Masjid Agung Syahrun Nur, Masjid Megah Kebanggaan Tapanuli Selatan

in WORLD OF XPILAR2 years ago

1643458038547-01.jpeg

Halo sahabat lasak 😀👋

Tapanuli Selatan atau populer di singkat Tapsel, sejak Januari 2021 lalu mempunyai masjid agung yang sangat indah dan megah. Namanya Masjid Agung Syahrun Nur. Masjid yang lokasinya berada di komplek perkantoran kabupaten Tapanuli Selatan berada di tepi jalan lintas Sipirok - Padang Sidimpuan. Jika dari Medan perjalanan berkendara memakan waktu 7-8 jam perjalanan, sedangkan dari kota Padang Sidimpuan hanya +- 45 menit perjalanan berkendara.

Sejak dibuka untuk umum, Masjid Agung Syahrun Nur sangat ramai dipenuhi jamaah. Ada yang memang sengaja datang dan ada juga yang hanya singgah karena melintas di lokasi. Selain sebagai tempat ibadah, masjid agung ini juga sebagai pusat syiar Islam. Masjid Agung Syahrun Nur, Masjid Megah Kebanggaan Tapanuli Selatan.

Saya dan keluarga awalnya tidak sengaja mau singgah di masjid agung ini. Kami dalam perjalanan dari Medan menuju Padang via Tapanuli Selatan. Kebetulan saat melintas di Sipirok, waktu salat ashar telah tiba. Akhirnya kami memutuskan mencari masjid dan dapatlah Masjid Agung Syahrun Nur yang megah. Sangat kebetulan dan beruntung bisa singgah di masjid ikon kabupaten Tapsel.

Saat kami tiba, hujan rintik. Saya membawa bapak ibu mertua yang sudah berumur masuk ke kawasan masjid. Mertua saya agak kesulitan berjalan karena lantai keramik yang licin karena hujan. Belum lagi area cukup luas sehingga dari pintu masuk ke tempat mengambil air wudhu lumayan jauh. Tapi pelan-pelan saya menuntun mertua laki-laki saya, sedangkan istri saya menuntun ibunya/ibu mertua saya. Demi bisa salat di dalam masjid.

1643458180589-01.jpeg

Selesai salat ashar, kami istahat sejenak sambil melihat situasi masjid. Masjid ini konon berarsitektur Turki dan Timur Tengah. Berhubung saya belum pernah ke Turki dan Timur Tengah, jadi masjid ini mengingatkan saya pada masjid Wilayah Persekutuan di Kuala Lumpur Malaysia, yang pernah saya kunjungi beberapa tahun lalu. Menurut saya designnya agak-agak mirip. Tapi menariknya, tetap ada design ornamen lokal. Ada ukiran singap, bentukan diagonal silang dan segitiga khas rumah adat Tapanuli Selatan. Kalau kita perhatikan, seperti ada motif kain ulos khas Batak pada kubah masjid yang berwarna hijau.

1643458098927-01.jpeg


1643458265758-01.jpeg


1643458218872-01.jpeg

Masjid Agung Syahrun Nur memiliki 1 kubah besar dan 4 menara dengan luas bamgunan 3000 meter2 dan luas tanah 2000 meter2. Masjid Agung ini mampu menampung hingga 2,320 jemaah. Setelah puas memandangi masjid agung, kami menyempatkan diri untuk berfoto sebagai kenang-kenangan. Sore itu hujan masih turun meski tidak deras. Saya melihat banyak sekali orang tua yang datang mengunjungi masjid ini. Bahkan ada yang harus jalan membungkuk karena usia. MasyaAllah, betapa semangatnya berjalan untuk bisa beribadah di Masjid Agung Syahrun Nur, Masjid Megah Kebanggaan Tapanuli Selatan. Kami pun melanjutkan perjalanan menuju Padang. Semoga suatu saat nanti saya bisa kembali berkunjung ke Masjid indah dan Megah ini. Amin.

Baca Juga 👉 Melepas Rindu Aceh di Bandar Kupi Medan

Lokasi :

Masjid Agung Syahrun Nur 🕌
📌 Ri Nabolak, Sipirok,
Kabupaten Tapanuli Selatan,
Sumatera Utara,
INDONESIA 🇮🇩

Minggu, 30 Januari 2022

"Lasaklah, sejauh dan sebisa mungkin, karena hidup adalah bergerak"

Kaki Lasak : Steemit -Travel Blogger


kakilasak.jpg


3jpR3paJ37V8JxyWvtbhvcm5k3roJwHBR4WTALx7XaoRove1vYohLk8nRjFcHUdkL9oHK9FEN4VySKVQQ9n1yabsnWrD5ziLgJyKA4efcpo7YycyWiJ9yxPfg45u4x7EfKLnz.png


e9p9nezhh7.jpg


yj0tc2ym17.jpg


Follow Me :
Hive.Blog : Kaki Lasak
Blog/Website : Kakilasak.com
Facebook Husaini Sani
Instagram kaki lasak
Youtube Chanel : Kakilasak Official
Whatsapp +6282166076131

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 62772.18
ETH 3154.14
USDT 1.00
SBD 3.86