukir atau kawat
  6. Kertas

Tahap 1

Untuk tahap pembuatannya kita harus menempuh beberapa tahapan yang cukup memakan waktu. Dalam tahap pertama, ratakan tanah liat yang masih lembab di atas triplek atau papan rata dengan ketinggian kira kira dua inches. Agak tebal memang karena tanah liat yang saya gunakan berasal dari tanah sawah bukan tanah yang digali cukup dalam. Tanah liat saya ini sedikit lebih rapuh dari tanah liat yang digali cukup dalam atau tanah bukit.

Jika sudah membuat papan tanah liat ini, cukup kita diam kan selama dua atau tiga hari. Dengan begitu tanah liat yang lembab akan mengeras dan memudahkan kita dalam mengukir.

Tahap 2

Selagi menunggu tanah agak mengeras, kita siap kan kaligrafi sebagai cetakan nanti. Untuk kaligrafi, kita bisa saja melihat kaligrafi kaligrafi yang menarik di internet sebagai inspirasi. Buat kaligrafi di atas kertas, lalu potong dengan rapi.

Tahap 3

Tahap berikutnya adalah tahap pengukiran. Kita bisa mengukir kapan saja selama papan tanah liat memiliki tekstur yang kering dan lentur. Tidak terlalu basah ataupun keras. Namun, saya akan membuat beberapa poin di bawah untuk memperjelas bagaimana saya mengukir di atas papan tanah liat.

  • Ukur papan tanah liat untuk menentukan garis tengah. Letakkan tulisan kaligrafi yang sudah di potong rapi di atas papan tanah liat. Dengan adanya garis, kaligrafi kita akan tampak rapi.


6325FDB2-D9BF-45D0-94F9-F76FB68031D7.jpeg

  • Cetak kaligrafi dengan menggunakan kawat atau pensil.


21413B45-165B-451D-AFC0-E38270A14C8B.jpeg

  • Tentukan bentuk tekstur ukiran. Kalau saya saat ini, saya hanya membuat garis garis biasa saja. Tetapi sedikit saya ubah arah garis di sisi lainnya.

  • Karena saya ingin menjadi seniman professional, saya akan berpura pura seperti salah satunya dengan membuat tanda nama saya di ujung karya ini. Hehe.


6740971B-92B6-42B5-8938-B5B106C4887A.jpeg

  • Rapikan. Lalu diamkan sampai kering seutuhnya dan bakar. Untuk warna, kita bebas menggunakan warna apa pun sesuai selera kita!


90C5D182-846D-42B8-91FC-B266A28036D0.jpeg

Tidak masalah kalau memakan banyak waktu kalau hasilnya menawan seperti ini, bukan?😁


Terimakasih sudah membaca blog saya!

Instagram: @ozzarm
YouTube: Goore Oja

Thanks to:
@waterjoe
@anroja
@radjasalman
@steemseacurator


Regards,

@ozzarm

About me

Sort:  
 2 years ago 
DescriptionActionScore
#club100✅️1
Plagiarism-Free✅️1
Bot-Free✅️1
Verified User✅️1
Beneficiary Rewards✅️1
Support burnsteem25✅️1
#steemexlusive✅️1
Markdown on writing✅️1
Quality Content1
Total Score9

Terimakasih telah berpartisipasi di Kontes Seni


Judul ini #burnsteem25 tidak perlu di tulis, cukup di tag saja

Catatan :Tulisan ini Note : 10% of Rewards Donated To Account : @steem.amal, tidak perlu di tulis dalam postingan nya

Cukup di tulis dalam tag saja

Gunakalah tag yang benar

 2 years ago 

keren art nya @ozzarm , siapa bilang bermain tanah jadi kotor doang :D

 2 years ago 

Siapa bilang 😃

 2 years ago 

Kutipan iklan rinso 🤣

 2 years ago 

Benar-benar karya yang bagus, satu bulan pun gk papa prosesnya, yang penting hasilnya sangat top 👍

 2 years ago 

Terimakasih!

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 68611.07
ETH 3913.05
USDT 1.00
SBD 3.61