Better Life Mind Body Spirit | Berbagi Manfaat Beras Merah Untuk Tubuh dan Kesehatan Kita.

in STEEM Literacy3 years ago

IMG20210830073736.jpg

Hai Steemians. Apakabar pagi ini?
semoga semua sehat dan bahagia ya, seperti saya hari ini sudah kembali sehat setelah melewati beberapa hari kurang fit.

Masa pandemi buat kaum rebahan seperti saya, yang lebih banyak berkegiatan di rumah menghasilkan bukan hanya bentuk tubuh yang semakin aduhai, tapi juga rentan dengan perubahan cuaca yang kini semakin extrem.

Beberapa kali saya tumbang dan harus istirahat total, pasrah pada obat-obatan. Tekanan darah mulai naik, sering merasa tubuh tidak berdaya setelah makan, bahkan pernah dada terasa terhimpit dengan beban berton-ton.

Setelah konsultasi, ternyata saya banyak menimbun gula dan lemak lebih dari ambang batas kesehatan.

Putri sulung saya menyarankan untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah untuk dikonsumsi. Kalau beli mungkin harganya diatas beras putih, tapi untungnya punya kampung halaman yang sawahnya dikelola saudara di kampung.

Seminggu saya mengkonsumsi beras merah dan menjauhi beberapa makanan berlemak, gula dan tepung. Mungkin bukan karena nasi merah saja yang membuat saya kembali bugar, tapi juga pola hidup yang harus diubah. Saya termasuk orang yang sering begadang dan kurang gerak, juga banyak nyemil.

Ternyata beras merah banyak manfaatnya bagi tubuh. Saya akan berbagi manfaat beras merah.

• Beras merah dapat melawan radikal bebas dari kandungan antosianin yang terdapat pada pewarna merah yang dihasilkan beras merah.

• Beras merah juga dapat menurunkan kadar kolesterol, karena kadar serat lebih tinggi dan dapat mencegah serangan jantung.

• Gula darah pun dapat menurun dengan mengkonsumsi beras merah, karena indek glikemik yang rendah dibanding beras putih, sehingga gula darah menurun dan mencegah diabetes.

• Untuk diet beras merah sangat bagus dikonsumsi, karena setelah makan nasi merah tidak mudah kembali lapar. Jadi dapat mencegah obisitas.

• Ternyata beras merah mengandung magnesium yang baik untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Untuk wanita sangat bagus, karena menstruasi atau melahirkan menjadi kepadatan tulang berkurang.

Betapa banyak manfaat beras merah untuk tubuh kita. Apalagi untuk usia saya yang sudah melewati masa muda. O iya, lupa satu lagi manfaat dari beras merah, ini banyak diinginkan kaum perempuan. Beras merah juga bisa bikin awet muda loh, karena kandungan antioksidan yang juga merawat kulit agar tetap sehat dan segar.

Yuuuk Beralih ke beras merah

IMG20210830073732.jpg


Sekian catatan saya tentang kesehatan pagi ini, semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah berkunjung dan mendukung postingan ini.

Salam sehat selalu dan tetap bahagia tentunya

@ranesa70

Sort:  

Manfaat beras merah bagi kesehatan memang sudah terbukti, Ibu @ranesa70. Tapi masalahnya, beras merah rasanya hambar. Nah, bagaimana agar beras merah bisa senikmat beras putih?

Kalau menurut saya nasi merah malah terasa manis. mungkin bagaimana daerah atau jenis tanah juga penanamannya. Karena di Sumedang, menanam beras merah awal musim kemarau dan lama penanamannya lebih dari 3 bulan di ladang atau kalau saya menyebutnya sebagai tanaman huma.

Mungkin terasa hambarnya juga karena tidak terbiasa makan nasi merah, atau kasih garam saja sewaktu menyantapnya :)

Gak nyangka, segudang manfa'at yang dimiliki beras merah. Kami disini jarang mengkonsumsinya, lantaran sulit mendapatkannya.

Di Jawa sudah banyak yang jualan beras merah.

Bisa buat ladang bisnis kalau belum banyak di Aceh. ( Sambil mikir bagaimana cara ngirimnya :D)

Mungkin karena masyarakat sini belum banyak yang tau manfa'at dan keunggulan beras merah. Mungkin nanti kita akan coba membudidayakan beras merah.

ide yang bagus itu
semoga terealisasi yaaa

Amin.

Mudah-mudahan ya, thank so much infonya teh ranesa70 😊

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 61372.42
ETH 2928.56
USDT 1.00
SBD 3.66