Penulisan Diarygame Yang Menarik (Menurut Saya)

in STEEM Literacy2 years ago (edited)

Apakah anda salahsatu dari sekian banyak orang yang menilai tulisan sendiri tidak berkualitas? Apakah ketika membaca tulisan anda, seakan anda menulis kalimat yang sama? Jika anda melihat itu, yakinlah orang lain akan melihat hal yang sama.

diary-5816157_960_720.png

^

Ketika menulis sesuatu tentu saja kita mempunyai tujuan agar apa yang kita sampaikan dapat dipahami oleh orang lain dan tanpa salah penafsiran. Kita tentu tidak ingin orang merasa kesulitan membaca apa yang kita tulis apalagi harus berhenti membaca tulisan kita karena kepalanya keburu pusing.. hahaha.

Memang menjadi penulis yang baik itu tidak mudah, tidak seperti membalikkan telapak tangan. Akan tetapi anda tidak harus menunggu sampai anda memiliki tulisan yang baik dan berkualitas hebat barulah anda menulis. Sebaliknya, dengan anda sering menulis anda telah melatih diri anda untuk menjadi penulis hebat.

Bagi kita para steemian tentunya sudah sangat tidak asing dengan istilah Diary game. Diarygame adalah postingan yang memuat kegiatan sehari-hari yang kita lakukan. Dari itu sangat sering kita menemukan banyak postingan yang diawali oleh “Saya bangun pagi, menggosok gigi, hingga tidur lagi.”

Seperti yang pernah saya tulis pada postingan saya sebelumnya, banyak di antara kita enggan untuk menulis sesuatu yang tidak biasa. Kebanyakan dari kita pasti lebih menyenangi menulis sebuah diarygame, karena mengingat menulis diary sangatlah mudah.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba mengulas bagaimana caranya untuk membuat sebuah tulisan diarygame menjadi lebih baik dan menarik sehingga orang tertarik untuk terus membacanya. Dengan tulisan ini saya juga ingin menyampaikan bahwa saya juga tidak ahli dalam menulis, sungguh sangat wajar apabila teman-teman menemukan kesalahan di sini. Tapi semoga saja tulisan ini berguna buat saya sendiri dan teman-teman steemian lainnya.

Dalam menulis diarygame memang tidak ada aturan yang baku (kecuali aturan yang ditetapak oleh komunitas atau steemit). Dalam sebuah penulisan diarygame kita tidak perlu untuk memperhatikan ejaan atau tata bahasa, karena kita hanya menulis apa yang kita rasakan atau apa yang kita lakukan. Anda juga boleh menuliskan dengan bahasa gaul sekalipun. Alangkah lebih bagus ketika anda mempunyai kreatifitas bahasa yang membuat orang lebih tertarik untuk membacanya.

Tidak salah apabila kita menulis diarygame setiap hari, bahkan itu sangat baik. Karena berdasarkan hasil peneliatan menunjukkan menulis diarygame memiliki beberapa manfaat positif, diantaranya: Menajamkan ingatan, dikarenakan kita sering mengingat hal kecil yang telah kita lewati pada hari ini. Manfaat selanjutnya adalah kita akan merasakan pikiran yang tenang karena secara tidak langsung kita telah meluahkan perasaan atas apa yang kita alami pada hari ini. Ketimbang kita menulisnya di media sosial, akhirnya semua orang tau isi perut kita. Peng pih tan ji tamong. Nyoe kon??

Selain itu, menulis diary game menurut beberapa pakar juga akan meningkatkan imun tubuh. Lumayan kan, dengan menulis kita menjadi sehat?. Kemudian menulis diary juga akan membuat kita mengenali diri kita sendiri karena kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan. Contoh seperti saya yang susah tidur malam akhirnya saya sering bangun kesiangan, dan akhirnya saya mengenali diri saya adalah “Si Agam beu-o.”

sad-woman-1055092_960_720.webp

^

Oke, kembali lagi pada topik bagaimana sebaiknya menulis diary game atau catatan harian dengan baik. Mungkin teman-teman bisa menjadikan poin-poin berikut ini sebagai masukan.

Menulis diary tidak harus selalu menulis apa yang anda lakukan dari bangun tidur sampai tidur lagi. Anda juga menulis sebuah hal yang terjadi dalam hari itu, dan jadikan itu sebagai topiknya. Misalnya pada hari ini anda pernah menghadiri pernikahan teman atau saudara, silahkan saja anda menceritakan apa yang terjadi sepanjang anda menghadiri acara tersebut. Dan anda juga bisa menceritakan hal yang sakral pada sebuah ritual yang ada dalam pernikahan.

Selain dari sebuah kejadian seperti yang saya tulis di atas, anda juga boleh menuliskan ungkapan hati yang anda rasakan hari itu. Tidak selalu dalam sebuah diary anda harus menuliskan “kejadian” tetapi anda juga bebas meluapkan apapun perasaan anda. Misalnya anda merasakan marah, sedih, kecewa, senang, bahagia, jatuh cinta, luahkanlah dan tulislah berbagai alasan apa yang menyebabkan anda merasakan hal itu.

Menuliskan ungkapan inspiratif pada awal pembukaan tulisan mungkin akan menjadi lebih menarik. Saya yakin anda pernah membaca ungkapan inspiratif dari para pujangga, tuliskanlan itu sebagai kutipan. Atau jika anda tidak pernah membacanya, biarkan anda sendiri yang menjadi pujangganya. Hehehe

Saya pernah menulis diary game dengan menulis “hari ini saya bla bla bla”, tetapi setelah sekian lama saya membuka kembali lagi tulisan saya, saya jadi lupa kapan itu kejadiannya karena pada postingan hanya tertulis postingan 10 bulan lalu. Nah, Apabila anda tidak menulis tanggal pada judul postingan anda, sebaiknya tuliskan dalam tulisan anda. Hal itu akan membuat anda tidak lupa waktu yang pasti anda menulis itu.

Kebanyakan kita menyebutkan orang lain yang terlibat dalam diary hanya menulis hubungan kekerabatan saja tanpa menyebutkan namanya. Misalnya saya ke pasar bersama sepupu saya, tapi tidak menyebutkan siapa namanya. Bisa saja sekian lama ke depan anda menjadi lupa siapa sepupu anda tersebut. Peu keuh si Rina aneuk apa Don atau si Rini aneuk apa Din? Iya kan?

Tulislah sesuatu secara mendetail, tidak hanya menulis hal yang pokok saja. Sehingga anda tidak terkesan menulis kejadian yang sama setiap hari. Misalnya nich anda menuliskan sholat subuh, jika anda sempat keluar kentut ketika sholat itu, tuliskan saja.....tidak usah malu. Hahaha

Mungkin pada kalimat terakhir, sebagai penutup anda bisa menuliskan hal-hal yang menggelitik. Misalnya demikian sobat cerita saya dihari ini, besok saya akan melanjutkan cerita saya karena besok saya berencana akan mendaki gunung seulawah dengan menggunakan sipatu pacok, jangan lupa ya besok dibaca, pasti seru dech,,, nyan contoh sagai.

Dan terakhir, tanpa saya harus saya ingatkan, teman-teman juga sudah biasa melakukannya, yaitu menambahkan gambar pada tulisan. Cuma di sini saya mau katakan, berilah gambar yang menarik tentunya yang mempunyai nilai lebih dan menjadi bukti atas apa yang sedang anda ceritakan.

Berikut adalah contoh dari saya dalam menulis diary game:

Hari ini, minggu, 15 mei 2022 tepatnya pukul 01:22 WIB saya memikirkan untuk menulis sebuah postingan tentang bagaimana cara menulis diary game yang baik. Aku terpikirkan untuk menulis topik ini, karena aku melihat sangat banyak teman-teman para steemian yang gemar untuk menuliskan diary game. Semoga saja nanti setelah aku menyelesaikan postingan ini dan mempostingnya menjadi masukan ke teman-teman ketika hendak menulis.

Saat pikiran itu muncul, kebetulan aku sedang berada di warung, karenanya aku terpaksa ke rumah untuk mengambil laptop. Jarak antara rumah dan warung sangatlah dekat, hanya butuh beberapa menit untuk mencapainya.

Dan Akhirnya potingan ini selesai pada pukul 02.25 WIB, cuma karena Lptop saya sempat hang, bahkan sempat hilang yang saya tulis, akhirnya saya posting pada pukul 03.09 WIB dan selanjutnya saya kirim link ke grup Whatsapp agar teman-teman membacanya.....

Ka ile beh, lain kali saya akan tulis lagi. Maafkan jika ada kesalahan saat saya menulis, yang pasti itu karena kekurangan ilmu saya atau mugkin ada yang luput dari perhatian saya. Akhir kata “Terimakasih.”

steem literasi.jpg

FOLLOW ME ON
DISCORD FACEBOOK INSTAGRAM TELEGRAM TWITTER



bannersteemit1a.png

Sort:  

Hana ubat, menarik sekali tulisannya bang

Geuthat meu burek akai neuh....
That yö teuh meunyoë hana ubat, takot wa'fuanna teuh. Wkwkwk

😂😂😂😂

B @anroja_ Berarti bang menyeu Hana ubat lheuh tabaca tulesan si resyi han puleh-puleh teuh😆

😂😂😂😂

keren kali tulisan oom ni...kubaca dengan lancar dan smooth tapi kok aku agak tersendat di dekat tengok yg duduk didekat jendela itu...maklum bang akukan remaja 15 belasan...banyak penasarannya.Kuberenti disitu dan beralih ke postingan2 mirip tapi yang lebih seru lagi.Gimana itu ya???

Luar biasa keren ..:)

🤭 terimakasih senior...

Waw tulisan yang sangat menggelitik, sampai ada cerita kentut ketika lagi sholat, hehehe.

Sepertinya ada komitmen baru untuk membangun komunitas steem literasi ya

Boleh banget kalo mau sama2 bangun komunitas literacy. Semoga nantinya komunitas itu bisa bermanfaat bagi kita

Sep lagak tulisan, gada duanya pak MC👍🏻👍🏻

Wkwkw beutoi Hana duanya, tp ada lhe, peut, limöng nya. Hahaha

Bereh sekali tulisannya pak MC.
Lon suka sekali. Ajak saya mendaki gunung ya pak MC. Saya naik scuter saja.

Wkwwkwk. Meunyoe na yg jeut keu ilme, silahkan Cok. Yang jeut keu broh, boh beu jioh bèk sampoë meu bee khep. Wkwk

Ini dia yang saya maksudkan pada artikel sebelumnya, semoga menjadi pencerahan bagi kawan-kawan. Sebenarnya problem "bangun tidur, tidur lagi" hanya Mbah Marijan ahli nya, dia lah juri kunci nya. Thanks brother, segala unek-unek aku selama ini telah tersalurkan lewat post ini. Sukses selalu @resyiazhari!.👍👍👍

Hahaha, intinya kita siap angkat topi bagi siapapun yang ingin menulis, apapun tulisannya.
Tp seperti yg sudah saya bahas di postingan, apakah kita harus selalu terpaku pada bangun tidur, gosok gigi dan tidur lagi?
Atau kita punya keinginan untuk menjadi lebih dari itu. Semua itu kembali pada pribadi masing-masing.

👍👍👍👌

Saya baca tulisan ini dari awal sampai akhir dan mengulang di beberapa kalimat yang meugiwang. Tapi selalu tidak bisa konsentrasi sampai paragraf kesembilan. @resyiazhari memang paling pintar mengacaukan konsentrasi dan membuat pembaca salah fokus. Hoka Bang @zainalbakri?

Kapaloe sep bergizi kalinyoe. Asoe tok. Man foto keupue nyan. Ilon hinan gagal fokus kon nyoe @ayijufridar?

Teukhem kuh kubaca komentar droeneuh.

Meunyoe Dum droeneuh Hana fokus peu yg long tuleh, awak Laen peu Lom.

Kesimpulan jih peu yg long tuleh, Hana meuphom.

Kon tulesan yang gagal fokus, tapi foto adek nyan... Neu kirem saleum, beuh... Tapi bek peugah-peugah bak Bang @zainalbakri.

Wkwkwwk.
Tulesan long saboh Teuk na neubaca?

Eunteuk cot uroe, beuh. Lheuh mengajar di kampus.

ilon gara2 fotonyan chit hana abeh2 lon baca tulesan. teudeng aju hinan nah

Memang Nyak @resyiazhari leumpah brat dipeukaru ureung tuha....

Wkwkwk
That raya ku khem

Mantap that kata-kata jih bang @resyiazhari , seronok wate Tabaca. terdiam wate peungah aba 🤣🤣

Hahahaa na saja droekeuh...

🤣🤣🤣

Cukop paten nah. Hana pat koh memang 😇😇

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 71095.13
ETH 3686.44
USDT 1.00
SBD 3.76