Economic Diary Game (Kamis, 18 April 2024) Belanja Stok Barang Toko

in Steem Entrepreneurs12 days ago (edited)

سَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Hai sobat steemian semuanya dimanapun anda berada, bagaimana kabar anda hari ini? semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. Hari ini saya kembali membagikan aktivitas saya sehari-hari dalam The Diary Game.

IMG_9120.jpeg

Belanja stok barang di toko grosir bahan alat-alat tulis

Bertepatan dengan berderingnya suara alarm melalui smartphone yang sudah saya atur tadi malam, saya terbangun dari tidur pada pukul 05:30. Saya membangunkan istri dan anak gadis kecil saya untuk sama-sama menunaikan sholat Subuh 2 rakaat. Lalu saya membuka toko pada tempat usaha fotocopy dan penjualan alat-alat tulis menyambut pelanggan yang datang yang membeli keperluannya.

Kesibukan pagi mulai terlihat saat pelajar dan orang tua murid yang mengantarkan anaknya ke sekolah. Saya melayani pelanggan-pelanggan yang datang ke tempat usaha saya dengan sebaik-baiknya supaya mereka terasa betah belanja di tempat saya dan memfotocopy dokumen-dokumen penting milik mereka. Saya tidak membeda-bedakan pelanggan yang datang ke tempat usaha saya walaupun hanya berbelanja cuma 1.000 IDR saja.

IMG_9103.jpeg

IMG_9104.jpeg

IMG_9105.jpeg

Kesibukan yang mulai terlihat saat pagi hari

Pukul 11:15 waktu indonesia barat saya pergi mengadiri undangan pesta perkawinan “preh dara baro” yang berlokasi satu desa dengan tempat tinggal saya, hanya berbeda dusun saja. Kebetulan saat saya datang bertepatan dengan kedatangan rombongan dara baro sehingga saya harus menunggu beberapa saat sampai selesainya prosesia adat penyambutan dara baro oleh keluarga besar “linto baro”.

Saya dipersilahkan oleh tuan rumah untuk menyantap aneka hidangan makanan yang telah dipersiapkan bersama dengan tamu-tamu lainnya di tempat yang telah disediakan. Karena banyak tamu yang datang bersamaan ditempat penyajian makanan saya harus menunggu giliran untuk bisa memilih menu-menu sesuai selera. Berbaur dengan warga sekitar saat menyantap makanan ada sebuah keasyikan tersendiri sambil berbincang mengenai berbagai hal kehidupan. Setelah selesai makan saya duduk-duduk bersama warga dan tetua kampung untuk mempererat hubungan sosial kemasyarakatan.

IMG_9108.jpeg

IMG_9109.jpeg

IMG_9110.jpeg

IMG_9111.jpeg

IMG_9112.jpeg

Menghadiri undangan pesta perkawinan pada salah satu rumah warga

Pulang dari tempat pesta perkawinan, saya melanjutkan kembali beraktivitas di toko yang dari tadi dijaga oleh istri, namun sebelum itu saya menunaikan sholat Dzuhur terlebih dahulu supaya merasa ketenangan jiwa saat beraktivitas. Tidak berapa lama kemudian datang canvaser operator seluler PT. INDOSAT melakukan kunjungan rutin menawarkan voucher internet dan kartu perdana milik mereka.

Ada promosi-promosi terbaru yang mereka tawarkan seperti kartu perdana paket internet 7GB dengan harga jual 20.000 IDR. Disamping itu ada juga promosi pengisian ulang paket internet 12GB masa aktif 30 hari dengan harga jual 30.000 IDR. Dan satu lagi promosi yang ditawarkan pada hari ini adalah “Freedom Internet” 3GB masa aktif 5 hari dengan harga jual yang sangat terjangkau oleh semua kalangan yaitu cuma 15.000 IDR saja.

IMG_9115.jpeg

IMG_9116.jpeg

Kunjungan canvaser operator seluler menawarkan kartu perdana dan voucher paket internet

Setelah sholat Ashar pada pukul 16:30, lalu saya pergi ke toko grosir penjualan alat-alat tulis yang berlokasi di Krueng Geukueh untuk berbelanja stok barang toko dengan menggunakan sepeda motor. Ada beberapa macam persediaan barang ditoko saya telah habis. Barang-barang yang ingin saya belanjakan pada hari ini yaitu; kertas HVS putih ukuran F4, kertas HVS putih ukuran A4, masker medis dan masker hijab, stipo joyko dan kenko, post-it dengan berbagai ukuran, pulpen kingsman, pulpen balliner pilot, klir kayu parko panjang, peniti, dan korek kuping besi.

Mumpung baru belanja pertama setelah lebaran, saya disediakan minuman segar oleh pengelola toko grosir tersebut dan minum-minum bersama dengan karyawan toko. Sebenarnya ada dua jenis barang lagi yang hendak saya belanja pada hari ini tetapi saya terlupa karena tidak menulis di catatan. Total keseluruhan uang untuk membayar pada belanja kali ini adalah sebesar 3.336.000 IDR.

IMG_9121.jpeg

Belanja stok barang toko

Sambil menunggu semua barang belanjaan dikemas, saya menyempatkan diri untuk membeli makanan kesuakaan anak saya sekaligus lauk untuk makan di rumah nanti malam. Saya membeli 3 bungkus mie goreng Aceh di warung mie Sani dengan memakai topping udang, harga perbungkusnya adalah 26.000 IDR, jadi saya harus membayar disini sebesar 78.000 IDR. Lalu saya membeli 3 potong ayam goreng krispi di gerai Kings Fried Chicken dengan harga perpotong 13.000 IDR. Setelah semuanya selesai lalu saya pulang dan tiba dirumah pukul 18:50 bertepatan dengan waktunya sholat Magrib.

IMG_9123.jpeg

IMG_9122.jpeg

IMG_9124.jpeg

IMG_9125.jpeg

Membeli makanan untuk makan bersama keluarga dirumah

Demikian The Diary Game singkat saya pada hari ini, sekian dan terima kasih atas waktunya berkenan membaca tulisan saya ini dan memberi dukungan sebagai penyemangat bagi saya untuk selalu menghadirkan karya-karya yang lebih baik lagi.

Salam Hormat,
@yuswadinisam

Saya mengundang Anda untuk mendukung @pennsif.witness untuk pertumbuhan di seluruh platform melalui komunikasi yang kuat di semua tingkatan dan menargetkan pengembangan hasil tinggi dengan sumber daya yang tersedia.


Click here

Steem.png

About Me

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

 12 days ago 

Many thanks to the Steem Entrepreneurs Community users who shared the original posts. We hope your contributions continue to inspire and strengthen the entrepreneurial spirit in our community.

Status Club#club100
Verified userYES
Plagiarism & AI-freeYES
Bot-freeYES
Tag #steemexclusiveYES
Beneficiaries of #steempreneurshipNO
Support of #burnsteem25YES
Voting CSI14.0 ( 0.00 % self, 96 upvotes, 65 accounts, last 7d )
Verification date
April 21, 2024

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 12 days ago 

Thank you very much for moderating my post and providing support

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 61766.85
ETH 3081.60
USDT 1.00
SBD 3.82