Nostalgia Menonton Bola Sejak Masih Kecil

in #indonesia6 years ago

Assalamualaikum dan selamat berakhir pekan, teman-teman Steemian. Nikmatilah akhir pekan kalian ya, jangan dipikirin besok sudah Senin lagi, ups. Hehe.

image

via nyunyu.com

Suasana akhir-akhir ini memang masih pada gila bola ya. Semua orang pada nonton bola. Walaupun hanya sekadar meramaikan nonton bareng saja.

Sepakbola itu ada memang untuk bersenang-senang, jangan sampai ada ribut-ribut apalagi sampai tawuran. Dinikmati sebagaimana mestinya dan baiknya ya, teman-teman.

Saya jadi ingat tentang piala dunia ini juga menjadi momen pertama kali saya nonton bola. Waktu itu tahun 1998, piala dunia dihelat di Prancis. Saya masih berumur 6 tahun waktu itu. Karena saya anak tunggal, saya banyak main dengan adik-adik mama saya. Saya ya hanya sekadar ikut-ikutan saja, sesekali saya ikut menonton sedikit, karena pertandingan lumayan tengah malam.

image

Momen Prancis angkat piala di rumah mereka sendiri.
via tempo.com

Laga final mempertemukan Prancis dan Brazil. Tengah malam saya terbangun dan ternyata ayah sedang menonton pertandingan itu. Walaupun hanya menonton di ujung laga, itu adalah momen pertama kali saya menonton bola. Dan Prancis keluar sebagai juara dunia waktu itu.

Empat tahun berselang, 2002 piala dunia dihelat di benua Asia. Jepang dan Korea Selatan bertindak sebagai tuan rumah. Tentunya ini momentum orang Indonesia nonton bola tanpa harus bergadang malam-malam karena dimainkan di Asia. Saya yang kala itu berumur 10 tahun, cukup antusias mengikuti piala dunia. Pesta bola 4 tahunan ini selalu ditunggu baik itu bagi pecinta bola maupun yang bukan.

image
Momen Ahn Jung Hwa, pemain Korsel, membobol gawang Italia. Hal ini berbuntut dengan diusirnya sang pemain dari Liga Italia tempat ia bermain
via fourfourtwo

Setelah piala dunia 2002 itu, saya mulai intens nonton bola. Saya beberapa kali nonton Liga Italia, Liga Italia kala itu bisa dikatakan sebagai liga nomor satu terfavorit. Ketika saya masuk SMP, Liga Inggris mulai disiarkan di TV Indonesia. Saya mulai lebih suka nonton Liga Inggris, dan saya memilih Chelsea sebagai klub favorit saya. Kenapa? Karena saya suka wara biru. Dan pemainnya? Saya suka Frank Lampard. Kenapa? Karena dia pakai nomor 8 dan saya suka angka 8. Sesederhana itu bagi seorang anak berumur 13 tahun untuk suka sepakbola.

image
Frank Lampard ketika berseragam Chelsea bersama manajer Chelsea kala itu, Jose Mourinho
via fourfourtwo

Semasa SMP juga, setiap anak laki-laki itu harus punya pemain bola favorit. Dan setiap anak laki-laki yang main bola pasti nyontohin gaya-gaya pemain favoritnya. Seperti saya, nyontohin selebrasi gol dari Lampard. Hehe.

Nah, jadi begitulah bagaimana sepakbola sudah menjadi kesukaan saya sejak kecil. Berhubung momentum adanya piala dunia ini, saya jadi sedikit bernostalgia bagaimana saya bisa suka nonton bola.

Langsa, 1 Juli 2018

AD || @ariefdermawan

image

Sort:  

Sekarang masih suka chelsea juga kan?

Saya agak kesal juga ni dgn cara Chelsea perlakukan Conte. Dan juga dgn tidak jelasnya pelatih musim depan. Manajeman Chelsea sdg bobrok kayaknya. Haha. Ditambah lagi Abramovich tersandung skandal finansial gitu.

Tapi sebaiknya jangan terlalu kesal ya, bahaya

Saya agak kesal juga ni dgn cara Chelsea perlakukan Conte. Dan juga dgn tidak jelasnya pelatih musim depan. Manajeman Chelsea sdg bobrok kayaknya. Haha. Ditambah lagi Abramovich tersandung skandal finansial gitu.

Mulai nonton piala dunia sejak 98 yaitu final prancis vs brasil. Kemudian baru rutin nonton bola sejak 2002, karena saat itu Formula 1 begitu menggoda.

Iya... Saya lumayan sering nonton F1 semasa Schumacher. Teman satu timnya siapa namanya tu, Barichello ya kalo gak salah. Juga ada Raikkonen ya dulu.

Iya.. Ada David coulthard, felipe massa, mika hakinnen hingga robert kubica.

Si Couthard itu saya gak pernah tahu. Hehe. Lainnya tau.

Musuh utama Schumacher dari pabrikan mcclearen.

Congratulations @ariefdermawan! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of comments

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do not miss the last post from @steemitboard!


Participate in the SteemitBoard World Cup Contest!
Collect World Cup badges and win free SBD
Support the Gold Sponsors of the contest: @good-karma and @lukestokes


Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 64161.84
ETH 2950.76
USDT 1.00
SBD 3.60