Achievement 2 by @yulianoviza, Task : Basic Security On Steem

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.

Hai sahabat steemian di seluruh pelosok dunia, hari ini saya senang sekali karena achievement 1 saya sudah lulus verifikasi. Terima kasih bang @heriadi. Oya sahabat, kali ini saya mau melanjutkan perjuangan yaitu menulis Achievement 2 tentang keamanan dasar dalam mengelola akun steemit. Secara umum saya sudah mengetahui dan memahami tentang keamanan dasar akun steemit.


Kunci-kunci dan Password

Sahabatku semua, ketika pertama kali saya melakukan pengaktifan kembali akun steemit, saya masuk dengan menggunakan password yang diberikan pada saat saya membuat akun steemit pada tahun 2018. Namun setelah saya login muncul kotak yang mengarahkan saya untuk melakukan download file, dimana di file tersebut terdapat 4 kunci (Private Posting Key, Private Memo Key, Private Active Key dan Private Owner Key) dan juga 1 buah Master Password. Setelah saya melakukan download file tersebut saya menyimpannya dalam flashdisc dan juga HP saya. Dalam pemahaman saya bahwa keamanan dasar akun steemit berhubungan dengan kunci-kunci dan password tersebut, dimana penggunaan setiap kunci berdasarkan fungsi dan batasannya masing-masing sesuai tindakan yang akan dilakukan. Oya sahabat, jangan lupa Master password disimpan baik-baik ya…. Kalau saya pribadi master password tersebut saya foto dan print outnya saya simpan dalam kotak penyimpanan yang aman supaya tidak dicuri orang… Good luck.

Berikut ini fungsi dan batasan penggunaan kunci-kunci dan master password, yaitu :

  • Private Posting Key merupakan kunci untuk bisa masuk/login ke akun steemit sehingga bisa membuat postingan, memberikan komentar dan memberikan Upvote terhadap tulisan orang lain yang kita sukai.


  • Private Memo Key merupakan kunci yang digunakan untuk mendeskripsi dan mengenkripsi memo transfer pribadi melalui blockchain.


  • Private Active Key merupakan kunci yang digunakan untuk bisa masuk ke Wallet dalam rangka pengelolaan asset yang kita miliki. Setelah kita masuk ke wallet maka kita bisa melakukan transfer token, market, Power Up, Power Down, dan juga pendelegasian SP.


  • Private Owner Key merupakan kunci untuk mengatur kembali semua kunci yang ada dan juga digunakan untuk pemulihan akun steemit apabila akun kita disusupi orang lain.


  • Master Password merupakan sandi untuk menghasilkan sandi baru. Password ini sebaik disimpan secara offline dan tidak membagikannya kepada orang lain. Saya sendiri menyimpannya dalam bentuk foto dan print out dengan harapan tidak dapat diambil orang lain.


Transfer STEEM dan POWER UP

Saya sudah mengetahui tentang tata cara untuk melakukan transfer Steem kepada akun steemit yang lain dan saya sudah pernah melakukannya. Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara melakukan transfer Steem

Transfer Steem dilakukan dengan terlebih dahulu kita masuk ke wallet dengan menggunakan Active Key, kemudian kita menekan tanda panah yang ada di samping jumlah steem dan memilih point transfer. Selanjutnya akan muncul kotak Transfer to Account dan mengisi sesuai dengan yang kita inginkan (From diisi dengan nama akun kita, to diisi dengan nama akun yang kita tuju dan Amount diisi dengan jumlah Steem yang akan kita transfer serta yang terakhir Memo diisi dengan maksud dari transfer tersebut). Kemudian kita menekan Next maka akan muncul kotak Confirm Transfer dan kalau sudah sesuai maka kita tinggal menekan tombol Oke.

Sedangkan untuk meningkatkan kekuatan akun kita maka kita dapat melakukan Power Up, dengan ketentuan kita memiliki sejumlah Steem di wallet kita. Kalau kita tidak memiliki steem ya tidak bisa dong... Untuk lebih mudah difahami silahkan lihat gambar di bawah ini.

Cara melakukan Power Up

Saya sering melakukan Power Up dengan langkah-langkah sebagai berikut : Untuk tahap pertama kita masuk ke Wallet dengan menggunakan Active key dan memilih point Power Up. Selanjutnya akan muncul kotak Convert to Steem Power dan kita tinggal mengisi sesuai dengan diinginkan.

Saya rasa cukup sekian tulis Achievement 2 tentang keamanan dasar akun steemit dan terima kasih atas kesediaan verifikator untuk memverifikasi tulisan ini.

Achievement 1 :

Sort:  
 3 years ago 

Congratulations! You have been verified for this task and you may proceed to the next achievement task at your convenience.
Please visit this post for guidance about your next Achievement

 3 years ago (edited)

Thank you very much @jawad101

Coin Marketplace

STEEM 0.23
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 66750.69
ETH 3470.59
USDT 1.00
SBD 3.23