Media Sosial dan Tekanan Teman Sebaya

in #indonesia6 years ago (edited)

image

Memiliki tingkat harga diri yang baik adalah tantangan yang dihadapi banyak orang selama masa remaja mereka, terutama saat ini. Media sosial telah membantu kami terhubung dan berbagi dan melekat pada rutinitas harian kami, kami melihatnya setiap hari, di mana saja. Itu menjadi lingkungan kita, tetapi juga menciptakan dunia lain bagi kita. Dunia di mana kita diukur oleh suka, pengikut, pelanggan, re-tweet, dan sebagainya. Angka mengukur nilai kita di dunia media sosial dan itu membuat kita melupakan dunia nyata. Untuk tingkat yang ekstrem, seorang remaja mungkin mulai berpikir bahwa para akademisi tidaklah penting. Status sosial adalah hal yang sangat penting.

Mengukur diri Anda dengan angka adalah sesuatu yang tidak pernah puas karena Anda akan selalu menginginkan lebih dan karena selalu ada seseorang yang memiliki lebih banyak pengikut, lebih suka, maka harga diri Anda menurun. Media sosial telah membuat remaja di seluruh dunia merasa perlu untuk menyesuaikan diri lebih dari sebelumnya. Anda hanya harus mengikuti tren terbaru atau orang lain akan menyebut Anda lumpuh. Pos Anda harus populer dan pengikut Anda harus banyak. Ada begitu banyak permintaan hanya untuk menjadi "keren" saat ini.

"Kenapa aku hanya punya sepuluh suka?"
"Apakah selfie yang saya posting jelek?"
"Hidungku terlalu besar, mungkin itu sebabnya."
"Mengapa saya tidak bisa seperti dia yang memiliki seribu pengikut?"

image

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini muncul ketika Anda mulai mengukur diri Anda di dunia media sosial yang menuntun Anda ke jalan ketidakamanan, depresi, dan harga diri yang rendah. Sebagai seorang gadis remaja juga merasakannya. Untuk waktu yang singkat saya mencoba mendapatkan lebih banyak suka di Instagram dan menurunkan berat badan sehingga orang akan mengatakan saya terlihat baik. Kemudian saya berpikir, apakah saya benar-benar ingin membiarkan diri saya ditentukan oleh penampilan saya, dengan jumlah hati di halaman Instagram saya? Ketika saya membaca buku-buku tentang orang-orang inspiratif seperti Kartini, menonton pidato inspirasional di Youtube, dan terpapar dengan lingkungan yang mendukung baik dalam keluarga saya dan pilihan media saya, pola pikir yang dangkal mulai berubah.

Semua itu berubah ketika dia mulai pergi ke sekolah. Selama hari pertama sekolahnya tidak ada yang ingin bermain dengannya. Ini membuatnya bingung karena dia tidak melihat sesuatu yang salah pada dirinya sendiri tetapi ketika orang lain memandangnya, sepertinya mereka telah melihat monster. Video miliknya diposting di Youtube berjudul, wanita paling jelek di dunia. Dia hancur tetapi untungnya dia memiliki sistem pendukung yang hebat, keluarganya. Mereka mengajarinya meskipun dia memiliki sindrom itu, dia tidak bisa membiarkan itu mendefinisikannya. Dia pernah berkata dalam TED bahwa “hidup Anda ada di tangan Anda, Anda adalah orang yang ada di kursi depan mobil Anda. Anda adalah orang yang memutuskan apakah mobil Anda berjalan di jalur yang buruk atau jalan yang baik. Anda adalah orang yang mendefinisikan Anda. "

Sekarang biarkan saya bertanya kepada Anda.
Apa yang mendefinisikanmu?
Apakah Anda akan membiarkan dari mana Anda berasal mendefinisikan Anda?

Seperti apa Anda mendefinisikan Anda? Berapa banyak uang yang telah Anda tetapkan untuk Anda?
Berapa banyak pengikut Anda mendefinisikan Anda?

image

Semua hal di atas tidak pernah terpuaskan. Selalu ada langit di atas langit. Jika Anda membiarkan hal-hal itu menentukan Anda, setiap hari Anda akan bangun di pagi hari dan berkata kepada diri sendiri.

"Saya tidak cukup cantik, kaki saya terlalu besar."
"Saya gagal karena saya hanya memiliki sepuluh pengikut di Instagram saya"

Dan bahkan jika Anda mengusahakannya, kemungkinan besar inilah yang akan terjadi.

“Saya tidak cukup cantik, saya berat badan normal tetapi kaki saya penuh dengan lemak, saya harus kencang.”

“Saya masih gagal meskipun saya memiliki seratus pengikut Dia memiliki seribu! Kenapa saya hanya punya seratus? ”

Biarkan orang-orang melihat betapa hebatnya Anda dengan berterima kasih dengan apa yang Anda miliki dan mendefinisikan siapa Anda berdasarkan tindakan Anda, bukan penampilan Anda, baik dalam kehidupan nyata atau media sosial. Daripada mengatakan hal-hal di atas, katakan ini.

“Kaki saya tidak sempurna tapi setidaknya saya sehat.

Saya tahu tidak banyak orang yang bisa melakukan itu ”

"Instagram saya hanya memiliki sepuluh suka tetapi yang suka itu berasal dari orang yang saya kenal dan bukan hanya akun palsu."

image

Dengan pandangan ini, Anda tidak akan kecewa setiap hari ketika Anda bangun. Ini pada akhirnya akan membuat Anda lebih positif dan membantu Anda menyalurkan energi Anda ke hal-hal yang benar-benar penting; seperti pencapaian Anda dalam hidup. Biarkan apa yang Anda tetapkan sebagai gantinya Anda tidak memiliki apa yang tidak Anda miliki.

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 61113.33
ETH 2927.99
USDT 1.00
SBD 3.69