Belajar Menulis Bersama: Praktik Langsung

in #indonesia6 years ago

Kami akan memandu, mengoreksi dan membetulkan langsung postingan steemians yang memakai Bahasa Indonesia, agar sesuai kaidah, baik dan benar. Ini hanya ide bagi yang mau saja.

IMG_20180218_184059.jpg
[Ilustrasi jaringan di steemit, model diperagakan Arkan]

Ide ini dipengaruhi oleh temuan banyaknya kekeliruan penggunaan Bahasa Indonesia dalam postingan steemians. Saya kemudian berpikir untuk membantu memandu sesuai kemampuan membenarkan yang keliru. Sambil belajar bersama, membangun diskusi.

Ini tak bermaksud membuka sekolah di steemit, hanya rasa kebersamaan, saling membantu membagi pengetahuan dari steemian ke steemian yang lain. Lagi pula, saya tak punya steem power besar untuk berbagi nilai upvote yang lumayan, masih plankton. Kebetulan punya sedikit kemampuan menulis, pekerjaan yang telah puluhan tahun saya geluti.

Awalnya saya ragu memulai proyek ini, sungguh takut dihina dan diejek. Saya utarakan maksud kepada Ketua KSI Chapter Bireuen, @bahagia-arbi yang kerap menjadi tempat bertanya. Dia setuju dan memberi semangat. Karena keterbatasan waktu, rencana ini hanya untuk kawan-kawan di KSI Chapter Bireuen, dengan harapan agar ide ini bisa diikuti oleh wilayah lain.

IMG-20170320-WA0015.jpg
[Usai belajar jurnalisme data]

Langsung saja ke intinya. Kawan-kawan yang ingin belajar bersama tentang penulisan sesuai kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, akan saya pandu langsung dengan mengoreksi/memperbaiki bahasa dalam postingan yang disampaikan dalam proyek ini.

Pelan-pelan dan bertahap. Mungkin awalnya, saya hanya melakukan koreksi pada penulisan kata sesuai kaidah. Selanjutnya dapat diteruskan dengan logika bahasa, penyusunan paragraf, membuat deskripsi dalam menulis story dan lainnya. Tentunya tergantung minat para steemians. Sekali lagi, hanya untuk yang membutuhkan dan mau saja.

Berikut tahapannya:

  1. Kawan-kawan membuat postingan (tulisan) seperti biasa
  2. Tulisan Bahasa Indonesia
  3. Link postingan kawan-kawan disampaikan pada kolom komentar di bawah ini (tahap pertama berakhir tujuh hari ke depan)
  4. Saya akan mengambilnya dan melakukan koreksi
  5. Satu hari, saya akan melakukan koreksi minimal satu tulisan (mulai Senin, 14 Mei 2018)
  6. Hasil koreksi, saya sampaikan dalam postingan di steemit

steemit_belajar.jpg

Untuk mengembangkan ide ini, saya akan mengajak beberapa kawan yang punya keahlian menulis untuk membantu. Proyek ini didukung sepenuhnya oleh @bahagia-arbi.

Salam
@abuarkan

Sort:  

Saya sangat setuju dengan program ini bang. Pemula seperti saya sangat membutuhkan pengetahuan lebih lanjut dalam menulis.

Terobosan yang sangat bagus untuk seluruh anggota #steemian BSC...
TERIMA KASIH @abuarkan

Makasih helmi, tolong disampaikan ke kawan2 yg mau. Saleum

Ide cemerlang. Hana saba lee kirem postingan untuk dikomentari lee senior. Hehehe..

Gata ka lagak teumuleh ...

https://steemit.com/indonesia/@zulfadli/angka-139-bertamu-robot-dan-terombang-ambing-dilaut-biru
mohon koreksi bang ya..saya pemula dan ingin menjadi penulis tapi belum ada yang membimbing...mohon bantuan..terima kasih

Siap zul, akan saya koreksi senin. Thanks sudah meramaikan

Sama2 bg...boleh saya tiap hari menulis dan mengirim link buat abg koreksi??? Saya ingin menjadi penulis namun belum ada yg bimbing...kalau abg mau saya akan kirem tiap hari...terima kasih banyak bg

Tidak berani awak kirim link, soalnya banyak sekali salahnya. Tatut ah...

haha....njoe proyek mulia... harus ta dukung hai @acehpungo...

@acehpungo direncanakan masuk dalam salah satu tim koreksi nanti. Hehe

bereh that, enteuk lon kirim atra lon, beu bantu edit le awak droen siat... hehe

Ide yang brilian, mau juga dikoreksi tulisannya agar sesuai kaidah PUEBI. Genre tulisan boleh apa saja, kan?

Bisa apa aja bu. Thanks

Wah...gak berani bagi linknya...banyak salah dan keliru 😄 @abuarkan

Kirim ke email aja deny. Wkkwk

Nyo jet lon Tuleh bak artikel lanjutan beuh...
Na sosok @abuarkan tulus dan ikhlas senantiasa akan mengkoreksi karya penulis muda agar lebih sempurna. Tp itupun jika kalian (Steemians) yg meminta. 🙏

Postingan senior memang selalu memiliki kemampuan untuk menaklukan hati para pembaca, gerah liatnya, sukses bg @abuarkan :)
Semoga saya bisa belajar menulis dengan benar, jika ada kesalahan, saya sangat berharap anda mau mengoreksi postingan saya, terimakasih @abuarkan

bg @abuarkan, ban lon baca postingan nyoe, lon tiek laju link lon https://steemit.com/esteem/@fujia/negeri-pedebah-40defee8fd485

Lagak adoe puisi dalam postingan tersebut, sudah saya kunjungi. Selamat, gata memang berbakat sejak lama.

hihihi..nyoe berkat droe neuh shit bg Adi Warsidi.

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 64058.80
ETH 3150.15
USDT 1.00
SBD 3.99