Petik Melinjo

in Indonesia3 years ago

received_3983105391775613.jpeg(melinjo matang dan segar)

Halo steemian semua. terutama komunitas steemian indonesia. Izinkan saya memposting di sini kembali setelah lama tidak pernah postung.

simak cerita saya hari ini:

Hari ini cerah sekali di kampung kami. Matahari terang sekali. Burung berkicau riang angin sepoi-sepoi. Itulah sebagian nikmat tinggal di kampung. Kampung kami terletak tak jauh dari pantai Manohara. Tepatnya Meuraksa. Sebuah kampung indah dan permai.

Pagi ini setelah sarapan, saya dan kakak saya telah berencana untuk memanen melinjo. karena buahnya sudah mulai berwarna terang. itu berarti sudah saatnya dipetik untuk dijual. pekarangan rumah saya di sekelilingnya ditanami banyak melinjo atau boh mulieng. Kami tidak tahu entah berapa harga pasaran melinjo itu. Tugas saya dan kakak hanya memetiknya. Tugas selanjutnya itu urusan ayah saya menjualnya.

received_927247948097167.jpeg(semoga waktu dijual mahal)

Perlu saya kasih tahu kepada steemian semua, Pidie adalah kabupaten penghasil melinjo. keurupuk mulieng sangat terkenal di sini. Orang kampung di Pidie banyak menerima jasa membuat kerupuk itu. Tapi, kata orang kesehatan, makan terlalu banyak kerupuk melinjo bisa naik kolestrol. Entah iya saya tidak tahu. Saya tetap makan kerupuk enak itu bersama nasi atau mie caluek. Kalau kamu tidak kenal kerupuk melinjo, kamu bisa perhatikan kerupuk itu diletakkan di atas mie aceh. Kerupuk itu sangatlah nikmat dimakan bersama mie kuwah pedas.

Hari ini kami hanya mampu memetik setengah drum cat 25 kg. karena pohon melinjo di rumah saya makin tinggi. reunong gak sanggup sampai ke pucuk. Kadang kami menunggu dijatuhkan angin saat malam. atau dijatuhi sama kelelawar.

Perlu steemian ketahui, melinjo ini tudak dijual kulitnya. Ia harus dikupas dulu, bijinya dikeringkan, baru dijual kepada agen atau muge yang setiap hari masuk keluar kampung membeli hasil bumi seperti melinjo, pinang, coklat dan apa pun buah. Walau dapat sedikit uang dari pohon, harus tetap disyukuri. Pasti berkah uangnya.

received_384084002908694.jpeg(pohon melinjo samping rumah)

itulah keberkahan hidup di kampung yang tidak akan sama seperti dulu saat kuliah di Banda Aceh. Kalau steemian susah bosan di kota cobalah pulang ke kampung membantu orang tua mememanen apa pun yang pernah ditanam di pekarangan rumah. Bahkan kelapa pun mahal sekali harganya sekarang.

Tapi mencari uang di steemit juga katanya mudah. Saya diajak kembali oleh abang saya untuk posting. Maka jadilah tulisan ini. semoga hari steemian semua menyenangkan.

salam.
@misriaharun
received_271159884795674.jpeg(setengah drum cat dapat. Alhamdulillah)

Sort:  

kalau di Jawa, kulit melinjo yang matang itu dikupas dijadikan masakan dengan cara di tumis. kalau di pidie, diapakan kulitnya yang merah-merah cantik itu?

Gak diapa2kan kak. Dibuang gitu aja. Bisa dimakan itu?

bisa banget.. coba aja, tunggu saya cari link ke postingannya, saya sering bikin atas permintaan suami dan dia bikin postingannya.

https://steemit.com/fff/@dipoabasch/foodfightfridayfreakinversary-the-1st-wants-some-gnemon-s-seed-coat

Payah ta coba sige. Sang deuh mangat. Rasa jih kbn kak? Phet?

panee phet ka lheuh ta reboih, kiban loen peugah.. ya lagee rasa watee ta taguen lam kuah pliek miseu mulieng muda, hana rasa terteuntee. Masen miseu jai neutik tri medan, mameh miseu neu tiek udeung, pokok jih neu tree dilee, kadang cocok.

nak bek gatai, memang sebaik jih neu reuboih meu 15 minet

[ ATTENTION!]

The user @steembots.info was blacklisted due to his involvement in:

  • Farming operations.

Be careful!



How to secure your account
Report any suspicious behavior on Steem Sentinels
Need help? Reach us on Discord

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 69774.83
ETH 3620.03
USDT 1.00
SBD 3.72