#CLUB100 | #BURNSTEEM25 - THE DIARY GAME: Thursday June 09th, 2022 | Saya Menghadiri Undangan Peusijuk Kenduri Blang dan Penyerahan Sawung Sawah Di Dusun karya Gampong Seuneubok Aceh

in Steem SEA2 years ago

Highlght20220609_143522.jpg<<Saya foto bersama Geuchik dan Pendamping di depan Sawung Sawah

5% dari pembayaran disumbangkan untuk kegiatan @steem.amal
25% dari pembayaran untuk @null

Hai teman Steemian selamat malam

Saya menyetir mobil dari Idi Rayeuk meluncur mengikuti arah jalan aspalt Banda Aceh ke Medan setiba nya di persimpangan masuk ke jalan simpang Gajah Mentah sesuai link ini Google.map, Plus.code MWF7+PW Krueng Lingka, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Indonesia. Jalan lurus lagi sekitar 400 meter untuk dqpat sampai ke lokasi peusijuk kenduri Blang dan penyerahan sawung sawah di dusun karya gampong seuneubok Aceh kecamatan Sungai Raya kabupaten Aceh Timur. Penyelengara kenduri ini masyarakat bersama perangkat gampong yang di pimpin langsung oleh Geuchik (kepala desa)

20220609_124534.jpg<<Saya foto di depan sawung desa yang sudah ramai tamu undangan datang

Setiba di lokasi saya di sambut dengan sangat ramah dan langsung di persilahkan masuk ke dalam balai yang sudah terhidang makanan yang lezat. Suasana kekeluargaan sangat nampak dengan saling sapa dan berjabat tangan merupakan pemandangan yang tidak asing lagi disini. Senyuman warga yang menyambut kedatangan saya sebagai tamu undangan sangat bersahaja sekali

20220609_124657.jpg<<Teman saya pendamping sedang makan menu yang enak kuah kari

Saya pun segera bergabung dengan tamu undamgan lainnya yang sudah duluan tiba dan duduk resehan di dalam sawung sawah. Seuneubok Aceh. Kenduri blang rencana akan kembali turun ke sawah untuk menanam padi merupakan adat istiadat budaya masyarakat yang sudah turun temurun.

Beginilah suasana nya terlihat sangat akrab hubungan antar warga masyarakat untuk mensukseskan acara kenduri ini. Turut hadir muspika plus lengkap ada pak camat, danramil, kapolsek yang merupakan pemimpin di wilayah kecamatan Sungai Raya ini

20220609_125811.jpg<<Teman-teman saya pendamping desa sedang menikmati menu makanan yang lezat

Warga desa bekerja bahu membahu saling membantu mulai dari saat memasak guleh belangong kari kambing, bu kulah yang di masak nasi terbungkus daun pisang, guleh udang, sambal tempe dan menyiapkan berbagai jenis kuah-kuah lainnya. Buah-buahan yang di hidang ada pisang raja, buah semangka yang sudah di potong segitiga. Tersedia minuman air mineral gelas dalam kardus dan tisu untuk lap tangan.

20220609_125005.jpg<<bu kulah (nasi yang di masak bungkus dengan daun pisang) sudah saya siram dengan kuah belangong (kari kambing)

Hasil wawancara saya kepada bapak Geuchik Seuneubok Aceh yang bernama bapak Muhibuddin Syah mendapatkan informasi sebagai berikut

  1. Normalisasi saluran karena desa sangat rawan dengan dampak banjir sehingga areal sawah terendam banjir cepat surut
  2. Pekerasan Jalan produksi karena umumnya matapencaharian masyarakat selain petani sawah ada juga yang berprofesi sebagai pekebun pohon sawit dan pohon karet jadi di bantu bika akses jalan
  3. Saweung sawah
  4. Pipanisasi saluran sawah untuk mengaliri air pemenuhan buat luas sawah 40 Heltar di yang tersebar di beberapa titik lokasi dalam wilayah gampong

20220609_124556.jpg<<Batu prasasti yang memuat keterangan pembangunan beserta jumlah biaya nya

Saya melihat tepat pada anak tangga atas ketika akan masukbke dalam Sawung sawah ada terpasang batu prasasti dengan informasi publik nya adalah

Jenis KegiatanPembangunan Sawung Sawah
Volume4,5 M × 6 M
LokasiDusun Karya
AnggaranRp 38.911.000 (tiga puluh delapan juta sembilan ratus sebelas ribu rupiah) setara dengan 778,22 SBD atau 9.727,75 STEEM
Tahun Anggaran2022

20220609_131613.jpg<<Warga Desa sedang cuci piring yang kotor

20220609_130557.jpg<<Tenda sebagai tempat teduh masyarakat duduk bersama disini

Saya melihat beberapa pemuda yang bertugas mengangkat piring-piring kotor dari tamu yang telah siap makan. Mereka membawa piring bekas taruk nasi, cembung bekas tempat taruk kuah ke lokasi cuci piring yang telah tersedia tepat di luar sawung sawah. Beberapa melaksanakan pekerjaan untuk cuci piring sampai bersih dan regu berikut kembali mengangkut piring, cembung yang sudah bersih ke tempat penyimpanannya.

Demikianlah tulisan saya hari ini dan semoga bermanfaat

Salam spesial buat semua teman Steemian ku
Tentang Saya 👉@waterjoe

20210604_154219.gif

20210507_170027.gif

20220304_134034.gif

Sort:  
 2 years ago 

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 70135.32
ETH 3789.12
USDT 1.00
SBD 3.77