Mudah dan Lezat: Ikan bakar ala el-nailulsteemCreated with Sketch.

in SteemFoods4 years ago

Tidak sengaja sewaktu saya surfing di komunitas steem SEA, saya melihat sebuah postingan dengan gambar makanan, saya yang memang sangat hoby memasak langsung saja mengklik gambar yang ternyata milik @alikoc07, lihat postingan ini.

Ternyata dia adalah pecinta masakan saperti saya, seperti mendapatkan teman yang se-ide dan se-hoby saya sangat bahagia sekali. Tentang hobi saya memasak, seluruh keluarga saya tahu persis. Dirumah untuk acara besar maupun acara kecil selalu saja saya yang akan memasak, bahkan untuk sebuah acara pesta pernikahan yang tamunya mencapai 4000 orang saya pernah memasak, sebagai buktinya anda bisa melihat postingan saya di sini. Tgk @steemitcountry yang tau persis hoby memasak saya sudah tidak terhitung berapa kali meminta saya membuat bumbu untuk masakan yang diminatinya. Dan kalau tidak salah tgk @steemitcountry pernah juga memposting berkenaan dengan kegiatan bakar ikan didalam rumah.

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting cara memanggang ikan yang sederhana tapi sangat nikmat. Bumbunyapun sangat sederhana sekali, hanya beberapa bumbu dapur yang saban hari terlihat didapur miliki orang Aceh khusunya dan orang yang tinggal di negara tropis, meskipun demikian tentu saja bisa ditemui di beberapa negara subtropis

Ok, Cut the cheese

Ikan bakar sederhana

IMG_20200920_170410.jpg

Membuat ikan bakar ini sangatlah mudah dan bisa dilakukan kapapun anda mau. Ini saya sajikan resep lengkap membuat ikan panggang ini:

Resep ini saya buat untuk 1 kg ikan

Bahan yang digunakan:

1 kg ikan (Kerapu, Bawal, Tongkol dan segala jenis ikan yang anda suka)

IMG_20200920_140718.jpg
Ikan yang saya panggang ini adalah sejenis ikan bawal hitam, ikan telah dibersihkan dan telah ditaburi garam serta perasan lemon

Bumbu-bumbu:

  • 5 butir bawang merah
  • 7 butir bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 1 cm kunyit
  • 10 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan bubuk ketumbar
  • 10 butir cabai rawit (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera kepedasannya)
  • 1 sendok vinegar (Asam sunti untuk orang Aceh)
  • 1-1/2 sendok makan garam dapur
  • 1 buah lemon ukuran sedang
  • 3 sendok makan minyak sayur/minyak goreng biasa

IMG_20200920_140638.jpg
Bumbu yang belum dibersihkan dan belum dihaluskan

Cara memasak;

  • Bersihkan ikan, kemudian cuci bersih. Lalu taburkan garam dan tambahkan perasan lemon ke atas daging ikan yang sudah diberi garam tadi. Biarkan sementara bumbu lain disiapkan

  • Bersihkan bumbu; bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, kemirin lalu tambahkan bubuk ketumbar. Giling semua bumbu dengan blender sampai lumat dan halus.

IMG_20200920_162942.jpg
Semua bumbu telah dihaluskan dan sedang ditumis dengan api kecil/sedang

  • Tumis bumbu dengan 3 sendok makan minyak sayur atau minyak goreng biasa selama 10 menit sampai bumbu menjadi harum

  • Setelah bumbu halus masak dan harum, oleskan bumbu ke ikan yang telah disiapkan tadi, lalu bakar sampai matang

IMG_20200920_165700.jpg

  • Ikan bakar lezat ini siap dinikmati dalam 20-30 menit

IMG_20200920_170332.jpg

Note: Atau semua bumbu halus bisa langsung anda olekan ke ikan yang telah dibersihkan, dan langsung dipanggang

Sengaja saya bakar ikan ini agar @nazarul, @muzack1, @ernaerningsih, @yenniyunita, @steemadi, @radjasalman, @green07, @steemitcountry dan rekan semua bisa menikmatinya bersama-sama, @anroja kalau terlambat datang awas tidak akan kebagian ikan bakarnya ya. Peace!!!!! :D. Ayooo kawan-kawan lain, mari kita berpartisipasi dalam contes memasak yang diadakan oleh komunitas SteemFoods

image.png
Image source; Property of @alikoc07

Ikuti link ke postingan ini, untuk mengetahui tata cara mengikuti kontes ini

Much Love

El-nailul

Sort:  
 4 years ago 

Terima kasih banyak atas makanan panggang lezat dan pedas yang Anda siapkan. Partisipasi Anda dalam kontes telah berhasil disetujui. :) Terima kasih banyak telah menandai teman Anda yang tertarik dengan makanan sebagai tambahan. Bagi yang tidak bisa makan ikan tanpa sambal, bisa menyantapnya lebih nikmat dengan sambal pedas yang sudah Anda siapkan. :) Dapatkah saya menggunakan thyme sebagai tambahan?


Can you vote when you're available for grilling fish with seasonings? :) @steemcurator01

You can use tyme leaf as you wish, and you can use bay leaf as well @alikoc07

much love

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.13
JST 0.031
BTC 61553.99
ETH 2881.27
USDT 1.00
SBD 3.54