the diary game || Senin 18 Maret 2024 || Hari Pertama Siswa Masuk Madrasah di Bulan Ramadhan 1445H

in Hot News Community2 months ago

ASSALAMUALAIKUM


Hai sahabat steemian comunitas Hot News Community, semoga kita semakin baik dan terus dapat meningkatkan diri untuk menjadi lebih baik dari hari sebelumnya. Pada the diary game senin, 18 Maret 2024 tentang kegiatan diriku yang bertema secara umum hari pertama masuk madrasah di bulan Ramadhan 1445H.

Kegiatan pagi ini saya awali hari ini dengan shalat subuh, namun karena masih merasakan kelelahan dari perjalanan jauh pada hari minggu lalu, saya tidak berjamaah ke mesjid, Alhamdulillah ada istri dan anak yang dapat dijadikan teman jamaah di dalam rumah.

Selanjutnya saya bersiap siap untuk berangkat kerja di hari pertama bulan Ramadhan ini, kegiatan hari pertama di MIN 12 untuk siswa sama seperti madrasah lainnya, namun perbedaan adalah waktu dan aktivitas proses pembelajaran yang berbeda dilakukan di madrasah.

Siswa masuk jam 8.00 WIB dan pulang jam 12.00 WIB, mata pelajaran yang dibahas pada pembelajaran di dalam kelas berfokus pada dinul Islam yaitu materi materi yang berkaitan dengan akhlak, iman dan ikhsan serta tauhid.

Saya hadir di madrasah pad ahari pertama ini, luemayan telat, namun karena murid juga masuk telat jadi tidak jadi sebuah masalah, jam 7.40 kehadirian saya , murid juga belum ada yang datang ke madrasah, ini karena jam pembelajaran di mulai jam 8.00 WIB.

WhatsApp Image 2024-03-25 at 07.40.44.jpeg
Hadir di Madrasah

Khusus untuk bulan Ramadhan, seragam yang digunakan muridpun berbeda dengan hari biasanya, mereka dibebaskan dan tetap dalm norma keislama yaitu dengan memakai baju muslim atau muslimah bagi perempuan, pokoknya harus syar'ii sesuai syariat.

Tiba jam 8.00 sudah mulai siswa berdatangan ke madrasah, satu persatu mereka memasuki kelasnya, namun julah persentase kehadiran memang sangatlah berbeda dengan hari hari biasanya, perkiraan yang hadir dalam satu kelas ada yang 10 bahkan ada yang 5 orang saja, sehingga para guru mengambil inisiatif untuk menggabungkan kelas.

WhatsApp Image 2024-03-25 at 07.40.47.jpeg

WhatsApp Image 2024-03-25 at 07.40.46 (2).jpeg

Kegiatan dinul Islam selama Ramadhan memang wajib dilaksanakan sesuai edaran dan juga kultur budaya Aceh yang memang sangat kental dengan syariat Islam, sehingga pembelajaran kurikulum biasa diganti menjadi kegiatan dinul Islam. Materi apda hari pertama setiap kelas disamakan dengan para pengajar yang berbeda beda.

Ketika saya mengecek ke dalam kelas, pembelajran yang disampaikan oleh guru penganpu sangat mengasyikkan para siswa yang mengikutinya, puasa yang sedang mereka jalani tidak membuat semangat para siswa dalam menuntut ilmu menurun, ini bagi yang hadir di madrasah.

Tema hari pertama yang disampaikan oleh guru pada hari pertama adalah tujuan penting puasa dan yang berkaitan denagn ibadah ini, hal ini tidaklah terlambat bagi dengan tema yang di khususkan karena perjumpaan pertama sebagai hal yang membangun semangat dan keilmuan mereka terkait pengetahuan tentang puasa yang akan terus mereka jalani hingga 20 hari lagi kedepan.

WhatsApp Image 2024-03-25 at 07.40.46 (1).jpeg

WhatsApp Image 2024-03-25 at 07.40.46.jpeg

WhatsApp Image 2024-03-25 at 07.40.45 (1).jpeg

Kegiatan di madrasah selesai hingga jam 12.00 tampa terasa, ketika siang hari menjelang dhuhur saya menuju ke mesjid yang berada di Simpang Peut, untuk melaksanakan shalat dhuhur, setelah itu hal yang menjadi rutinitas selama Ramadhan adalah berusaha menguatkan diri dan melawan hawa nafsu untuk dapat menyiapkan waktu membaca alqur'an selesai shalat walaupun hanya dua halaman.

WhatsApp Image 2024-03-25 at 07.40.45.jpeg

Sore seperti hal nya orang lain saya, istri dan anak keluar rumah dan mencari jajanan untuk persiapan buka puasa. selesai kegiatan magrib, berlanjut isya dan terawih yang saya lakukan di mesjid yang ada di kampung saya yang bernama Baitul Kiram.

Inilah the diary game saya di hari pertama saya melaksanakan tugas pada bulan Ramadhan 1445H

Terima kasih sebanyak-banyaknya untuk teman teman yang telah memberikan semangat untuk saya dan mendukung setiap artikel di comunitas hot news, saran dan dukungan sangat saya butuhkan untuk berkembang di aplikasi steemit ini.


Salam,

@suhaimiarza
About me


Coin Marketplace

STEEM 0.32
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 68072.80
ETH 3780.85
USDT 1.00
SBD 3.72