Saya Gagal Menerima Uang Perdana dari Steemit, Kok Bisa? (Steemit Hack #6)

in #indonesia6 years ago

Good day, good people.

Kali ini ingin rasanya saya menceritakan sebuah kisah unfaedah kepada teman-teman steemian semua. Serangkai kisah resah yang bukannya membuat saya nyaris berbungkam durja namun berakhir tertawa-tawa, riang-riang kesal gimana gitu rasanya. Iya, ini merupakan skenario yang sudah saya rancang sejak lama. Sebuah kisah yang ditunggu-tunggu untuk dibagikan dengan rasa bangga dan penuh bahagia kepada masyarakat di dunia maya dan nyata. Namun, seperti biasa, kehidupan senang bercanda. Alih-alih beruang, ternyata berakhir berhutang (budi) kepada banyak stemian.

Maka mari sama-sama kita nikmati sebuah pengalaman perdana seorang anak manusia yang berjudul Gaji Pertama Menulis di Steemit yang GAGAL diterima. Selamat membaca.



Suatu hari, tersebutlah sebuah akun @betterperson yang berencana untuk mencairkan sebahagian remah-remah tabungan yang ia hasilkan dari kegiatan menulis di sebuah platform sosmed kekinian yang bernama #steemit. Cerita punya cerita, setelah mengikuti kelas khusus dengan mentor @rahmanovic dan @ihansunrise, si pemilik akun yang tulisannya sedang Anda baca ini, begitu semangat dan yakin bahwa ia akan dengan gampangnya mencairkan tabungan virtualnya menjadi lembaran-lembaran rupiah di alam nyata. Setelah melafalkan mantra Vip-BlockTrade-Steemit, rentetan nama situs yang diperlukan untuk mencairkan sang crypto, @betterperson pun mulai menunggu sms banking dari hp tinut jadul kesayangannya.

Semalam, dua malam, hatinya deg-degan tidak karuan, penasaran sekaligus gusar. "Jangan-jangan steemit nipu?"*, terlintas pemikiran gila di malam ketiga. Hal tersebut disebabkan karena teman-temannya pernah berkata, paling lama pada hari ke-3, uang sudah bertengger cantik di rekening masing-masing steemian.

Mencoba percaya, cepat-cepat kegusaran itu saya tepis jauh-jauh. "Mungkin karena sedang libur Imlek plus libur-libur lainnya, bank sedang tutup, jadi wajar jika memakan waktu lebih lama", tutur saya dalam hati mencoba menghibur diri. Saya mencoba berpositive thinking. Malam ketiga pun berlalu. Namun sayangnya, malam keempat dan kelima juga hampa berita. Sehinggap genap seminggu menunggu dengan kepanikan dan rasa uring-uringan, antara buta petunjuk dan tak ingat untuk bertanya, maka saya pun menerima kutukan kegalauan berhari-hari. Hingga, secercah kesadaran datang dan saya pun memutuskan untuk kembali berkonsultasi dengan steemian berpengalaman lainnya. Lalu saya diarahakn untuk menghubungi langsung operator VIP melalui Live Chat. Menyoe ka teuka bangai syit hana meune, begitulah kata indatu zaman dulu.

Live Chat.jpg

Maka terjadilah percakapan sepanjang jalan kenangan antara saya dan sang operator yang berakhir pada pengiriman foto ktp dan foto buku bank untuk mengkonfirmasi kebenaran identitas saya. Identitas tidak diakui itu ternyata tidak enak rasanya, jadi sedih dan baper kita jadinya. Semacam nasib orang-orang Rohingya ya. Lho?

Baiklah, kembali ke pembicaraan gaji pertama dari steemit yang berakhir gagal. Nah, seperti petunjuk dari operator, saya pun segera mengabari admin untuk say hello, temu kangen dengan uang saya yang udah pelisiran entah ke mana. Di tahap ini saya mempelajari satu hal baru.

Ternyata, proses transfer uang dari akun VIP ke rekening bank kita masing-masing tidak dapat dipantau secara langsung, so kita hanya mampu berharap dan percaya. Ngeri-ngeri sedap gimana gitu ya.

Akhirnya, tidak perlu menunggu lama, sebuah berita duka kembali saya terima melalui email. Iya, maaf keun.

Kemudian saya memperlajari satu hal lainnya.

Uang dari VIP yang gagal ditransfer ke rekening bank steemian yang bersangkutan, akan dikembalikan ke akun kita, walau butuh waktu yang tidak singkat. Sekitar satu minggulah. Syukur dah, yang penting ia kembali.

Namun masalahnya adalah saya telah diracuni promo diskon buku dari salah seorang teman saya. Dengan kata lain, saya memerlukan solusi cepat agar uang saya yang bernasib bak buah simalakama, SBD bukan Rupiah pun tidak, bisa segera dicairkan. Hahaha.... syalalala. Pengalaman pertama saya di dunia nyata memang kerap aneh bin ajaib, siapa sangka berlaku juga di dunia steemit

Setelah dipikir-pikir, akhirnya saya memutuskan untuk meminta bantuan salah seorang steemian yang baik hati, sang pencinta sepeda dan zenja untuk menitipkan uang tak seberapa mana itu ke rekeningnya. Dia pun setuju. Namun, masalah lainnya muncul.

Ternyata, uang di akun VIP kita tidak bisa langsung ditransfer ke wallet steemian lainnya.

Dengan kata lain, saya harus kembali menjalani proses mengubah uang IDR di akun VIP saya menjadi bentuk SBD atau Steem agar bisa dikirimkan ke akun steemian lainnya. Panik? Jelas. Tapi mari sama-sama kita ucapkan terima kasih kepada salah seorang steemian, @markzuk, yang telah menuliskan lengkap Tata Cara Mengubah uang di VIP menjadi SBD atau Steem pada steemit. Saya pun mempelajari satu hal baru lainnya.

Ternyata, proses ubah mengubah wujud dari Steem/Steem Dollar ke Litecoin/ETH dan sebaliknya memotong sebahagian nominal uang kita sebagai biaya ADM.

Untuk pengalaman mengesankan ini saya pun kehilangan sekitar 2 SBD. Sedih? Tidak sama sekali. Saya justru merasa kegagalan ini sebagai lelucon pembelajaran berharga. Dengan pembelajaran sekomplit dan sekomplek itu, 2 SBD tidak ada apa-apanya. Setaralah dengan harga untuk mengobati kebodohan dan minimnya pengalaman saya di dunia steemit ini.

Namun, bagi teman-teman yang belum pernah mencairkan SBD dan Steem ke Rupiah, jangan pula mengulangi kesalahan saya ya. Cek baik-baik biodata di VIP dan juga nama serta nomor rekening yang akan digunakan. Terus jangan malu bertanya, baik kepada operator mau pun steemian lainnya. Pokoknya, kalau panik ngajak-ngajak, jangan sendirian ngegalau gak karuan. Itu aja sih. Maaf kalau bahasa tulisan kali ini rada amburadul dan tidak ada bahasa inggrisnya. Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat.


For the @betterperson
See you next time~

Sort:  

Pengalaman penting, masalahnya ke depan juga bakal gitu dia hahahahahha

Akankah masalah mengganda atau justru menjadi tiada. Kita tunggu saja tanggal mainnya kakak. Haha...

Duuuuh aku jadi deg-degan pengen cairin duit. Hahahaha... Semoga prosesnya ga sampai seperti yang Ayu ceritakan di atas. Semoga orang VIP-nya ga protes kenapa nama dan jenis kelamin pemilik akun berbeda. laaah... wkwkwkwk

Hahaha... semangat N good luck.

Kalo masalah penggandaan duit, telpon kanjeng Dimas. Mungkin 2 sbd-nya bisa kembali.

Gak kenal dan gak ngerti Bal. Ajarin lah cara jaga lilin yang halalan tayiban. 😅

Wah, ternyata seribet itu ya kak? Kayaknya harus ajak steemian senior satu orang ne untuk mencairakan uangnya.

Sebenarnya gak ribet Yell. Mungkin karena belum pengalaman aja kitanya.

Iya, lebih baik dipantau langsung sama steemian yang udah berpengalaman. Jadi gak panikan.

Hihihihi...kirain Ayuu kemanaalah gak kelihatan beberapa hari ini. Rupanya sedang sibuk ngerogoh kocek 😅😅

Welcome back @betterperson. Tarek terus sampai mahir, nanti kami belajar sama Ayu aja. Kami masih lama, receh kali masih 😳

Kegalaun yang didramatisir dalam tulisan, kak.
Sebenarnya ada kegiatan lain makanya menghilang. Plus, lagi terserang mood gak pengen nulis. Jadi, semedian aja deh. 😄

👍👍😄😄

Coins mentioned in post:

CoinPrice (USD)📈 24h📉 7d
ETHEthereum834.939$-0.3%-11.1%
LTCLitecoin212.109$4.77%-5.07%
SBDSteem Dollars3.948$-3.19%-25.65%
STEEMSteem3.438$0.17%-20.56%

Gpp dek @betterperson. Ini pelajaran berharga yg gak bisa dinilai dgn SBD. Pembelajaran juga untuk kami yang masih awam soal transfer ini itu kesana kemari. Hehe.

Iya kak. Semoga bermanfaat. 😊

Thanks for share, Ayu. Jadi dpt pembelajaran juga nih, agar (mudah2an) tak mengalami hal yang sama nanti. Nanti, masih lama. Hehe.

Sama-sama kakak. Moga bermanfaat.

Coin Marketplace

STEEM 0.25
TRX 0.11
JST 0.029
BTC 69302.00
ETH 3683.40
USDT 1.00
SBD 3.34