Mitos tentang Geunteut

in #indonesia6 years ago

Assalamualaikum Wr.Wb sahabat steemits, kali ini kita masih membahas mengenai isu atau masalah yang ada di dalam masyarakat, isu ini merupakan isu yang kelima yang akan saya bahas di akun steemits saya, sekarang saya akan membahas tentang mitos tentang geunteut.

image
https://goo.gl/images/e2GfK5
Nah pasti teman-teman sudah sering kan mengenai isu mitos tentang geunteut tersebut, nah ini suatu hal yang sangat menarik untuk dikaji, karena ini suatu pemahaman masyarakat mengenai adanya makhluk geunteut tersebut, siapa sih geunteut itu? geunteut ialah suatu makhluk ghaib atau makhluk halus seperti hantu, yang tidak terlihat oleh kasat mata, bahkan tidak bisa diraba, akan tetapi masyarakat Aceh khususnya bisa merasakan kehadiran dan adanya makhluk ghaib atau geunteut tersebut.

image
https://goo.gl/images/gfzPEQ
Adapun ciri-ciri geunteut tersebut berambut keriting, badannya tinggi dan kurus ,berwarna hitam, ia juga dikenal sebagai makhluk yang berjalan seperti kilat, banyak masyarakat yang mengatakan bahwa geunteut makhluk halus yang sering menggelabui orang yang sedang berada di dalam hutan, biasanya makhluk halus (geunteut) ini memberikan jalan palsu atau jalan salah bagi seseorang yang sedang berada di dalam hutan, biasanya seseorang yang mengikuti jalan sesat atau jalan yang palsu yang diarahkan oleh petunjuk tersebut, berada dalam keadaan tidak sadar, kapan seseorang tersebut akan sadar? Ketika orang tersebut sudah benar-benar berada di jalan yang buntu, jalan yang sesat atau jalan yang membuat orang tersebut tidak tahu arah jalan untuk kembali pulang, untuk kembali kepada jalan pulang yang sebenarnya itu seseorang membutuhkan waktu yang cukup lama, menurut masyarakat Aceh geunteut itu juga bisa membuat seseorang dan meletakkan tubuh seseorang di bawah pohon.

image
https://goo.gl/images/fYxVoS
Pada zaman dulu pada saat saya masih berumur sekitar 11 tahun, nenek saya menyuruh saya masuk rumah, ketika sudah tiba waktunya magrib, padahal pada saat itu saya sedang asyik-asyik bermain di depan rumah bersama teman -teman saya, pada saat itu nenek saya pun selalu berkata hanjeut meugrib-meugrib mantong iluwa (magrib-magrib tidak boleh lagi diluar) dan wate ka meugrib hanjet meuen le (waktu magrib datang kamu tidak boleh bermain lagi), alasan nenek saya melarang saya untuk tidak jika saya masih berada di luar rumah ketika magrib, karena nanti kamu diambil sama geunteut atau makhluk halus, terus saya bertanya, geunteut apa? Kata nenek saya geunteut itu jin atau syaithan, lalu saya juga bertanya dimana geunteut itu nek? Karena, rumah kami terdapat pohon nangka yang begitu besar, lalu nenek saya mengatakan geunteut nyan na diateuh bak panah di sampeung rumoh tanyoe (geunteut itu ada diatas pohon nangka di samping rumah kita), nenek saya juga mengatakan bahwa jika seseorang dibawa lari oleh geunteut itu, bisa-bisa orang tersebut tidak akan bertemu lagi dengan orang tua (ayah dan ibu), nenek, adik, kakek, paman,nenek saya juga mengatakan bahwa geunteut itu makhluk halus yang bisa terbang bahkan jalannya saja seperti kilat, dan makhluk ini sangat suka kepada anak-anak, sehingga biasanya ia menculik anak-anak bukan orang dewasa, pada saat itulah saya merasakan rasa takut yang sangat hebat, sehingga saya dan teman-teman saya pun tidak berani lagi bermain sampai magrib.

Teman-teman sampai disini dulu cerita geunteut mengenai permasalahan atau isu yang muncul di tengah-tengah masyarakat Aceh, semoga postingan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita mengenai permasalah-permasalahan yang muncul ditengah-tengah masyarakat, insya Allah lain kalian, jika saya menemukan isu-isu saya akan mempostingnya lagi, sekiaan Assalamualaikum Wr.Wb.

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64400.33
ETH 3140.71
USDT 1.00
SBD 3.93