SEC S10W2: How do you plan to do your home shopping?

in Comunidad Latina11 months ago

Sahabat steemit semuanya salam sukses selalu buat anda semuanya dimanapun anda berada....


png_20230614_173643_0000.png

Edit by canva

Berbelanja kebutuhan sehari-hari merupakan sebuah tanggungjawab bagi seorang kepala keluarga. Baiklah sebelum melanjutkan, saya mencoba mengundang sahabat steemians @ridwant, @f2i5, @walictd, @graceleon, dan @afrizalbinalka untuk mengikuti challenge "SEC S10W2: ¿Cómo te planificas para hacer las compras de tu hogar? / How do you plan to do your home shopping?".

Who is responsible for doing the shopping in your home?

Dalam hal ini saya lebih memegang peranan penting atau tanggung jawab dalam berbelanja untuk keperluan rumah tangga. Bukan saya menyepelekan peranan sang istri. Namun untuk berbelanja saya melakukannya sendiri, terkadang bersama.

Hal ini saya lakukan agar lebih cepat dan waktu yang dibutuhkan lebih efektif. Setiap awal bulan bahkan belanja harian lebih banyak saya melakukannya. Karena istri saya yang merupakan pekerja kantoran dan ia bekerja sampai sore, yang membuat saya harus segera berbelanja kebutuhan rumah tangga. Terutama pada hari kerja, sedangkan jika hari libur kami akan berbelanja bersama.

Walaupun saya yang bertanggung jawab untuk berbelanja, namun saya tetap melakukan komunikasi untuk barang-barang yang harus dibeli selain barang kebutuhan pokok yang sudah menjadi post belanja bulanan.

How often do you shop at home?

IMG_20230525_175949.jpg

Dalam berbelanja untuk keperluan rumah tangga, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Adakalanya saya akan memulai berbelanja berbagai keperluan rumah dengan kebutuhan yang sudah menjadi rutinitas dan tentunya barang yang dibeli untuk kebutuhan satu bulan.

Sedangkan kebutuhan mingguan saya membeli di pasar terdekat, ini merupakan kebutuhan yang memang digunakan untuk satu Minggu. Dan belanjaan seperti ini, juga disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan.

Sedangkan belanja harian, ini tidak teratur, disesuaikan dengan permintaan sang istri, terutama untuk bahan yang tidak tahan lama walaupun disimpan dalam freezer.

Belanja yang menjadi prioritas utama adalah belanja bulanan, sedangkan yang lain disesuaikan dengan kebutuhan. Intinya untuk berbelanja antara satu hingga sepuluh kali dalam satu bulan.

What are the products that CANNOT BE MISSING in your home? Mention any of them (personal hygiene, cleaning, food or sweets)

Untuk kebutuhan yang tidak boleh dilupakan dalam setiap berbelanja adalah seperti alat kebersihan yang dibutuhkan setiap hari, misalnya sabun mandi, sabun cuci, pembersih wajah, odol, pembersih lantai atau sejenisnya. Bahkan satu kebutuhan pokok yang memang menjadi prioritas utama ketika berbelanja yaitu beras.

Ini merupakan makanan pokok yang harus ada setiap waktu di rumah. Intinya keperluan utama selain alat kebersihan adalah beras, minyak goreng, dan tentunya telur. Karena bahan ini tahan lama dan bisa disimpan dengan baik untuk kebutuhan sehari-hari.

Do you shop in a specific place or do you walk through several places before shopping?

Dalam berbelanja bahan kebutuhan bulanan saya memilih toko yang menjual segala macam keperluan dan toko ini letaknya sangat strategis. Dan tentunya toko ini menjadi langganan saya untuk membeli berbagai keperluan rumah terutama segala bahan kebersihan baik untuk badan, cuci maupun kebutuhan lainnya.

Ada juga saya membeli di swalayan yang terdapat di pusat kota Lhokseumawe, ini kalau ada keperluan saat menjemput sang putra. Membeli kebutuhan rumah dan juga kebutuhan sang putra, ini sifatnya situasional saja.

Sedangkan untuk keperluan memasak maupun buah-buahan saya lebih memilih berbelanja di pasar terdekat dan bahan yang dibeli masih dalam keadaan segar. Untuk ikan saya memilih membeli di jalan pabrik, ikannya segar serta pelayanan yang diberikan sangat baik.

Pada dasarnya saya berbelanja di tempat yang sudah menjadi langganan tanpa melewati toko lain, walaupun terkadang harga sedikit lebih mahal. Namun kenyamanan serta pelayanan yang diberikan merupakan prioritas utama bagi saya.

How much do you spend on average each time you go shopping? (indicate the price in your currency and the equivalent in STEEM)

Untuk berbelanja bulanan, mingguan dan juga harian saya mengeluarkan biaya sekitar Rp100.000,00 hingga Rp150.000,00 untuk setiap kali berbelanja untuk keperluan rumah tangga. Dan jika dikalkulasikan dengan harga steem hari ini adalah 42,680 steem sampai dengan 64,020 steem, harga steem Rp2.343,00.

Ini kalau hitung secara gamblang untuk keluarga kecil seperti kami yang tentunya dengan harga barang tidak stabil dipasar, membuat pengeluaran terkadang tidak wajar. Intinya ketika berbelanja kebutuhan sehari-hari disesuaikan dengan keadaan keuangan.

Terimakasih kepada semua sahabat steemit yang telah singgah di post saya. Salam @muzack1.

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 11 months ago 

With great emotion we notify you that this article has been curated by @f2i5, member of team #2 at 50%. Your content is amazing, keep working hard to opt for the weekly top.

Voting date: 14/06/2023

image.png

Thanks you for support

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 66256.11
ETH 3036.39
USDT 1.00
SBD 3.73