THE DIARY GAME | 29 MARET 2024 | KESEIMBANGAN ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN

in Hot News Communitylast month

sampul.jpg


KESEIMBANGAN ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN

Hai teman-teman semua yang ada di Platform Steemit, salam hangat kepada anda semua.

Bagi kita umat Islam sadar atau tidak kita sudah berada pada hari ke 18 pelaksanaan Ibadah Puasa Ramadhan tahun 1445 Hijriah, tepat pada hari Jumat tanggal 29 Maret 2024 Masehi. Saya masih sangat bersyukur masih diberikan kesehatan dan kekuatan dalam melaksanakan ibadah puasa tahun ini, sesuatu yang sangat berharga dan tentunya atas izin Allah SWT. Atas izinya juga saya masih bisa menikmati indahnya sahur bersama keluarga tercinta, mengajarkan anak-anak untuk memulai puasa dan menanamkan nilai-nilai keislaman bagi generasi saya berikutnya.



IMG20240329043522.jpeg

Saya yang lagi menikmati sahur

Dengan mengajak anak-anak saya Sahur pada pagi dini hari, saya ingin mereka mengingat ini sebagai sesuatu yang ditunggu disetiap Ramadhan datang. Perasaan ini juga yang saya rasakan hingga saat ini, kerinduan akan kenangan yang pernah Almarhum ayah saya berikan disaat saya masih kecil, dan kini hanya bisa saya nikmati bersama Ibu dan keluarga saya. Ini menjadi dorongan kuat bagi saya untuk memberikan kenangan terbaik selama Ramadhan bersama anak-anak saya, yang suatu saat nanti akan diingat dan dirindukan oleh mereka disaat mereka beranjak dewasa.

IMG20240329043520.jpeg

Dengan wajah yang masih mengantuk, anak-anak tetap semangat untuk Sahur


Pagi ini setelah melewati sahur semalam saya memulai aktivitas di rumah bersama dengan istri tercinta, hari libur bersama ini kami manfaatkan untuk membersihkan rumah pada bagian-bagian tertentu yang terlihat kurang rapi. Di mulai dari jam 08.00 WIB kami bergotong royong kecil-kecilan, kami sadar waktu akan berjalan sangat cepat hingga hari kemenangan berada didepan mata. Maka memanfaatkan waktu libur dengan membersihkan beberapa peralatan dan juga ruangan yang kurang rapi, menjadi aktivitas produktif di rumah di saat libur.

Terkadang anak-anak juga terlibat dalam kegiatan bersih-bersih ini, walau memang mereka hanya sekedar bermain dan mengumpulakan barang-barang yang sebenarnya sudah kami rapikan sebelumnya. Namun demikian kegiatan terus berlanjut hingga satu persatu barang atau peralatan di bersihkan, sehingga terlihat rapi dan bersih kembali.



IMG20240329110132.jpg

Keadaan kipas angin yang kotor

Istri saya sendiri terlihat sibuk membereskan bagian-bagian dapur tempat dimana dia sering beraktivitas di rumah, sedangkan saya membersihkan beberapa perabotan Rumah tangga seperti lemari dan juga kipas angin yang terlihat sedikit kotor oleh tempelan debu yang berputar setiap hari di baling-balingnya. Berbagi tugas di saat libur untuk membersihkan rumah sering kami lakukan, tanggungjawab bersama yang harus saling menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah. Aktivitas ini kami kerjakan bersama-sama hingga mendekati waktu siang, mungkin sekitar jam 11.00 WIB seingat saya.

IMG20240329105955.jpg


IMG20240329111104.jpg

Langkah pembersihan dua kipas angin


Disini saya beristirahat sejanak dari aktivitas membersihkan rumah, cuaca yang masih saja terasa panas disebabkan hujan yang sudah lama tidak kunjung turun, membuat saya harus mengambil waktu beristirahat sejenak. Ini juga dikarena beberapa jam lagi saya harus bersiap-siap mandi dan melaksanakan sholat Jumat, sebuah kewajiban lain yang harus dikerjakan terlebih dibulan Ramadhan ini.

Jam 12.05 WIB saya terbangun dari tidur yang tiba-tiba datang disaat beristirahat tadi, bergegas saya mengambil handuk dan bersegera mandi untuk kemudian menuaikan sholat Jumat yang rencanakan saya laksanakan di Mesjid Al-Hikmat Cunda, mesjid yang tidak begitu jauh dari tempat saya tinggal. Jam 12.30 WIB saya berangkat ke tempat yang telah saya rencanakan, cuaca panas masih saja terasa walau sesampai di Mesjid udara sudah mulai teras nyaman dengan angin sepoi-sepoi masuk ke seluruh ruangan Mesjid.


IMG20240329110103.jpeg

Bersiap berangkat Sholat Jumat


Sepulang dari sholat Jumat saya pun kembali ke rumah, disaat seperti ini saya menyempatkan diri untuk kembali berbaring di ruang tengah untuk menyegarkan kembali mata yang terasa sedikit mengantuk. Walau beberapa anak-anak mengajak untuk bermain dan bercanda, namun saya tidak dapat menahan rasa ngantuk yang sangat terasa di ujung kelopak mata.



IMG20240329163821.jpg

Telur asin yang direbus

Siang hari menjelang sore saya mulai terbangun dari tidur, dengan mencuci muka terlebih dahulu saya pun menghabiskan waktu bermain bersama anak-anak menghabiskan waktu siang yang tersisa, sore harinya saya harus keluar rumah untuk membeli menu berbuka seperti kue dan lain sebagainya. Untuk menu makan saat berbuka nantinya, istri telah memasah kuah tumis atau crah cumi dan beberapa menu makanan lainnya seperti telur bebek asin. Dua makanan ini merupakan salah satu makanan favorit saya, memakan dua menu ini secara bersamaan sangatlah lezat terasa, itu sebabnya istri saya terbilang sering memasak Cumi crah dan Telur asin untuk menu makanan.

IMG20240329163750.jpg

Tumis atau Crah cumi-cumi


Menjelang waktu berbuka dan untuk mengisi waktu yang tersisa sebelum berbuka puasa, saya duduk bersama anak laki-laki saya. Saat itu saya mengajarkan mereka tentang tata cara sholat yang juga diajarkan di sekolah mereka setiap hari, namun dikarenakan libur dan untuk mengisi waktu menjelang berbuka, saya menfaatkan waktu dengan mengajarkan mereka kembali agar tidak lupa dengan materi yang pelajari sebelumnya.


IMG20240329110112.jpeg

Mengisi waktu menjelang berbuka dengan mengajarkan Salman


Hingga akhirnya pada jam 18.46 WIB Adzan Magrib pun berkumandang dan terdengar, sehingga kami sekeluarga bergegas membatalkan puasa kami dengan berbuka puasa. Menu-menu yang sudah terbeli dan beberapa menu makan yang telah dimasak oleh Istri, menjadi menu yang kami santap bersama-sama, dilanjutkan dengan sholat Magrib tentunya.

Malam harinya setelah makan malam saya juga harus kembali bersiap-siap ke Mesjid untuk melaksanakan sholat Tarawih, sore tadi hujan tiba-tiba saja turun, sehingga udara malam ini tidak begitu panas terasa. Sampai akhirnya saat pelaksanaan sholat Tarawih selesai saya pun kembali pulang ke rumah, beberapa anak sudah mulai tertidur di kamar mereka masing-masing.


IMG20240329163755.jpeg

Memfaatkan waktu santai malam dengan aktif di Flatform Steemit


Disaat itu saya mengambil Laptop yang saya miliki dan melakukan hal biasa yang saya lakukan di Platform Steemit, seperti membuat postingan, melakukan kurasi menggunakan Akun saya sendiri dan juga melakukan Verifikasi terhadap pengguna yang membuat postingan Komunitas Hot News, sekaligus membuat laporan Booming yang hamir dua minggu lebih tidak saya kerjakan.

Pada akhirnya waktu malam juga yang membuat saya harus beristirahat dan memutuskan untuk tidur, dengan berdoa dan berniat puasa saat akan tidur, saya berharap Allah SWT masih memberikan kesehatan dan kesempatan bagi keluarga kami untuk melaksanakan sahur.



About my account
PeriodFebruary 29 to March 30, 2024
Transfer to Vesting 784.589 Steem
Cash Out
759.600 Steem
ResultClub100
CSI17.4 (0.00 % self, 98 upvotes, 76 accounts, last 7d))
Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 last month 

Sepertinya anda sukses menjadi seorang ayah. Memberi atau mendidik anak anda dengan disiplin. Sebagai seorang ayah memang patut di ambil contoh. Mendidik anak sebelum dia mendidik kita, 🤣🤣🤣🤣

 last month 

Aamiin, doakan agar menjadi anak-anak Aceh yang sholeh dan sholehah, sukses juga untuk anda bang safrijals.

 last month 

Terimakasih pak.

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.13
JST 0.033
BTC 62981.24
ETH 3034.31
USDT 1.00
SBD 3.75