Partisipasi Perdana Bersama Kelas Menulis FAMe Lhokseumawe

in #indonesia6 years ago
Selamat siang rakan steemian semua, pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit cerita dibalik partisipasi perdana saya bersama kelas Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Lhokseumawe pagi tadi, ingin tahu bagaimana ceritanya ayuk langsung saja.


059c13b1-66ec-48a7-bb80-a985b7d1865e.jpg

Foto bersama peserta dan pemateri kelas menulis FAMe Chapter Lhokseumawe (14/04/2018)
Taken By : @irwankomunikasi



Sebelumnya, sudah sejak lama saya mendengarkan tentang Forum Aceh Menulis (FAMe) dari rekan saya dan juga dari informasi di grub Whatapp karena selalu ada yang membagikan informasi tentang kelasnya. Namun sayangnya baru pada kesempatan kali ini saya bisa ikut berpartisipasi mengikuti kelas FAMe ini pada pertemuan ke 26, berlangsung pagi hingga tengah hari tadi di Aula Kantor UPTD Wilayah III Dinas Pendidikan Aceh Kota Lhokseumawe.


Acara Hari ini juga di hadiri oleh Kepala UPTD Wilayah III Dinas Pendidikan Aceh Kota Lhokseumawe yaitu bapak Azhari serta dihadiri pula oleh pembina FAMe bapak Yarmen Dinamika. Adapun tema pada kelas menulis FAMe hari ini yaitu tentang " Karya Tulis Ilmiah " bersama Dr. Sri Rahmi M.A sebagai pemateri yaitu seorang dosen dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kelas Ini juga diikuti oleh sekitar 45 peserta, mulai dari guru hingga mahasiswa, tentunya dengan antusias yang sangat luar biasa.


Ini merupakan partisipasi perdana saya bersama kelas FAMe, tetapi banyak pelajaran yang saya dapatkan hari ini, sebagai mahasiswa akhir tentunya tema kali ini sangatlah bermanfaat untuk saya pelajari. Dalam pertemuan kali ini Dr. Sri Rahmi M.A membagikan pelajaran tentang bagaimana menulis karya ilmiah yang baik dan benar, serta apa-apa saja komponen dalam karya tulis ilmiah tersebut. Saya mendapat beberapa pelajaran hari ini tentang karya tulis ilmiah ternyata karya tulis ilmiah tidak sekedar jurnal atau skripsi saja, esai dan opini juga ternyata merupakan suatu karya tulis ilmiah, namun itu dikategorikan kedalam karya tulis ilmiah populer.


4aea04c8-a34f-479d-89d9-4f23b0a8f03f.jpg

Foto suasana peserta mendengar materi dari pemateri Dr. Sri Rahmi M.A (14/04/2018)
Taken By : @irwankomunikasi



Pada kelas yang berlangsung kurang lebih 2 jam itu rasanya amat menyenangkan, dengan penyampaian materi dari pemateri yang mudah dipahami, saya merasa seperti kembali mengikuti mata kuliah pada masa perkuliahan dulu. Memang sudah sangat lama saya tidak mengikuti pelajaran layaknya dibangku kuliah paska selesainya semua mata kuliah 2 tahun yang lalu, dan akhirnya saya merakannya lagi di kelas menulis FAMe ini.


Tidak hanya itu saja, betapa senangnya hati saya ketika saya kembali berjumpa dengan guru saya dalam bidang menulis serta pembimbing saya ketika saya magang di Media Harian Serambi Indonesia yaitu bapak Yarmen Dinamika ( @yarmen-dinamika ), beliau juga sering membagikan pesan tentang kelas menulis FAMe kepada saya. Ini menambah antusias saya pada hari ini, karena bisa berjumpa dengan beliau. Pada kesempatan ini beliau juga sedikit membagikan beberapa maklumat tentang bagaimana cara kita menulis dengan benar dan tertip, Beliau menyebutkan bahwa di FAMe kita tidak sekedar menulis saja tetapi juga kita bisa berbicara (Public Speaking), tidak hanya itu, beliau juga berpesan" jika ingin menulis maka teruslah membaca, bagaimana kita mau menulis jika kita malas membaca" ya, menurut saya itu memang benar dan saya sangat setuju dengan beliau.


509d7ee0-7689-4eff-839f-a286ddab8982.jpg

Foto pemateri memberi materi kepada peserta kelas menulis FAMe Lhokseumawe (14/04/2018)
Taken By : @irwankomunikasi



Pada akhir pembicaraan, beliau juga menyinggung serta mengajak seluruh peserta untuk bergabung dengan platform steemit untuk membagikan tulisan-tulisan mereka karena akan mendapatkan reward yang tentunya dapat dirasa, dibandingkan menulis di media sosial yang hanya sekedar mendapatkan Like dan Love saja.


Partisipasi perdana saya kali ini menyimpan kesan tersendiri bagi saya dan jika ada kesempatan saya ingin selalu mengikuti kelasnya, karena ini adalah batu loncatan untuk terus mengembangkan kemampuan menulis saya secara pribadi. Sebelum saya akhiri saya ingin mengucapkan apresiasi dan terimakasih banyak kepada rekan saya @irwankomunikasi yang pagi-pagi sekali sudah mengingatkan saya bahwa hari ini ada kelas menulis, lalu terimakasih juga kepada penyelenggara beserta pemateri yang sudah memberikan materi yang luar biasa hari ini. Akhir kata... Wasalam


c2d8dbdc-014e-420f-9b88-23278c9d21a1.jpg

Foto bersama bapak Yarmen Dinamika setelah lama tidak berjumpa (14/04/2018)
Taken By : @irwankomunikasi




Lhokseumawe, 14 April 2018

Bestt Regards @azmiulul

Sort:  

Hi, I just followed you :-)
Follow back and we can help each other succeed! @hatu

thanks @hatu, thanks your always visit my post :)

Ingin sekali sich ikut kelas FaMe tapi belum sempat..

jika tidak ada kegiatan sempatkanlah, lagian dihari libur mahasiswa :)

Hari libur lah paling banyak kesibukkan saya bg...tapi kalau hari kuliah kemana saja saya bisa..acara apapun insya allah sanggup saya ikut namun libur harus mengikuti intruksi orang tua hehe

haha iyaa, pokoknya tetap semangat :)

Semangat pasti

Bagaiman cara bergabung nya bg . saya ke ingin ikut kegiatan tersebut..
Biar tambah ilmu.
Terima kasih

Oke nanti saya kabari, kalau tidak berganti jadwalnya biasanya pertemuannya hari sabtu. FAMe ini suatu kegiatan yg sangat positif karena kegiatanya di naungi oleh para master dibidang menulis, termasuk steemian2 senior juga ada didalamnya. Jadi sangat luarbiasa, dan partisipasinya juga cuma cuma alias gratis.

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 62737.73
ETH 2925.66
USDT 1.00
SBD 3.50