Curhat Perkenalan Mantan Buruh Migran

in #indoensia6 years ago (edited)

Salim untuk Stemian

P_20180512_173748_BF.jpg

Senangnya! Akhirnya bisa punya rumah di sini. Bagaimana tidak bahagia? Setelah menanti sekian lama. Berawal dari Mbak @alaikaabdullah yang mengenalkan steemit pada awal Februari 2018. Lalu saya baru berani membuat akun akhir Mei 2018 hingga kini 8 Juni tercapai sudah jadi penghuni rumah maya ini.

Saya ibu rumah tangga biasa. Tinggal di pelosok desa. Di Pagelaran, Kabupaten Cianjur bagian selatan. Dimana akses jalan, listrik dan internet masih timbul tenggelam. Terbayang kan sudah biasa pelosok pula. Tapi saya tidak ingin hidup saya biasa saja. Karena itu saya menulis. Menulis apa saja meski sekadar sebuah curhat. Melalui menulis saya ingin tampil beda. Paling tidak untuk saya pribadi.

Saya mantan TKW (tenaga kerja wanita) yang pernah jadi korban perdagangan orang (trafficking). Pemalsuan dokumen, tekanan kerja di luar job, berurusan dengan perwakilan pemerintah di negara penempatan menjadi rutinitas kehidupan saya selama itu. Melalui menulislah, saya meski berstatus buruh migran bisa membebaskan jiwa dan pikiran. Memunguti remahan pelajaran hidup diantara lautan kesulitan.

Menulis tetap saya lakukan meski berada dalam kondisi serba terbatas. Dengan menulis pula saya merasa keberadaan saya selama bekerja di Singapura, Hongkong dan Taiwan bisa memiliki arti dan kenangan. Karena dengan menulis (otomatis suka pula membaca) saya jadi banyak mendapat ilmu dan wawasan.

Setelah berumah tangga, pengalaman berkutat dengan kasus selama menjadi TKW membuat saya membuka mata. Di sekeliling saya di kampung banyak juga yang mengalami nasib serupa. Menjadi TKI Ilegal, atau TKI yang memiliki kasus. Tidak ingin pengalaman buruk saya diikuti orang lain maka secara tidak sadar saya terjun ke dunia buruh migran dan semampunya menyerukan proses prosedural sesuai dengan aturan. Aktivis migran, begitu sebagian orang ngatain saya dengan kegiatan saya dalam membantu teman-teman sesama buruh ini. Migfant Institute dan Serikat Buruh Migran tempat saya menyerap sekaligus berbagi ilmu dan pengalaman.

Tinggal di kampung tidak lalu membuat saya bagai katak dalam tempurung. Karena melalui tulisan, saya bisa berkelana ke mana saja, ke berbagai belahan dunia. Baik dunia nyata, dunia maya, sampai dunia gaib. Serius!?

Jangan heran kalau setelah tulisan perkenalan ini, tulisan selanjutnya akan membidik bahasan terkait pengalaman dan keluh kesah saya seputar dunia saya di atas. Tidak jauh beda sebagaimana curhatan saya terangkum dalam http://www.tehokti.com dan atau http://www.indungbageur.my.id

Semoga bermanfaat, itu saja. Karena murni tulisan saya berupa curhat.

Sort:  

Salam hangat dari Malang teh Okti. Saya suka tulisan curhat, jadi nggak sabar pengen membaca tulisan selanjutnya :D

Halo, Teh Okti! Senang rasanya melihatmu akhirnya berada di sini juga. Selamat datang di samudera steemit, ya, Teh. Semoga betah dan kita akan belajar bersama serta bersenang-senang di sini, ya!

Oya, saya ingin colek kakak cantik saya, Kak @ettydiallova ah, yang saat ini masih betah banget di Taiwan. Saya yakin, Teh Okti bisa belajar banyak nih dari Kak Etty.

Kakak cantikku, kenalkan, ini Teh Okti, temanku, seorang mantan tenaga kerja migran yang hobi menulis, seorang blogger dan kini adalah juga seorang steemian. :)

Trims udah colek sesepuh di Taiwan juga :)

Terimakasih sudah colek sesepuh di Taiwan :)

Selamat pagi Kakakku yang Keceh @alaikaabdullah.

Senang bisa berkenalan dengan @tehoki. Mari bersama-sama mengarungi Samudera Steemit ya Teh,..

Selamat bergabung dan berkarya di sini....

Terimakasih atas semua ilmunya kakak @mariska.lubis alhamdulillah akhirnya bisa bergabung :)

Selamat datang di Steemit @tehokti
saya Ratu Ayu ( neni saputra) di steemit di singkat jadi @ranesa70, 70 tahun kelahiran, dah tua yaaa hahaaa

Terimakasih kakak @ranesa70 tidak ada kata tua selagi jiwa selalu muda hehehe... Saya juga lahir 79

Halo, Teh Okti, Salam kenal dari Pekanbaru, jadi teringat dulu saya juga punya kenalan yg mantan buruh migran, beliau salah satu contoh orang yang tidak kehilangan semangatnya untuk berbagi ilmu. Membaca curhatan Teh Okti membuat saya teringat sama beliau. Sekali lagi salam kenal ya teh.

Salam kenak Teh Oki,.sudah tidak sabar membaca tulisan Teteh tentang petualangan menjadi BMI,,

Salam hangat dari Taiwan.

Beruntung bertemu dirimu lagi di sini Teteh...

SELAMAT DATANG! Hello, tehokti! Best wishes for a very happy journey here in this awesome community :) Have fun!!

By the way, there are several groups you as a newcomer can join. They will stay with you for your journey, helping and mentoring along the way.

@greetersguild invite link https://discord.gg/AkzNSKx
@newbieresteemday invite link https://discord.gg/2ZcAxsU

Thank you :)

Salam kenal... :)

Halo Teh.... belajar lagi kita yaa bareng di steemit world...
Btw yg dunia gaib tuh ay agak2 gimana gt hahaha

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60793.36
ETH 2909.65
USDT 1.00
SBD 3.64